Modul Belajar Literasi dan Numerasi SD Kurikulum Darurat Tahun 2020

Modul Belajar Literasi dan Numerasi SD Kurikulum Darurat Tahun 2020

Amongguru.com. Di dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, Satuan pendidikan dalam kondisi khusus dapat menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik.

Terkait dengan hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus.

Kurikulum Darurat pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus bertujuan untuk memberikan fleksibilitas bagi tiap satuan pendidikan untuk menentukan kurikulum sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik.

Kurikulum Darurat (dalam kondisi khusus) diterapkan untuk mengurangi beban guru dalam melaksanakan kurikulum nasional dan peserta didik dalam keterkaitannya dengan penentuan kenaikan kelas dan kelulusan selama masa pandemi Covid-19 ini.

Kurikulum Darurat Kemendikbud ini disiapkan untuk jenjang dasar menengah, termasuk untuk pendidikan khusus.

DI dalam pelaksanaan kurikulum darurat tersebut, satuan Pendidikan dalam kondisi khusus tidak diwajibkan untuk menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas atau kelulusan

Kurikulum Darurat merupakan penyederhanaan kompetensi dasar yang mengacu pada kurikulum 2013 (K13).

Dengan demikian, di dalam Kurikulum Darurat akan ada penyederhanaan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran, sehingga berfokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat selanjutnya.

Modul Belajar Literasi dan Numerasi SD Kurikulum Darurat

Di dalam melaksanakan kurikulum darurat, Kemendikbud telah menyiapkan beberapa modul pembelajaran SD, dimana pembelajaran jarak jauh dinilai sangat sulit dilakukan.

Modul pembelajaran pada Kurikulum Darurat (dalam kondisi khusus) tersebut berisi panduan untuk guru, pendamping (orang tua/wali), dan siswa.

Modul pembelajaran ini dikembangkan untuk digunakan oleh siswa, orang tua dan guru di jenjang SD dalam memfasilitasi pembelajaran siswa dalam masa pandemi Covid-19 atau kondisi khusus lainnya.

Diterbitkannya modul ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi guru untuk mengembangkan perangkat ajar lain dalam upaya memfasiliatsi siswa untuk belajar dalam kondisi khusus.

Modul dikembangkan dengan merujuk pada Kompetensi dasar dalam Penyederhanaan kurikulum namun aktivitas pembelajaran di optimalisasi untuk mencapai kompetensi lilterasi dan numerasi pada semua mata pelajaran.

Modul ini diharapkan akan mempermudah guru untuk memfasilitasi dan memantau pembelajaran siswa di rumah dan membantu orang tua dalam mendapatkan tips dan strategi mendampingi anak belajar dari rumah.

Modul belajar mencakup rencana pembelajaran yang mudah dilakukan secara mandiri oleh pendamping (baik orang tua maupun wali)

Rangkaian modul ini dikembangkan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran dengan melibatkan ahli di bidang pendidikan khususnya literasi dan numerasi sebagai pengarah materi dan penulis serta para ilustrator di bidang buku cerita anak.

Modul berorientasi pada kompetensi literasi, numerasi, pendidikan karakter, dan kecakapan hidup. Kompetensi dasar mencakup berbagai mata pelajaran.

Untuk jenjang SD disiapkan modul pembelajaran untuk guru, orangtua, dan siswa dalam mempermudah proses Belajar Dari Ruah (BDR).

Modul belajar mencakup rencana pembelajaran yang mudah dilakukan secara mandiri oleh pendamping (baik orang tua maupun wali).

1. Modul Belajar Siswa

Modul Belajar Siswa berisi aktivitas pembelajaran yang kontekstual, dapat dilakukan siswa yang di dampingi oleh orang tua atau anggota keluarga lainnya dari rumah.

Modul Belajar Siswa akan membantu dalam siswa mencapai kompetensi literasi dan numerasi pada berbagai mata pelajaran.

2. Modul Pendamping bagi Guru

Modul Pendamping bagi Guru berisi penjelasan mekanisme pendistribusian modul, cara memberikan umpan balik untuk penilaian kinerja siswa.

Modul juga berisi jabaran pemetaan KD dan kerangka acuan modul, serta penjelasan aktivitas siswa selama pembelajaran satu minggu agar guru dapat terus memfasilitasi dan memantau siswa ketika belajar dari rumah.

3. Modul Pendamping bagi Orang Tua

Modul Pendamping bagi Orangtua berisi tips mendampingi anak ketika belajar, tips kegiatan literasi dan numerasi lainyang dapat dilakukan.

Modul dilengkapi tabel organizer yang merangkum pembelajaran dalam satu minggu. Modul ini akan memudahkan orang tua untuk menyiapkan keperluan dan strategi belajar anak dalam pembelajaran.

Berikut ini dibagikan Modul Belajar Literasi dan Numerasi SD untuk Kurikulum Darurat (dalam kondisi khusus).

Modul Belajar Siswa, Pendamping bagi Guru, Pendamping bagi Orang Tua untuk SD secara lengkap dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

  • Modul Belajar Literasi dan Numerasi SD Kelas 1 (Unduh)
  • Modul Belajar Literasi dan Numerasi SD Kelas 2 (Unduh)
  • Modul Belajar Literasi dan Numerasi SD Kelas 3 (Unduh)
  • Modul Belajar Literasi dan Numerasi SD Kelas 4 (Unduh)
  • Modul Belajar Literasi dan Numerasi SD Kelas 5 (Unduh)
  • Modul Belajar Literasi dan Numerasi SD Kelas 6 (Unduh)

Baca :

Demikian informasi mengenai Modul Belajar Literasi dan Numerasi SD Kurikulum Darurat Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan