Materi Organ Reproduksi Manusia Lengkap dengan Gambarnya

Materi Organ Reproduksi Manusia Lengkap dengan Gambarnya

Amongguru.com. Reproduksi merupakan cara makhluk hidup untuk melestarikan jenisnya. Reproduksi adalah cara makhluk hidup dalam mewariskan sifat-sifat induk kepada keturunannya, sehingga dihasilkan keturunan yang memiliki sifat mirip dengan induknya.

Seperti halnya makhluk hidup yang lain, manusia melakukan reproduksi untuk melestarikan keturunannya. Postingan kali ini akan membahas tentang Materi Organ Reproduksi Manusia Lengkap dengan Gambarnya.

Organ reproduksi manusia adalah organ yang digunakan dalam proses reproduksi pada manusia. Organ reproduksi ini berperan penting untuk menghasilkan keturunan, melalui pembuahan atau fertilisasi. Baik pria maupun wanita, memiliki organ reproduksi yang berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Organ  reproduksi pada manusia akan berkembang dan berfungsi dengan baik pada saat manusia mengalami masa putertas, yaitu masa peralihan dari anak-anak menuju ke remaja. Kematangan organ reproduksi pria ditandai dengan diproduksinya sperma, sedangkan pada wanita ditandai dengan terbentuknya sel telur atau ovum.

Pada dasarnya organ reproduksi manusia terbagi menjadi dua, yatu organ reproduksi bagian dalam dan organ reproduksi bagian luar. Berikut ini penjelasan mengenai organ reproduksi manusia tersebut.

Organ Reproduksi Pria

Materi Organ Reproduksi Manusia Lengkap dengan Gambarnya

  • Organ reproduksi luar

1.  Penis

Penis adalah organ reproduksi luar pada pria yang berfungsi sebagai organ koplulasi, yaitu organ yang digunakan untuk pengeluaran sperma saat fertilisasi berlangsung. Organ reproduksi ini memiliki bentuk silindris dengan panjang bervariasi dan terletak di antara kedua paha.

Penis bersifat elastis, karena tersusun atas jaringan-jaringan otot, jaringan lembut spons, jaringan syaraf, dan juga pembuhluh darah.

Penis tersusun atas tiga rongga yang berisi jaringan erektil yang menyerupai spons. Ketiga rongga pada penis tersebut sebagai berikut.

  • Korpus kavernosa ; merupakan dua rongga yang terletak di bagian atas penis.
  • Korpus spongiosum ; merupakan rongga yang berada di bawah korpus kavernosa yang berfungsi untuk melindungi uretra, karena kompenen pada jaringan ini membungkus uretra.
  • Gland penis ; merupakan bagian penis yang terletak di ujung penis.

2. Skrotum

Scrotum merupakan sepasang kantung berkulit tipis yang berfungsi untuk  melindungi testis dan sebagai pengatur suhu testis agar tetap stabil. Di dalam skrotum terdapat serat-serat otot yang disebut otot kremaster sebagai pengatur suhu lingkungan testis.

Skrotum kanan dan kiri dibatasi oleh sekat yang berupa jaringan ikat dan otot polos (otot dartos), sehingga skrotum dapat mengendur dan mengerut.

Di saat cuaca panas, skrotum akan mengendur, sehingga luas permukaan skrotum menjadi meningkat yang mengakibatkan panas dapat dikeluarkan. Sebaliknya, pada saat cuaca dingin, skrotum akan mengerut dan menyebabkan testis tertarik ke dekat tubuh, sehingga menjadi lebih hangat.

  • Organ Reproduksi Dalam

1.  Testis

Testis adalah organ reproruksi yang berfungsi untuk memproduksi sperma dan hormon testosteron, terletak di dalam skrotum atau kantung sperma.

Lapisan terluar tertis adalah tunika vaginalis, pada bagian ini terdapat lapisan tunika albuginea, yang membagi testis menjadi lobus-lobus. Sedangkan lapisan paling dalam testis adalah tunika vaskulata, yang berisi  pembuluh darah dan jaringan penyambung halus.

Pada jaringan epitelium testis, terdapat sel-sel induk sperma yang dinamakan spermatogonium. Produksi sperma terjadi di dalam saluran sempit yang dinamakan tubulus seminiferus. Seorang laki-laki dewasa mampu menghasilkan lebih dari seratus juta sperma setiap hariya.

2. Epididimis

Epididimis berfungsi untuk menyimpan spermatozoa dan pematangan spermatozoa (maturasi). Organ ini adalah saluran halus berkelok-kelok yang berada didalam skrotum dan keluar dari kedua testis.

Epididimis terbentuk atas 3 bagian, yaitu caput, corpus dan cauda. Proses pematangan spermatozoa kurang lebih selama 12 hari dan akan dikeluarkan ketika terjadi ejakulasi.

3.  Vas Deferens

Vas deferens merupakan sepasang saluran lanjutan dari epididimis  yang menghubungkan testis dan kantong sperma. Bagian ujung saluran vas deferens terletak di dalam kelenjar prostat.

4.  Uretra.

Uretra adalah saluran yang akan dilewati sperma sebelum sperma dikeluarkan dari tubuh. Organ ini adalah saluran pembuang, baik pada sistem eksresi maupun sistem seksual.

5. Kelenjar Prostat

Kelenjar  ini berfungsi menghasilkan cairan seperti susu yang bersifat basa untuk menetralisir keasaman vagina, melindungi spermatozoa terhadap tekanan pada uretra dan vagina.

Organ Reproduksi Wanita

Materi Organ Reproduksi Manusia Lengkap dengan Gambarnya

  • Organ Reproduksi Luar 

1.  Vulva

Vulva adalah celah paling luar dari organ kelamin wanita, banyak mengandung sensor syaraf dan stimulasi. Organ ini terdiri dari beberapa struktur utama, yaitu mons pubis, labium mayor dan labium minor, klitoris, saluran uretra, saluran vagina, dan himen atau selaput dara.  

2.  Klitoris

Klitoris merupakan organ erektil atau pusat rangsangan pada wanita. Pada klitoris terdapat banyak pembuluh darah dan ujung-ujung saraf perasa. Klirotis dapat memanjang dan ereksi seperti penis, ada yang dapat menonjol ke permukaan dan bahkan ada yang masuk ke dalam.

3. Labium Mayor

Bibir kemaluan pada organ reproduksi wanita dibagi menjadi dua, yaitu labium mayora dan labium minor. Labium mayor adalah bibir luar dari vagina. Labium mayor berbentuk lipatan kulit melengkung yang tebal berlapiskan lemak dan jaringan ikat.

Bagian luar dari labium mayor merupakan kulit biasa yang biasanya ditumbuhi rambut. Pada labium mayor banyak terdapat pembuluh darah, saraf, dan otot,  sehingga tampak berwarna merah dan lebih sensitif.

4.  Labium Minor

Labium minor merupakan sepasang lipatan kulit yang halus dan tipis, tidak dilapisi lemak terletak di bagian dalam, di bawah labia mayora. fungsi labium minor adalah untuk saluran urine dan pembukaan kelenjar bartholin.

  • Organ Reproduksi Dalam

1.   Ovarium

Ovarium disebut juga indung telur merupakan kelenjar yang berjumlah sepasang berbentuk seperti almond, berwarna putih keruh, berfungsi menghasilkan sel telur (ovum). Selain menghasilkan sel telur, ovarium juga berfungsi untuk menghasilkan hormon estrogen dan hormon progesteron.

Ovarium terletak di rongga perut, di daerah pinggang kiri dan kanan.  Ovarium diselubungi oleh kapsul pelindung dan mengandung beberapa folikel, dimana setiap folikel mengandung satu sel telur.

Folikel adalah bulatan-bulatan yang mengelilingi oosit dan berfungsi menyediakan makanan dan melindungi perkembangan sel telur. Sel telur yang telah masak akan lepas dari ovarium. Peristiwa pelepasan sel telur tersebut dinamakan ovulasi. 

2.  Oviduk 

Oviduk (tuba falopi) berjumlah sepasang dan berfungsiuntuk  menggerakkan ovum ke arah rahim dengan gerakan peristaltik. Oviduk juga berfungsi sebagai tempat fertilisasi atau pembuahan. Ujung oviduk berbentuk corong berjumbai-jumbai atau dikenal dengan istilah fimbrae. Fimbraeini  berfungsi untuk menangkap ovum yang dilepaskan oleh ovarium. 

3. Rahim

Rahim atau uterus adalah tempat berkembangnya embri0. Rahim akan menyediakan tempat yang nyaman untuk pertumbuhan dan perkembangan janin selama kehamilan. Manusia memiliki rahim bertipe simpleks, artinya hanya mempunyai satu ruangan. 

Dinding rahim terdiri atas tiga lapisan, yaitu perimetrium, miometrium, dan endometrium. Endometrium menghasilkan banyak lendir dan mengandung banyak pembuluh darah. Lapisan endometrium akan mengalami penebalan dan meluruh setiap bulannya bersama sel telur yang tidak dibuahi. Peristiwa ini yang dinamakan dengan menstruasi. 

4. Vagina

Vagina merupakan saluran elastis, terletak antara kandung kemih, uretra, dan rectum. Pada dinding vagian terdapat otot polos dan epitel skuamosa, sehingga pada saat melahirkan, organ ini dapat mengembang.

Dinding vagina akan semakin menebal seiring dengan bertambahnya usia wanita. Fungsi utama vagina adalah tempat penyaluran sperma. Selain itu, vagina juga berfungsi sebagai tempat pengeluaran darah menstruasi dan tempat jalannya lahir.

Baca juga : Penjelasan Lengkap tentang Sistem Ekskresi Manusia Beserta Strukturnya

Demikianlah Materi Organ Reproduksi Manusia Lengkap dengan Gambarnya.

Semoga postingan mengenai Materi Organ Reproduksi Manusia Lengkap dengan Gambarnya ini bermanfaat sebagai referensi belajar Anda.

Sumber: http://dosenbiologi.com/manusia/alat-reproduksi-manusia

 

Tinggalkan Balasan