Mengenal Flakka Narkotika Jenis Baru Membuat Manusia Menjadi Zombie

Mengenal Flakka Narkotika Jenis Baru Membuat Manusia Menjadi Zombie

 Amongguru.com. “Manusia zombie” mungkin istilah yang tepat diberikan kepada para pemakai narkoba jenis baru yang bernama flaka.

Begitu mengerikannya efek pemakaian narkotika jenis ini, sehingga flakka harus benar-benar dijauhi dan tidak dikonsumsi. Flakka disebut sebagai gravel (kerikil),  karena berbentuk seperti potongan kristal putih seukuran kerikil yang ada di dalam akuarium.

Obat ini juga memiliki nama-nama yang berbeda di tiap-tiap negara, antara lain :

  • Crystal Love
  • Snow Blow
  • Vanilla Sky
  • Ocean Breath (Cyprus)
  • Guarana Coco Jumbo (Republik Ceko)
  • Fire Ball (Slovakia)
  • PV-11 (Perancis)
  • Spellweaver (Britania Raya)

Mengenal Flakka Narkotika Jenis Baru Membuat Manusia Menjadi Zombie

Nama Flakka berasal dari bahasa Spanyol, yaitu “La Flaca” yang berarti Wanita Cantik. Flakka merupakan turunan dari Chatinone dengan nama kimia alpha-Pyrrolidinopentiphenone (Alfa-PVP).

Flaka pada awalnya berasal dari Amerika dan Argentina. DI Amerika Serikat, obat terlarang ini sering dikonsumsi oleh para gelandangan dengan tujuan untuk mengurangi beban hidupnya.

Obat ini lebih menyerupai kokain, akan tetapi efeknya jauh lebih berbahaya daripada kokain. Pemakaiannya dapat dengan cara dihirup, ditelan, atau disuntikkan ke tubuh.

Flakka adalah bahan psikoaktif yang memiliki efek seperti  kokain. Senyawa ini bekerja dalam tubuh sebagai penghambat transporter kerja hormon dopamin dan Norepinefrin Transporter Norepinefrin (NET).

Dopamin pada otak berfungsi sebagai zat kimiawi organik yang berperan penting pada kerja otak dan tubuh secara keseluruhan. Hormon dopamin di otak memiliki fungsi sebagai zat pembawa pesan antar sel-sel saraf.

Secara khusus, hormon dopamin berperan dalam proses pembentukkan hormon Norepepinefrin dalam tubuh. Norepinefrin berfungsi untuk mengontrol bagian-bagian otak yang bertanggung jawab terhadap keterkaitan antara pikiran dan tindakan dalam merespons.

Apabila kerja NET dihambat, maka kadar Norepinefrin dalam tubuh akan jadi berlebih. Hal inilah yang menyebabkan seseorang menjadi hiperaktif.

Flakka membuat penggunanya mengalami gejala delusi dan agresif berlebihan. Efek inilah yang sering diasosiasikan dengan efek mirip zombie secara harafiah.

Berdasarkan laporan WHO, pada bulan November 2015, Alfa-PVP (nama kimia Flakka) tidak termasuk dalam kategori obat atau bahan obat.

Di Indonesia sendiri, Flakka telah dimasukkan dalam kategori Narkotika Golongan 1 pada Permenkes Nomor 02 tahun 2017 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika, dengan nama Alfa-PVP.

Narkotika yang termasuk dalam Golongan 1 memiliki efek cukup berat pada penggunanya, bahkan beresiko pada kematian.

Mengapa flakka ini menjadi narkotika yang efeknya mengerikan bagi pemakai? Sedikit saja overdosis dari flakka, dapat menyebabkan gejala ekstrim.

Pemakaian berlebih flakka dapat mengakibatkan lonjakan adrenalin secara ekstrem yang dapat menimbulkan perilaku kekerasan. Di dalam kondisi demikian, suhu tubuh dapat melonjak sangat tinggi.

Mengenal Flakka Narkotika Jenis Baru Membuat Manusia Menjadi Zombie

Flakka menyebabkan pemakainya merasa memiliki kekuatan super dan kemarahan tingkat tinggi.

Fakka dapat membuat penggunanya bertingkah seperti layaknya orang gila. Beberapa menit setelah mengkonsumsi flakka, pengguna akan langsung mengalami perubahan emosi mengerikan.

Perubahan tersebut mulai dari marah-marah, menangis, tertawa bahagia sampai agresif terhadap orang lain.

Efek mengerikan lainnnya adalah flakka membuat penggunanya senang melukai diri sendiri. Perilaku pemakai flakka bisa saja menjadi tidak terkendali. Mereka terkadang menabrakkan diri ke kaca mobil, ke dinding, atau melakukan perilaku brutal lainnya.

Hal tersebut terjadi karena senyawa kimia dari flakka tersebut sudah menguasai otak penggunanya. Senyawa tersebut seolah menggantikan peran otak untuk mengirimkan perintah mengerikan pada kerja tubuh.

Mengenal Flakka Narkotika Jenis Baru yang Membuat Manusia Menjadi Zombie
Efek mengerikan pemakaian Flakka

Efek pemakaian flakka lebih lama bertahan di otak dibandingkan pengaruh kokai, sehingga tingkat kerusakan otak pun menjadi lebih besar.

Flakka juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada ginjal, Efek suhu badan yang sangat tinggi (hiptertermia) dapat menyebabkan otot-otot menjadi pecah.

Demikian mengerikannya efek flakka ini bagi tubuh, membuat kita harus waspada terhadap peredaran obat terlarang ini di sekitar kita. Kenali dengan baik bentuk dan dampak dari obat-obatan terlarang agar Anda tidak menjadi korban berikutnya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan