Motto Gerakan Pramuka, Fungsi, dan Manfaatnya Bagi Anggota Pramuka

Motto Gerakan Pramuka Indonesia, Fungsi, dan Manfaatnya Bagi Anggota Pramuka

Amongguru.com. Motto adalah semboyan yang diciptakan dalam usaha untuk memberikan semangat kepada anggota dalam visi dan misi sebuah lembaga. Motto Gerakan Pramuka merupakan semboyan tetap dan tunggal bagi Gerakan Pramuka. 

Motto Gerakan Pramuka wajib dihayati oleh anggota Pramuka agar sebagai Pramuka, mereka tidak lepas dari upaya merealisasikan Satya dan mengamalkan Darma Pramuka dalam seluruh aspek kehidupan.

Menanamkan motto Gerakan Pramuka kepada peserta didik tidak dengan cara menghafal dan memahaminya saja. Motto Gerakan Pramuka harus diselipkan dalam setiap kegiatan Kepramukaan, sehingga penanaman motto dalam diri peserta didik berlangsung secara alamiah dan bertahap.

Di dalam upaya meningkatkan kebanggaan dan kekompakan pasa satuan Gerakan Pramuka, selain wajib menggunakan motto Gerakan Pramuka, juga diperbolehkan untuk membuat motto satuan di satuan masing-masing.

Motto Gerakan Pramuka, Fungsi, dan Manfaatnya Bagi Anggota Pramuka
Motto Gerakan Pramuka Indonesia, Fungsi, dan Manfaatnya Bagi Anggota Pramuka

Bunyi Motto Gerakan Pramuka dan Fungsinya

Motto Gerakan Pramuka adalah  “SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN”. Kalimat sebagai motto Gerakan Pramuka tersebut mengandung arti janji (Satya) harus dipegang teguh dengan cara mengamalkan Darma.

Penegasan kalimat “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan” sebagai motto Gerakan Pramuka terdapat dalam Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Pasal 22. Kalimat atau frasa yang dijadikan moto Gerakan Pramuka tersebut terdapat juga dalam lirik Satya Darma Pramuka (Lagu Hymne Pramuka).

Motto Gerakan Pramuka adalah bagian terpadu dalam proses Pendidikan Kepramukaan untuk mengingatkan setiap anggota Pramuka bahwa setiap mengikuti kegiatan artinya mereka mempersiapkan diri untuk mengamalkan kode kehormatan Pramuka.

Manfaat Motto Gerakan Pramuka

Sebagai bagian dari proses Pendidikan Kepramukaan, motto Gerakan Pramuka memberi manfaat terhadap jiwa peserta didik. Beberapa manfaat dari motto Gerakan Pramuka tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Menambah rasa percaya diri pada setiap anggota Gerakan Pramuka
  2. Menambah semangat pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.
  3. Menyiapkan diri peserta didik dalam mengamalkan Satya dan Darma Pramuka
  4. Menumbuhkan dan meningkatkan rasa bangga sebagai Pramuka
  5. Memiliki budaya kerja yang melandasi pengabdiannya.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Motto Gerakan Pramuka Indonesia, Fungsi, dan Manfaatnya Bagi Anggota Pramuka. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan