Materi Prakarya Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Materi Prakarya Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Amongguru.com. Di dalam membantu Bapak/Ibu guru menyiapkan perangkat pembelajaran, berikut admin bagikan Materi Prakarya Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018 berdasarkan Buku Pegangan Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 yang telah diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi Prakarya Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
Materi Prakarya Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Materi Prakarya Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 terbagi dalam 4 (empat) bab dengan rincian sebagai berikut.

Kerajinan

Bab 1 Kerajinan Berbasis Media Campuran

Materi Pokok :

A. Prinsip Kerajinan Berbasis Media Campuran
1. Menyederhanakan Bentuk dengan Mengurangi atau Menambah Bentuk Produk Kerajinan Berbasis Media Campuran (Stilasi)
2. Merubah Bentuk Produk KErajinan Berbasis Media Campuran (Deformasi)

B. Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran

C. Produk dan Proses Kerajinan Berbasis Media Campuran
1. Batu
2. Logam
3. Plastik
4. Kayu
5. Keramik

Tujuan Pembelajaran :

Setelah mempelajari Bab 1, peserta didik mampu :

  1. menyatakan pendapat tentang keragaman karya kerajinan berbasis media campuran sebagai ungkapan rasa bangga sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan dan bangsa,
  2. memahami pengertian, sejarah, jenis, sifat, dari karakteristik kerajinan berbasis media campuran berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan,
  3. mengalami teknik pengolahan, prinsip perancangan, prosedur pembuatan dan penyajian / kemasan kerajinan berbasis media campuran berdasarkan karakter yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat,
  4. merancang, membuat, menguji dan mengkomunikasikan produk kerajinan berbasis media campuran daerah setempat berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri, dengan disiplin dan tanggung jawab.

Rekayasa

Bab 2 Dasar-Dasar Elektronika

Materi Pokok :

A. Wawasan Elektronika
1. Komponen Elektronika Dasar
2. Jenis dan Manfaat                                                                                                                                      a. Elektronika Analog
b. Elektronika Digital

B. Sistem Pengendali
1. Peralatan Listrik
2. Pembuatan Rangkaian Stop Kontak

Tujuan Pembelajaran :

Setelah mempelajari Bab 2, peserta didik mampu :

  1. Menyatakan pendapat tentang keragaman alat elektronika dan sistem pengendali sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhandan bangsa Indonesia.
  2. Mengidentifi kasi bahan alam, alat, teknik dan proses pembuatan alat elektronika dan sistem pengendali di daerah setempat dan daerah lain.
  3. Merancang pembuatan alat elektronika dan sistem pengendali di daerah setempat dan daerah lain.
  4. Membuat, menguji, dan mempresentasikan alat elektronika dan sistem pengendali di daerah setempat dan daerah lain dengan disiplin dan tanggung jawab.

Budi Daya

Bab 3 Budi Daya Ikan Hias 

Materi Pokok :

A. Komoditas Ikan Hias

B. Sarana dan Peralatan Budi Daya (Pembesaran Ikan Hias)
1. Bahan
2. Alat
3. Wadah Budi Daya Ikan Hias

C. Persiapan Wadah Budi Daya Ikan Hias
1. Pembuatan Wadah Budi Daya (Akuarium) Ikan Hias
2. Persiapan Wadah Budi Daya Ikan Hias
3. Proses Budi Daya Pembesaran Ikan Hias

Tujuan Pembelajaran :

Setelah mempelajari Bab 3, peserta didik mampu :

  1. Menyampaikan pendapat tentang keragaman jenis dan wadah budi daya dan pemeliharaan (pembesaran) ikan hias sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur kepada Tuhan serta bangsa Indonesia.
  2. Mengidentifikasi jenis, sarana produksi, dan teknik pembuatan wadah dan budi daya ikan hias yang ada di wilayah setempat berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.
  3. Merancang pembuatan wadah budi daya dan pemeliharaan(pembesaran) ikan hias berdasarkan orisinalitas ide yang jujur terhadap diri sendiri.
  4. Membuat, mempraktikkan, menguji, dan mempresentasikan pembuatan wadah dan pemeliharaan (pembesaran) ikan hias di wilayah setempat berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin dan tanggung jawab.

Pengolahan

Bab 4 Pengolahan Bahan Pangan Setengah Jadi dan Produk Samping dari Bahan Perikanan dan Peternakan Menjadi Makanan

Materi Pokok :

A. Makanan dari Bahan Pangan Setengah Jadi
1. Pengertian
2. Jenis dan Manfaat
3. Teknik Pengolahan Makanan dari Setengah Jadi Bahan baku Perikanan dan Peternakan
4. Tahap Pembuatan Makanan dari Bahan Setengah Jadi Bahan Baku Hasil Perikanan dan Peternakan

B. Makanan dari Bahan Pangan Produk Samping
1. Pengertian
2. Jenis dan Manfaat
3. Teknik Pengolahan Makanan dari Produk Samping Bahan Baku Perikanan dan Peternakan
4. Tahapan Pengolahan
5. Pengemasan

Tujuan Pembelajaran :

Setelah mempelajari Bab 4, peserta didik mampu :

  1. Menyampaikan pendapat tentang pengertian, jenis dan manfaat dari bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur kepada Tuhan serta bangsa Indonesia.
  2. Mengidentifikasi bahan, alat, metode dan proses pengolahan yang digunakan pada pembuatan produk bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan menjadi makanan dan di wilayah setempat berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.
  3. Merancang pembuatan produk olahan makanan dari bahan pangan setengah jadi dan produk samping dari bahan hasil perikanan dan peternakan menjadi makanan berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri.
  4. Membuat, menguji, dan mempresentasikan produk pangan siap konsumsi khas wilayah setempat dari bahan pangan setengah jadi dan bahan hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin dan tanggung jawab.

Materi Prakarya Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 secara lengkap dapat Bapak/Ibu guru unduh pada Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Mata Pelajaran Prakarya di sini.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan Materi Prakarya  Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Semoga dapat membantu Bapak/Ibu guru dalam melaksanakan pembelajaran Prakarya kelas 9 menggunakan Kurikulum 2013.

Tinggalkan Balasan