Naskah Doa Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 75 Tahun 2020

Naskah Doa Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 75 Tahun 2020

Amongguru.com. Berikut ini dibagikan naskah doa detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke 75 Tahun 2020.

Naskah doa ini nantinya akan dibacakan oleh Menteri Agama pada saat upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tanggal 17 Agustus 2020 di Istana Merdeka Jakarta.

Di dalam Surat Menteri Sekretaris Negara selaku Ketua Panitia Negara  Perayaan Hari-hari Nasional Nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020 diinformasikan bahwa Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Tingkat Pusat akan dimulai Pukul 10.00 WIB di Halaman Istana Merdeka Jakarta.

Upacara juga akan dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca : Pedoman Peringatan HUT Ke 75 Kemerdekaan RI Tahun 2020

Upacara hanya dihadiri oleh Presiden (selaku Inspektur Upacara) dan Wakil Presiden serta Petugas Upacara, yaitu Ketua MPR (selaku Pembaca Teks Proklamasi), Menteri Agama (selaku Pembaca Doa), Panglima TNI, dan Kapolri, serta tidak mengundang pejabat dan masyarakat.

Pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.17 sampai dengan 10.20 WIB nanti (selama 3 menit), segenap masyarakat Indonesia wajib menghentikan aktivitasnya sejenak untuk berdiri tegap saat pengumandangan lagu Indonesia Raya secara serentak dan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pengecualian menghentikan aktivitas sejenak tersebut berlaku bagi warga dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan.

Naskah Doa Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 75 Tahun 2020

doa pada detik-detik proklamasi kemerdekaan ri ke 75

DI ISTANA MERDEKA JAKARTA

SENIN, 17 AGUSTUS 2020

Ya Allah Tuhan yang Maha Kuasa

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat-Mu, atas nikmat tidak terhingga yang Engkau berikan pada bangsa kami. Atas ridho dan kuasa-Mu Engkau bebaskan kami dari belenggu penjajahan.

Karenanya, perkenankanlah kami pada hari ini dengan penuh rasa syukur dan suka cita, memperingati hari proklamasi kemerdekaan bangsa kami yang ke-75.

Ya Allah Tuhan yang Maha Bijaksana

Dengan semangat proklamasi kemerdekaan yang ke-75 ini, berikanlah inspirasi yang tak terputus pada kami, untuk menggiring langkah kami, dalam membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju, sejajar dan berkompetisi dengan bangsa-angsa maju lainnya di dunia.

Teguhkan persatuan dan kesatuan kami, agar kami dapat menapak dengan kokoh kuat dalam membangun bangsa tercinta ini.

Ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih

Curahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada para pahlawan kami, yang telah mengorbankan jiwa dan raganya bagi tegaknya negara kesatuan republik indonesia.

Ampunilah segala kesalahan mereka, dan terimalah budi baik dan keikhlasan pengorbanan mereka, serta tinggikan derajat dan muliakan mereka, dalam golongan hamba-hamba-Mu yang syuhada.

Ya Allah Tuhan yang Maha Melindungi

Di tengah wabah Covid-19 yang masih berlangsung sampai dengan saat ini, semakin menyadarkan kami, bahwa betapa lemahnya kami tanpa pertolongan-Mu.

Karenanya ya Allah, dengan qudrat dan iradah-Mu mohon Engkau berkenan mengangkat wabah Covid-19 dari negeri tercinta ini. Sehat, kuatkan, dan tabahkan kami dalam menghadapinya.

Ya Tuhan yang Maha Pengampun

Dengan sifat afuwun ghofur-Mu, ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan para pahlawan kami, serta dosa dan kesalahan para pemimpin kami. Perkenankan doa kami.

Naskah Doa Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 75 Tahun 2020 dalam format pdf dapat di unduh di sini.

Baca : Peristiwa Penting Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Demikian naskah doa detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 75 Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan