Materi Lengkap 4 Pilar Kebangsaan (Kerjasama Internasional)

Materi Lengkap 4 Pilar Kebangsaan (Kerjasama Internasional)

Amongguru.com. Materi Lengkap 4 Pilar Kebangsaan (Kerjasama Internasional) – Negara tidak dapat hidup sendiri, tetapi memerlukan bantuan atau kerja sama dengan negara lain. Bentuk kerja sama dengan negara lain dapat berupa kerja sama di bidang ekonomi, politik, pertahanan, pendidikan, kebudayaan, sosial, dan keamanan.

Kerja sama sendiri dapat diartikan sebagai suatu usaha bersama antara orang perorangan atau antar kelompok atau antar organisasi untuk mencapai tujuan atau target yang sebelumnya telah direncanakan dan disepakati bersama.

Kerjasama Internasional

Kerja sama internasional adalah kerjasama yang dilakukan oleh dua negara atau lebih yang tidak dibatasi oleh letak negara atau memiliki lingkup seluruh dunia. Bentukkerjasama internasional biasanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan seluruh negara-negara di dunia.

Tujuan dan Fungsi Kerjasama Internasional

Kerjasama internasional didasari atas sikap saling menghormati dan saling menguntungkan, Di dalam menjalin sebuah kerjasama internasional biasanya memiliki tujuan dan fungsi sebagai berikut

Tujuan Kerjasama Internasional

  1. Memperkuat dan meningkatkan kerja sama ekonomi, perdagangan dan investasi dengan para negara yang menjalin kerjasama.
  2. Memperkuat dan meningkatkan kerja sama dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan para negara yang menjalin kerjasama.
  3. Menciptakan saling pengertian antar negara dalam membina dan menegakkan perdamaian dunia.

Fungsi Kerjasama Internasional

  1. Saling menguntungkan kedua belah pihak dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi.
  2. Meningkatkan penerapan iptek serta menanggulangi hal-hal yang dapat merusak budaya.
  3. Meningkatkan kemampuan pertahanan dan keamanan.
  4. Mewujudkan ketertiban dan perdamaian dunia.
  5. Terjalin rasa saling menghargai dan menghormati ideology masing-masing.

Contoh Kerjasama Internasional

Terdapat beberapa organisasi kerjasama internasional yang tersebar di seluruh dunia, diantaranya adalah WTO, ILO, World Bank, dan IMF.

  • WTO (World Trade Organization/Organisasi Perdagangan Dunia)

WTO adalah organisasi internasional yang bertujuan untuk meningkatkan perdagangan internasional dengan cara membatasi peraturan yang menghambat kelancaran pertukaran barang-barang internasional dan berusaha untuk meningkatkan volume perdagangan dunia dengan cara meliberalisasikan perdagangan internasional.

Organisasi ini didirikan pada tanggal 1 Januari 1995 sebagai pengganti dari persetujuan GATT. GATT merupakan persetujuan setelah Perang Dunia II untuk menghapuskan hambatan perdagangan internasional.

WTO memiliki prinsip yaitu Non diskriminasi, liberasi perdagangan, stabilitas hubungan perdagangan. Mekanisme WTO dibangun untuk mendiskusikan dan memecahkan masalah perdagangan antar Negara. Organisasi WTO bermarkas di Jenewa, Swiss. dimana pada Juli 2008 telah memiliki 153 negara anggota (mayoritas negara di dunia menjadi anggota organisasi ini).

  • ILO (International Labour Organisation/Organisasi Buruh Internasional)

Organisasi Buruh Internasional adalah atau ILO adalah sebuah wadah yang menampung isu buruh internasional di bawah PBB. ILO didirikan pada 11 April 1919 sebagai bagian Persetujuan Versailles setelah Perang Dunia I. Organisasi ini menjadi bagian PBB setelah pembubaran LBB dan pembentukan PBB pada akhir Perang Dunia II.

ILO memiliki tujuan untuk mewujudkan perdamaian melalui keadilan sosial, perbaikan nasib buruh, stabilitas ekonomi, sosial dan menyusun hukum perburuhan. Semenjak tanggal 11 Juni 1950 Indonesia resmi menjadi anggota ILO.

  • World Bank/Bank Dunia

Bank Dunia adalah sebuah lembaga keuangan internasional yang menyediakan pinjaman kepada negara anggota untuk program pemberian modal. Bank Dunia didirikan pada tanggal 27 Desember 1945.

Tujuan didirikan Bank Dunia untuk membantu pembiayaan usaha-usaha pembangunan dan perkembangan negara-negara anggotanya dengan memudahkan penanaman modal untuk tujuan yang produktif. Bank Dunia bekerja untuk mengatasi masalah investasi di dunia.

Markas Bank Dunia berada di Washington, DC, Amerika Serikat. Secara teknis dan struktural Bank Dunia termasuk salah satu dari badan PBB, akan tetapi secara operasional sangat berbeda dari badan-badan PBB lainnya.

IMF (International Monetary Fund/Dana Moneter Internasional)

IMF adalah organisasi internasional yang bertujuan memperkuat kestabilan keuangan, mempererat kerja sama moneter global, memperluas perdagangan dan investasi dunia, memperluas lapangan pekerjaan sekaligus pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, dan mengatasi kemiskinan di seluruh dunia.

Organisasi IMF bermarkas di Washington, D.C. IMF dibentuk pada tahun 1944 dalam Konferensi Bretton Woods, kemudian diresmikan tahun 1945 dengan 29 negara anggota. IMF sejak awal bertujuan menata ulang sistem pembayaran internasional.

Negara anggota menyumbangkan dana cadangan menggunakan sistem kuota. Dana cadangan ini kemudian bisa dipinjam oleh negara anggota yang mendapat kesulitan dalam neraca pembayarannya. Hingga 2010, dana cadangan IMF mencapai US$755,7 miliar.

Pada negara-negara yang akan meminjam uang, IMF dan Bank Dunia biasanya menerapkan syarat-syarat tertentu karena pada dasarnya IMF menganut paham neoliberalisme, yaitu untuk mendukung pasar bebas.

Materi Lengkap 4 Pilar Kebangsaan (Kerjasama Internasional)

Bentuk Kerjasama Internasional

Berdasarkan bentuknya, kerja sama internasional dapat dibagi dalam 4 kelompok, yaitu sebagai berikut.

1. Kerja sama bilateral

Kerjasama bilateral adalah bentuk kerjasama ekonomi yang dilakukan antar dua Negara. Kerjasama ini terjadi karena kedua Negara saling mendapat keuntungan atau kedua Negara memiliki hubungan yang sangat baik. Sebagai contohnya, hubungan antara  Indonesia dengan Jepang terkait perdagangan dan hubungan Indonesia dengan Arab Saudi terkait ibadah haji.

2. Kerja sama regional

Kerja sama regional adalah kerja sama yang dilakukan oleh beberapa negara dalam suatu kawasan atau wilayah. Bentuk jerja sama ini biasanya dilakukan karena adanya kepentingan bersama baik dalam bidang politik, ekonomi, dan pertahanan. Contoh kerja sama regional antara lain ASEAN dan Liga Arab.

3. Kerja sama multilateral

Kerjasama mulitilateral merupakan kerja sama yang biasanya dilakukan lebih dari dua negara. Kerjasama jenis ini bisa dalam satu wilayah, atau bisa dalam beda wilayah. Misalnya hubungan kerjasama yang berada dalam beda wilayah, yaitu OPEC. dan hubungan kerjasama yang berada dalam satu wilayah yaitu ASEAN, MEE, NAFTA.

4. Kerja sama internasional

Kerja sama internasional adalah kerja sama antara negara-negara diseluruh dunia (mayoritas negara didunia tergabung dalam kerjasama ini). Sedangkan bentuk kerja sama nya dapat terjalin pada beberapa bidang.

Kerjasama di bidang ekonomi, contohnya IMF, FAO, IBRD, UNCTAD. Kerja sama dibidang pertahanan, contohnya SEATO, ANZUS, NATO, CENTO. Bentuk kerja sama dibidang kebudayaan, contohnya pendidikan, IPTEK. Kerja sama dibidang sosial, contohnya ILO, IRO, UNICEF, WHO.

Manfaat Menjalin Kerjasama internasional

  • Mempertahankan kemerdekaan Bangsa dan menjaga keselamatan Negara.
  • Meningkatkan perdamaian Internasional karena hanya dalam keadaan damai, Indonesia dapat membangun dan meningkatkan kemakmuran rakyat.
  • Memperoleh barang-barang yang diperlukan dari luar negeri untuk memperbesar kemakmuran rakyat apabila barang tersebut belum bisa diproduksi di dalam Negeri.
  • Turut meningkatkan kemakmuran seluruh negara di dunia, hal tersebut sebagai pelaksanaan cita-cita yang tersimpul di dalam Pancasila sebagai dasar falsafah Negara Indoneisa.
  • Dapat menjelaskan dalam menanggulangi penyelundupan manusia yang modus operandinya memiliki kesamaan antar satu negara dengan negara lain.
  • Lebih cepat dalam mengatasi ketertinggalan dalam beberapa bidang, karena dapat menjalin kerja sama dengan negara maju.

Baca juga :

Demikian ulasan tentang Materi Lengkap 4 Pilar Kebangsaan (Kerjasama Internasional)

Semoga bermanfaat untuk menambah referensi wawasan kebangsaan Anda.

Sumber : http://www.markijar.com

Tinggalkan Balasan