Memiliki Rasa Pahit, Berikut Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

Memiliki Rasa Pahit, Berikut Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

Amongguru.com. Sambiloto (Andrographis Paniculata Ness) di dalam dunia pengobatan herbal merupakan tanaman obat yang sudah dikenal lama.

Tanaman sambiloto adalah bahan jamu yang dipecaya mampu untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai macam penyakit.

Ciri khas dari sambiloto adalah rasanya yang pahit. Rasa pahit pada tanaman ini karena adanya zat androgafolida yang terdapat pada batang dan daunnya. Akan tetapi, justru dari zat inilah manfaat daun sambiloto banyak didapatkan untuk menjaga kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat penting daun sambiloto untuk kesehatan.

1, Meningkatkan kekebalan tubuh

Ekstrak daun sambiloto memiliki sifat imunostimulan, yaitu meningkatkan kerja-organ-organ yang berhubungan dengn sistem kekebalan tubuh (imun).

Sambiloto mengandung anti oksidan tinggi untuk mencegah berkembangnya berbagai jenis virus, bakteri, dan mikroorganisme lainnya yang setiap saat dapat menginfeksi tubuh.

Dengan rajin mengonsumsi sari daun sambiloto, maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Sifat tersebut terutama bekerja pada infeksi saluran pernapasan atas dan juga infeksi HIV.

2. Mengatasi gangguan sistem pencernaan

Sistem pencernaan berperan penting untuk menyediakan makanan, air, dan elektrolit bagi tubuh dari nutrisi yang dicerna setiap saat,

Baca : 10 Manfaat Sereh (Serai) Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Baca

Daun sambiloto mampu menjaga kerja sistem pencernaan. Daun ini mampu mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan pencernaan, misalnya diare, perut kembung, dan sembelit.

3. Menjaga fungsi organ hati

Daun sambiloto dipercaya ampuh untuk menjaga fungi organ hati. Infeksi pada hati dapat mengganggu kerja organ tersebut dan juga mengganggu fungsi organ tubuh lainnya.

Tanaman herbal ini ini dapat memperkuat organ hati dan mengatasi masalah pada hati, seperti pembesaran hati, sakit kuning, serta kerusakan hati akibat obat.

4. Mengatasi flu

Penyakit flu (influenza) disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan dengan gejala seperti deman, sakit kepala, nyeri, bersin, batuk, dan kedinginan.

Seseorang dapat tertular flu jika tidak sengaja menghirup percikan air liur penderita di udara, pada saat sedang bersin atau batuk.

Flu juga dapat menular jika menyentuh mulut atau hidung setelah memegang benda yang terkena npercikn air liur penderita. Mengonsumsi sambiloto secara rutin dipercaya dapat menurunkan gejala flu tersebut.

5. Mengobati gangguan saluran pernapasan

Sistem pernapasan akan dapat berjalan dengan baik, jika tidak ada gangguan pada organ-organ pernapasan. Jika salah satu organ mengalami gangguan, tentu akan mengganggu sistem pernapasan secara keseluruhan.

Manfaat daun sambiloto salah satunya adalah untuk mengobati berbagai gangguan saluran perpanasan yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Beberapa jenis gangguan sistem pernapasan yang dapat diobati dengan daun sambiloto adalah bronkitis, TBC, dan pneumonia.

6. Mencegah diabetes

Diabetes merupakan sebuah kondisi dimana tubuh tidak lagi mampu memproduksi hormon insulin, sehingga kadar gula darah naik.

Hasil sebuah studi menunjukkan bahwa daun sambiloto dapat memberikan efek hipoglikemik atau mampu menurunkan kadar gula darah. Hal ini penting bagi penderita diabetes yang memiliki kecenderungan mengalami kenaikan gula darah secara cepat.

7. Menurunkan kolesterol jahat

Selain mampu menurunkan kadar gula darah, daun sambiloto juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Penumpukan kolesterol dalam darah sangat berbahaya, karena dapat memicu terbentuknya plak pada pembuluh darah, sehingga berakibat pada terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah beresiko terhadap stroke dan serangan jantung.

8. Mencegah penyakit jantung

Mengonsumsi daun sambiloto secara rutin dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah, bahkan mampu memecah gumpalan-gumpalan darah dalam tubuh.

Dengan tidak adanya darah yang menggumpal, maka sistem peredaran akan menjadi lancar, sehingga kita dapat terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan jantung (kardiovaskuler)

9. Mengatasi berbagai masalah kulit

Infeksi pada kulit dapat terjadi karena berbagai penyebab, misalnya iritasi, gatal-gatal, bisul, atau gigitan hewan. Daun sambiloto bermanfaat untuk mengatasi berbagai bentuk infeksi kulit tersebut.

Sifat antibakteri dan anti inflamasi pada daun sambiloto menjadikannya efektif digunakan sebagai obat berbagai kondisi kulit.

10. Mencegah kanker

Kanker ditandai dengan berkembanya sel-sel tubuh secara cepat dan tidak terkendali. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia, dimana salah satu pemicunya adalah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

Baca : Manfaat Kunyit (Kunir) Untuk Mengatasi Gangguan Perut dan Lambung

Kandungan senyawa antioksidan yang tinggi pada daun sambiloto diyakini ampuh untuk menangkal radikal bebas, sehingga dapat dijadikan sebagai agen pencegah kanker.

Demikianbeberapa manfaat penting dari daun sambiloto, salah tanaman herbal yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya pada tubuh. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan