Materi Genetis : Kromosom dan Gen Beserta Contohnya

Amongguru.com. Materi Genetis : Kromosom dan Gen Beserta Contohnya.

Manusia, hewan, dan tumbuhan memiliki sifat yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Sifat-sifat beda yang terdapat pada makhluk hidup dikendalikan oleh materi genetis. Materi genetis ini berupa substansi yang disebut gen.

Materi Genetis : Kromosom dan Gen Beserta Contohnya
Materi Genetis : Kromosom dan Gen Beserta Contohnya

Jumlah gen sangat banyak untuk menyeimbangi banyaknya makhluk hidup. Kumpulan gen-gen tersebut dinamakan kromosom. Kromosom akan menempati sebuah sel dan sel tersebut memiliki kromosom yang berbeda-beda.

Terdapat dua maca kromosom yang ada pada sel kelamin, yaitu kromosom X dan kromosom Y. Pada wanita, kromosomnya adalah XY dan pada pria adalah XY.

1. Kromosom

Kromosom merupakan benang-benang halus yang berfungsi sebagai pembawa informasi genetis kepada keturunannya, Apabila sel yang sedang aktif untuk membelah dilihat di bawah mikroskop biasa, maka akan terlihat benang-benang kroamatin.

Benang tersebut akan memendek, menebal, dan mudah menyerap zat warna, sehingga tampak seperti benang halus.

Setiap spesies makhluk hidup memiliki kromosom yang khas dan tetap. Jumlah kromosom antara jenis yang satu dengan lainnya berbeda-beda. Terdapat dua jenis kromosom, sebagai berikut.

  • Kromosom homolog 

Kromosom homolog adalah kromosom yang berpasang-pasangan, selalu mempunyai bentuk, panjang, letak sentromer dan struktur yang sama atau hampir sama. Sentromer adalah kepala atau pusat kromosom, letaknya ada yang di tengah, ujung, dan sepertiga panjang kromosom.

Pada tubuh manusia, terdapat 46 kromosom, terdiri atas 23 kromosom berpasangan (homolog). Setiap pasang kromosom homolog adalah satu macam, sehingga kromosom sel tubuh terdiri atas 23 macam.

  • Kromosom diploid (n)

Ploid adalah jumlah pernagkat kromosom, jadi kromosom diploid adalah dua perangkat kromosom. Kromosom diploid terjadi karena kromosom selalu berpasangan (homolog), maka di dalam setiap inti sel tubuh terdapat dua set atau dua perangkat kromosom (diploid).

  • Kromosom haploid (n)

Haploid adalah kromosom yang tidak memiliki pasangan atau hanya memiliki seperangkat kromosom. Pada waktu pembentukan sel kelamin, sel induk kelamin akan membelah secara meiosis sehingga sel kelamin berisi kromosom setengah dari jumlah kromosom sel induknya.

Jadi, kromosom sel kelamin manusia tetap mengandung 23 kromosom, akan tetapi tidak berpasangan.

Pada saat terjadi pembelahan, kromosom sel kelamin bergabung dalam zigot. kromosoKromosom yang disumbangkan adalah kromorosm haploid., kemudian kromosom haploid berpasang-pasangan membentuk kromosom homolog, selanjutnya zigot menjadi kromosom diploid.

Tahap berikutnya sigot membelah secara mitosis berulang kali sehingga dihasilkan tubuh manusia seutuhnya. Pada masa pubertas, kelenjar kelamin akan membentuk sel kelamin yang berisi seperangkat kromosom (diploid).

2.  Gen

Gen adalah bagian dari kromosom atau satu kesatuan kimia dalam kromosom yang mengendalikan ciri genetis suatu makhluk hidup. Gen bersifat menurun dari induk kepada anaknya,

Pembelahan kromosom akan terjadi pada saat sel akan membelah. Sebelum pembelahan kromosom, akan terjadi penggandaan sel yang terdapat di dalam kromosom. Sehingga urutannya adalah penggandaan gen, pembelahan kromosom, dan pembelahan sel.

Susunan gen yang mementukan sifat suatu individu disebut genotipe. Genotip akan memunculkan sifat fenotipe. Genotip merupakan sifat makhluk hidup yang tidak tampak dari luar, sehingga tidak dapat diamati dengan alat indra.

Sifat genotipe biasanya akan disimbolkan dengan sepasang huruf, misalnya gen rambut lurus disimbolkan dengan LL, gen warna merah disimbolkan dengan MM, gen buah bulat disimbolkan dengan huruf BB.

Simbol genotipe tidak hanya menggunakan huruf besar, akan tetapi juga huruf kecil. Huruf besar menandakan sifat dominan (menang, menutupi), sedangkan huruf kecil berarti sifat resesif (kalah, tertutupi).

Misalnya TT berarti sifat tinggi dan tt berarti sifat rendah. Sifat tinggi akan mendominasi sifat rendah, sehinga jika disilangkan akan menghasilkan keturunan yang bersifat tinggi (Tt). Genotipe yang tersusu dari sifat dominan saja (AA) atau resesif saja (aa) disebut homozigot. Sedangkan genotipe nyang tersusun dari sifat dominan dan resesif (Aa) disebut heterozigot.

Fenotipe adalah sifat makhluk hidup yang tampak sehingga dapat diamati oleh alat indra. Misalnya, rasa buah manis, rambut lurus, bentuk bulat halus, batang tinggi. Fenotipe ditentukan oleh faktor genotipe dan lingkungan.

Demikian ulasan mengenai Materi Genetis : Kromosom dan Gen Beserta Contohnya . Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan