Materi dan Contoh Soal Tes Intelegensia Umum Seleksi CPNS 2017

Materi dan Contoh Soal Tes Intelegensia Umum Seleksi CPNS 2017

Amongguru.com. Tes Intelegensi Umum (TIU) merupakan salah satu bentuk tes Kompetensi Dasar dalam seleksi CPNS tahun 2017 ini. Selain Tes Intelegensia Umum (TIU), terdapat dua bentuk tes lagi yang dujikan dalam tes Kompetensi Dasar, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWB), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Baca juga : Materi 4 Pilar Kebangsaan Tes Kompetensi Dasar CPNS Tahun 2017.

Tes Intelegensia Umum (TIU) adalah  tes yang digunakan untuk mengukur intelegensi peserta ujian CPNS dalam verbal (bahasa),analisa numerik (angka), serta berpikir logis dan analitis. Materi analisa verbal, meliputi persamaan kata (sinonim), lawan kata (antonim), padanan hubungan kata, dan pengelompokkan kata.

Materi analisa numerik, meliputi aritmetik (hitungan), seri angka, seri huruf, logika angka, dan angka dalam cerita. Sedangkan materi berpikir kritis dan logis, meliputi logika umum, analisa pernyataan, kesimpulan (silogisme), dan logika cerita.

Sebagai informasi, passing grade (nilai ambang batas) Tes Integensia Umum seleksi CPNS tahun 2017 berdasarkan PermenpanRB Nomor 22 Tahun 2017 adalah sebesar 80. Ini artinya, apabila nilai peserta ujian pada Tes Intelegensia Umum (TIU) berada di bawah passing grade tersebut, dipastikan peserta ujian tersebut tidak lulus.

Melihat passindan grade yang cukup tinggi tersebut, maka sebaiknya peserta ujian benar-benar mempersiapkan diri dalam belajar. Apalagi tercatat jumlah pelamar yang cukup banyak untuk tahun ini, juga perlu menjadi perhatian peserta ujian. Persaingan yang semakin ketat jika tidak diimbangi dengan persiapan yang matang, rasanya yang dilakukan menjadi sia-sia belaka.

Materi dan Contoh Soal Tes Intelegensia Umum Seleksi CPNS 2017

Berikut ini adalah beberapa materi dan contoh soal Tes Intelegensia Umum seleksi CPNS 2017 yang dapat Anda manfaatkan untuk referensi belajar, dalam mempersiapkan diri mengikuti tes Kompetensi Dasar pada tahun 2017 ini.

1. Persamaan Kata (Sinonim)

Persamaan kata atau sinonim merupakan bentuk kata yang memiliki kemiripan makna atau sama dengan bentuk kata lain. Materi dan kumpulan contoh persamaan kata (sinonim) dapat Anda lihat di sini.

2. Lawan Kata (Antonim)

Lawan kata (antonim) merupakan bentuk kata yang maknanya berlawanan dengan kata tersebut. Materi dan contoh lawan kata (antonim) dapat Anda lihat di sini.

3. Hubungan/Padanan Kata (Analogi)

Padanan kata (analogi) untuk mengenali hubungan atau keterkaitan yang ada antara kata-kata dalam pasangan kata. Beberapa contoh hubungan yang mungkin ditemukan dalam pertanyaan analogi adalah hubungan ukuran, jenis, gelar, atau kedekatan spasial. Contoh soal padanan kata (analogi) dapa Anda lihat di sini.

4. Berpikir Logis (Silogisme)

Tes berpikir logis (silogisme) merupakan tes penalaran yang bertujuan untuk menguji kemampuan dalam menarik simpulan dari beberapa pernyataan (premis) menggunakan prinsip logika. Materi berpikir logis (silogisme) dan contohnya dalat Anda lihat di sini.

5. Kemampuan Numerik (Angka)

Tes kemampuan numerik bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung dengan benar dalam waktu yang terbatas. Soal-soal perhitungan yang umum diujikan adalah aritmatika dasar, seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian. Materi lengkap kemampuan numerik dapat Anda lihat di sini.

6. Deret Angka dan Huruf

Tes potensi akademik pada materi deret angka dan huruf biasanya meminta Anda untuk melengkapi deretan angka atau huruf yang belum lengkap. Anda harus terbiasa untuk mengerjakan latihan soal deret angka maupun deret huruf ini, karena bentuk soal tersebut lebih bersifat pembiasaan berpikir. Contoh soal deret angka dan huruf di sini.

7. Deret Gambar

Tes deret gambar bertujuan untuk menemukan satu gambar yang cocok, melanjutkan soal gambar yang disediakan. Contoh soal deret gambar dapat Anda lihat di sini.

Baca juga :

Demikian yang dapat Admin bagikan mengenai Materi dan Contoh Soal Tes Intelegensia Umum Seleksi CPNS 2017.

Semoga dapat membantu Anda dalam belajar mempersiapkan diri menghadapi tes CPNS tahun 2017 ini.

 

Tinggalkan Balasan