Menghias Mata Tradisi Unik Pria India Menyambut Bulan Ramadhan

Menghias Mata Tradisi Unik Pria India Menyambut Bulan Ramadhan

Amongguru.com. Bulan Ramadhan selalu dihiasi dengan tradisi-tradisi unik yang dilakukan oleh umat Muslim dari berbagai penjuru dunia. Terdapat banyak kemeriahan yang akan ditampilkan umat Muslim untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Kemeriahan tersebut dapat berupa buka bersama, bazar makanan dan minuman, kajian-kajian Islami, pameran buku Islam, sampai dengan pemasangan pernak-pernik Ramadhan.

Meskipun di India mayoritas penduduknya beragama Hindu, suasana suka cita umat Muslim dalam memeriahkan bulan Ramadhan akan tetap terasa di sana. Pria Muslim di India memiliki cara unik dalam menyambut bulan Ramadhan, yaitu dengan memakai hiasan (celak) mata.

Tradisi menghias mata tersebut dikenal dengan nama ramazan. Para pria Muslim di India akan menghiasi mata mereka dengan kohl, sejenis celak mata. Mereka akan saling memakaikan celak mata satu dengan lainnya.

Menghias Mata Tradisi Unik Pria India Menyambut Bulan Ramadhan
Menghias Mata Tradisi Unik Pria India Menyambut Bulan Ramadhan

Celak atau penggaris mata merupakan salah satu alat kosmetik yang digunakan untuk mempercantik mata. Alat kosmetik ini sering digunakan oleh kaum hawa untuk menghias mata mereka agar terlihat lebih cantik.

Akan tetapi, pada jaman Rasulullah, celak mata tidak hanya digunakan oleh kaum hawa saja. Celak mata juga dipakai oleh kaum pria untuk menghias mata mereka. Tradisi inilah yang sampai sekarang masih dilakukan oleh pria Muslim di India dan juga di  Yaman. Mereka akan beramai-ramai menghiasa mata mereka menjelang datangnya bulan Ramadhan.

Di bidang medis, sebenarnya tidak direkomendasikan untuk menggunakan kosmetik mata apa pun ketika tidur. Tetapi ternyata pemakaian celak mata ini memilik banyak manfaat bagi kesehatan.

Celak mata dapat berfungsi untuk melindungi kelopak mata, membersihkan kotoran mata, menjernihkan pandangan dan selaput mata, mengobati rabun dan membantu menumbuhkan bulu mata,

Ketika Ramadhan, di beberapa masjid di India, ada juga yang menawarkan jasa untuk memakaikan celak.

Silahkan baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Menghias Mata Tradisi Unik Pria India Menyambut Bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan