Materi Fisika Energi dan Perubahannya Dilengkapi Contoh Gambar

Amongguru.com. Materi Fisika Energi dan Perubahannya Dilengkapi Contoh Gambar.

Kehidupan di dunia ini tidak akan ada jika seandainya tidak ada energi. Energi terdapat dimana-mana dan dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Energilah yang melatarbelakangi setiap kejadian di bumi.

Semua makhluk hidup membutuhkan energi untuk kelangsungan hidup mereka. Tumbuhan dan hewan memperoleh energi dari alam untuk pertumbuhan dan kelestariannya. Manusia memanfaatkan energi yang berasal dari otot mereka untukm melakukan kegiatan sehari-hari.

Manusia juga telah mengembangkan berbagai cara pemanfaatan energi yang tersedia untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Materi Fisika Energi dan Perubahannya Dilengkapi Contoh Gambar

Pengertian Energi

Setiap saat manusia memerlukan energi yang sangat besar untuk menjalankan kegiatannya sehari-hari, baik untuk kegiatan jasmani maupun kegiatan rohani. Berpikir, belajar, bekerja, dan bernyanyi memerlukan energi yang cukup besar. Energi tersebut dapat diperoleh dari makanan yang dimakan oleh manusia.

Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa energi adalah kemampuan untuk melakukan suatu usaha atau kerja. Satuan energi dalam Sistem Internasional (SI) adalah Joule (J). Satuan energi dalam sistem yang lain, yaitu kalori erg. dan kWh (kilo watt hours).

Kesetaraan Joule dengan kalor adalah sebagai berikut.

1 kalori = 4,2 joule

atau

1 joule = 0,24 kalori

Bentuk-bentuk Energi

Energi yang paling besar adalah energi matahari. Jarak matahari ke bumi adalah 149.600 juta kilometer dan memungkinkan energi panas yang diterima manusia di bumi tidak membahayakan.

Energi panas dari sinar matahari sangat bermanfaat bagi bumi dan dapat menghasilkan energi-energi yang lain di bumi. Caranya adalah dengan mengubah energi matahari menjadi energi yang lain, misalnya energi kimia, energi listrik, energi bunyi, dan energi gerak.

1. Energi kimia

Energi kimia merupakan energi yang tersimpan di dalam persenyawaan kimia. Makanan banyak mengandung energi kimia yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Energi kimia juga terkandung dalam bahan minyak bumi yang berfungsi sebagai bahan bakar.

Energi kimia dalam makanan maupun energi kimia dalam minyak bumi semuanya berasal dari energi matahari.

Energi cahaya matahari sangat diperlukan untuk proses fotosintesis pada tumbuhan sehingga mengandung energi kimia. Tumbuhan dimakan manusia dan hewan, sehingga mereka memiliki energi kimia tersebut.

Tumbuhan dan hewan yang sudah mati milyaran tahun yang lalu akan menghasilkan minyak bumi, yang bermanfaat sebagai bahan bakar untuk menggerakan kendaraan, mesin pabrik, dan juga kegiatan memasak.

2.  Energi listrik

Energi listrik adalah salah satu bentuk energi yang paling banyak digunakan oleh penduduk bumi. energi ini dipindahkan dalam bentuk aliran muatan listrik melalui kawat logam konduktor  yang dinamakan arus listrik.

Energi listrik dapat diubah menjadi bentuk energi yang lain, seperti energi gerak, energi cahaya, energi panas, dan energi bunyi. Sebaliknya, energi listrik dapat berupa hasil perubahan energi yang lain, misalnya dari energi matahari, energi gerak, energi potensial air, energi kimia gas alam dan energi uap.

3.  Energi panas

Sumber energi panas yang sangat besar berasal dari matahari. Sinar matahari dengan panasnya yang tepat dapat membantu makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupan dan berkembang biak.

Energi panas pun merupakan hasil dari perubahan energi yang lain, seperti dari energi listrik, energi gerak, dan energi kimia. Energi panas dimanfaatkan untuk membantu manusia melakukan usaha, seperti memasak, mendidihkan air, dan menyeterika pakaian.

4.  Energi mekanik

Mengapa buah mangga jatuh dari pohonnya? Untuk melakukan kerja supaya mangga dapat jatuh dari pohonnya, maka buah mangga tersebut harus memiliki energi. Terdapat dua energi yang saling mempengaruhi ketika buah mangga jatuh, yaitu energi yang diakibatkan oleh ketinggian dan energi karena benda bergerak.

Energi yang dimiliki benda karena ketinggian atau kedudukannya disebut energi potensial. Energi potensial buah mangga diakibatkan oleh adanya gaya tarik bumi, sehingga jatuhnya menuju ke pusat bumi.

Energi potensial akibat gravitasi bumi disebut energi potensial gravitasi. Energi potensial gravitasi pun dapat diakibatkan oleh tarikan benda-benda lain, seperti tarikan antarplanet. Sedangkan energi potensial yang dimiliki benda akibat pegas atau karet yang direnggangkan disebut energi potensial pegas.

Energi potensial dipengaruhi oleh massa benda, percepatan gravitasi, dan ketinggian benda. Secara matematis, besarnya energi potensial dituliskan sebagai berikut.

Ep = m x g x h

dengan :

Ep = energi potensial (J)

m = massa benda (kg)

g = konstanta gravitasi (m/s2)

h = ketinggian benda (m)

Energi yang dimiliki benda karena geraknya dinamakan energi kinetik. Besarnya energi kinetik tergantung pada massa benda dan kecepatan benda tersebut. Secara matematis, besarnya energi kinetis suatu benda dapat dituliskan sebagai berikut.

Ek = 1/2 x m x v2

dengan :

  • Ek = energi kinetik (J)
  • m = massa benda (kg)
  • v = kecepatan (m/s)

Energi mekanik merupakan penjumlahan dari energi potensial dan energi kinetik.

Demikian ulasan tentang Materi Fisika Energi dan Perubahannya Dilengkapi Contoh Gambar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan