Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 1 2 3 4 5 6 SD Terbaru

Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 1 2 3 4 5 6 SD Terbaru

Amongguru.com. Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Modul Belajar Literasi dan Numerasi jenjang SD.

Pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan literasi dan numerasi siswa sangat diperlukan dalam kondisi khusus masa darurat pandemi Covid-19.

Literasi merupakan kecakapan fundamental yang membekali siswa dengan kemampuan memilih dan menganalisis informasi dengan kritis serta menggunakannya untuk mengambil keputusan dalam kehidupan. Kecakapan literasi dapat membangun kecakapan hidup siswa.

Numerasi adalah kecakapan fundamental yang membekali siswa dengan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari serta kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita.

Kemampuan ini ditunjukkan dengan kenyamanan terhadap bilangan dan kecakapan dalam menggunakan keterampilan matematika secara praktis untuk memenuhi tuntutan kehidupan.

Kemampuan tersebut juga merujuk pada apresiasi dan pemahaman informasi yang dinyatakan secara matematis, misalnya grafik, bagan, dan tabel.

Di dalam kondisi khusus seperti sekarang ini, pembelajaran dilaksanakan dengan strategi jarak jauh. Siswa melakukan pembelajaran dari rumah didampingi orang tua atau wali melalui aktivitas literasi dan numerasi.

Aktivitas tersebut terintegrasi dengan rutinitas siswa bersama keluarga secara menyenangkan sehingga akan lebih bermakna.

Baca : Modul Penguatan Literasi dan Numerasi Jenjang SMP Tahun 2021

Modul Belajar Literasi dan Numerasi SD ini tersedia dalam tiga jenis modul, yaitu modul belajar siswa, modul pendamping bagi orang tua, dan modul pendamping bagi guru.

1. Modul Belajar Siswa

Modul belajar siswa adalah modul dengan konten kontekstual kegiatan belajar, berdasarkan kegiatan sehari-hari di rumah. Kegiatan tersebut dapat dibuat oleh siswa di rumah dengan ditemani oleh orang tua atau anggota keluarga lain.

Modul pembelajaran siswa ini dapat membantu siswa mencapai literasi dan kompetensi yang ditutup. Kompetensi ini termasuk berbagai mata pelajaran (maples).

2. Modul pendamping untuk orang tua

Modul pendamping untuk orang tua berfungsi sebagai referensi dalam menemani anaknya untuk belajar di rumah.

Modul ini adalah pedoman atau tips untuk orang tua dalam menemani anak-anak mereka saat belajar. Sementara tips lain dalam bentuk organizer meja yang berisi ringkasan pembelajaran dalam satu minggu.

Tujuannya adalah untuk membuatnya lebih mudah bagi orang tua untuk mempersiapkan kebutuhan dan metode belajar anak-anak dalam pembelajaran.

3. Modul pendamping untuk guru

Modul yang ditujukan untuk guru adalah modul pendamping yang berisi penjelasan tentang mekanisme atau prosedur untuk distribusi modul.

Modul pendampiung untuk guru ini juga berisi pedoman atau strategi guru dalam memberikan umpan balik untuk penilaian kinerja siswa (PKS).

Di dalam modul pendamping guru, juga dijelaskan tentang pemetaan KD dan bingkai referensi modul. Selanjutnya, memuat penjelasan tentang kegiatan siswa selama pembelajaran satu minggu.

Tujuannya adalah bahwa guru dapat terus memfasilitasi dan memantau siswa untuk belajar dari rumah. Oleh karena itu, harus ada kesesuaian antara modul belajar siswa, modul pendamping untuk orang tua dan modul pendamping untuk guru.

Modul Belajar Literasi dan Numerasi SD

Modul belajar literasi dan numerasi SD dibuat dengan tujuan agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal meskipun tidak dilakukan secara tatap muka.

Berbagai aktivitas pembelajaran dan bacaan yang menarik ada di dalam modul belajar literasi dan numerasi ini, sebagai upaya memfasilitasi pembelajaran jarak jauh selama pandemi.

Modul pendampingan pembelajaran jarak jauh ini sangat membantu guru dalam merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa dan keluarganya.

Modul diharapkan dapat memberikan inspirasi dalam merancang kegiatan pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar esensial dan membantu menurunkannya dalam kegiatan harian dengan tujuan pembelajaran yang dapat dipahami oleh orang tua atau wali siswa.

Kemitraan dengan orang tua atau wali siswa merupakan kunci keberhasilan pembelajaran dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)  ini.

Modul pendampingan pembelajaran jarak jauh ini diharapkan dapat membantu Anda menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman dengan memperhatikan kesehatan fisik dan emosional siswa selama masa AKB.

Modul Belajar Literasi dan Numerasi SD selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

1. Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 1 Sekolah Dasar – Unduh

2. Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 2 Sekolah Dasar – Unduh

3. Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 3 Sekolah Dasar – Unduh

4. Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 4 Sekolah Dasar – Unduh

5. Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 5 Sekolah Dasar – Unduh

6. Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 6 Sekolah Dasar – Unduh

Demikian Modul Belajar Literasi dan Numerasi Kelas 1 2 3 4 5 6 SD. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan