Materi IPA Kelas 9 SMP Kurikulum 2013 Teori Kemagnetan Bumi

Materi IPA Kelas 9 SMP Kurikulum 2013 Teori Kemagnetan Bumi

Amongguru.com. Bumi memiliki kutub utara dan selatan. Kutub-kutub magnet diberi nama semata-mata untuk memaparkan arah kutub-kutub tersebut di atas permukaan Bumi.

Diberi nama kutub utara karena kutub magnet menghadap ke kutub utara Bumi. Demikian juga halnya dengan kutub selatan magnet.

Kutub utara magnet bumi berada di sekitar kutub selatan Bumi, dan kutub selatan magnet bumi berada di sekitar kutub utara bumi.

Orang pertama mempelajari tentang kutub magnet Bumi adalah  William Gilbert. Pada tahun 1600, Gilbert berpendapat bahwa Bumi itu sendiri merupakan sebuah magnet.

GIlbert meramalkan kelak akan ditemukan bahwa Bumi memiliki kutub-kutub magnet. Teori Gilbert itu ternyata benar.

Bumi memiliki garis gaya magnet dan dikelilingi oleh medan magnet yang paling kuat di dekat kutub magnet utara dan selatan. Asal mula sebenarnya dari medan magnet Bumi belum sepenuhnya dipahami.

Diyakini bahwa medan magnet tersebut berkaitan dengan inti dalam Bumi, yang hampir seluruhnya merupakan besi dan nikel.

Medan magnet bumi berfungsi untuk melindungi penduduk bumi dari radiasi kosmik (partikel listrik yang dihasilkan oleh matahari atau benda-benda langit lainnya) yang mengancam kesehatan.

Akan tetapi, karena adanya medan magnet bumi, partikel listrik tidak dapat masuk ke seluruh permukaan bumi, tetapi hanya akan masuk ke kutub-kutub bumi.

Saat menabrak atmosfer bumi, partikel listrik tersebut diionisasi (peristiwa le pasnya elektron dari nukleon) dan membentuk plasma lemah (gas super yang dipanaskan agar elektron terlepas dari nukleon). Tampilan indah cahaya plasma inilah yang kemudian dikenal sebagai aurora.

Aurora Borealis

Kompas 

Jarum kompas selalu menunjuk ke arah utara. Jarum kompas merupakan sebuah magnet. Kompas mempunyai sebuah kutub utara dan  sebuah kutub selatan. Kutub utara jarum kompas menunjuk ke Kutub Utara Bumi.

Kutub-kutub magnet yang senama tolak-menolak dan kutub- kutub magnet yang tak-senama tarik-menarik.

Sehingga kutub magnet Bumi ke arah mana kutub utara sebuah kompas menunjuk harus merupakan kutub selatan magnetik.

Dengan kata lain, kutub utara sebuah jarum kompas menunjuk ke arah kutub utara Bumi, yang sebenarnya merupakan kutub selatan magnet Bumi.

Hal yang sama berlaku untuk kutub selatan Bumi, yang sebenarnya merupakan kutub utara magnet.

Kutub-kutub magnet Bumi tidak tepat berimpit dengan kutub-kutub Bumi. Ilmuwan telah menemukan bahwa kutub selatan magnet Bumi terletak di timur laut Kanada, kurang-lebih berjarak 1.500 kilometer dari kutub utara Bumi. Kutub utara magnet Bumi terletak dekat Antartika.

Perbedaan sudut antara sebuah kutub magnet Bumi dan sebuah kutub Bumi disebut sudut deklinasi.

Besar deklinasi tersebut tidak sama untuk semua tempat di Bumi ini. Di dekat ekuator, sudut deklinasi tersebut kecil.

Semakin dekat dengan kutub, sudut tersebut semakin besar. Sudut deklinasi ini harus diperhitungkan pada saat menggunakan sebuah kompas.

Selain membentuk sudut dengan kutub Bumi, jarum kompas juga membentuk sudut dengan bidang datar.

Jarum kompas tidak selalu sejajar dengan bidang datar. Hal ini berarti garis-garis gaya magnet Bumi tidak selalu sejajar dengan permukaan Bumi.

Sudut kemiringan yang dibentuk oleh jarum kompas terhadap bidang datar tersebut disebut sudut inklinasi.

Besar sudut inklinasi tidak sama pada semua tempat di Bumi. Di dekat garis khatulistiwa, sudut inklinasi tersebut sama dengan nol. Semakin dekat dengan kutub, sudut inklinasinya semakin besar.

Baca juga :

Demikian ulasan materi IPA kelas 9 SMP Kurikulum 2013 Teori Kemagnetan Bumi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan