Model Pembelajaran Inkuiri Karakteristik dan Langkah Penerapannya

Amongguru.com. Model Pembelajaran Inkuiri Karakteristik dan Langkah Penerapannya.

Model pembelajaran inkuiri merupakan proses pembelajaran yang didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berpikir yang sistematis. Model pembelajaran ini didasarkan pada teori bahwa pengetahuan bukanlah sejumlah fakta hasil dari mengingat, akan tetapi hasil dari proses menemukan sendiri.

Belajar pada dasarnya merupakan proses mental seseorang yang tidak terjadi secara mekanis. Melalui mental itulah, maka diharapkan peserta didik akan dapat berkembang secara utuh, baik intelektual, mental, emosi, maupun karakter pribadinya.

Oleh karena itu, dalam proses perencanaan pembelajaran, tugas guru bukanlah mempersiapkan sejumlah materi yang harus dihapal. Guru bertugas untuk merancang pembelajaran yang memungkinkan peserta didik dapat menemukan sendiri materi yang akan dipahaminya.

Pada dasarnya, pembelajaran adalah proses memfasilitasi kegiatan penemuan (inquiry) agar peerta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui penemuannya sendiri dan bukan semata-mata hasil dari mengingat sejumlah fakta.

Model Pembelajaran Inkuiri Karakteristik dan Langkah Penerapannya

Karakteristik Pembelajaran Inkuiri

Model pembelajaran inkuiri sangat sesuai untuk diterapkan pada pembelajaran level berpikir tingkat tinggi (HOTS, Higher Order Thinking Skills) dan pendekatan saintifik sesuai ciri dari Kurikulum 2013.

Pembelajaran inkuiri mampu melibatkan kemampuan peserta didik secara maksimal dalam pembelajaran, meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki sesuatu (bisa berupa benda, manusia, atau peristiwa) secara sistematis, kritis, logis, dan analitis.

Berikut ini adalah beberapa karakter atau ciri khas dari pembelajaran inkuiri.

  1. Menekankan pada proses mencari dan menemukan.
  2. Pengetahuan dibangun oleh peserta didik melalui proses pencarian.
  3. Peran guru sebagai fasilitator dan pembimbing peserta didik dalam belajar.
  4. Menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis untuk merumuskan kesimpulan.

Langkah-langka Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri

Langkah pembelajaran inkuiri terbagi dalam beberapa tahap sebagai berikut.

  • Tahap 1 Orientasi

Guru mengkondisikan agar peserta didik siap melaksanakan proses pembelajaran, menjelaskan topik, tujuan, dan hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai oleh peserta didik, menjelaskan pokok-pokok kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik untuk mencapai tujuan, menjelaskan pentingnya topik dan kegiatan belajar. Kegiatan ini dapat dilakukan dalam rangka memberikan motivasi belajar kepada peserta didik.

  • Tahap 2 Merumuskan masalah

Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik untuk merumuskan dan memahami masalah nyata yang telah disajikan.

  • Tahap 3 Merumuskan hipotesis

Guru membimbing peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berhipotesis dengan cara menyampaikan berbagai pertanyaan yang daoat mendorong peserta didik untuk dapat merumuskan jawaban sementara atau dapat merumuskan berbagai perkiraan kemungkinan jawaban dari suatu permasalahan yang dikaji.

  • Tahap 4 Mengumpulkan data

Guru membimbing peserta didik dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mendorong peserta didik untuk berpikir mencari informasi yang dibutuhkan.

  • Tahap 5 Menguji hipotesis

Guru membimbing peserta didik dalam proses menentukan jawaban yang dianggap diterima sesuai dengan data dan informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data. Hal terpenting dalam menguji hipotesis adalah mengukur tingkat keyakinan peserta didik atas jawaban yang diberikan.

  • Tahap 6 Merumuskan kesimpulan

Guru membimbing peserta didik dalam proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis. Di dalam mencapai kesimpulan yang akurat, guru sebaiknya mampu menujukkan kepada peserta didik data-data yang relevan.

Demikian ulasan mengenai Model Pembelajaran Inkuiri Karakteristik dan Langkah Penerapannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan