Materi Bidang Miring Pesawat Sederhana dan Contoh Penerapannya

Materi Bidang Miring Pesawat Sederhana dan Contoh Penerapannya

Amongguru.com. Pesawat sederhana dapat diartikan sebagai semua alat sederhana yang difungsikan untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia.

Pada kesempatan kali ini, akan saya bagikan informasi mengenai Materi Bidang Miring Pesawat Sederhana dan Contoh Penerapannya. Bidang miring merupakan salah satu pesawat sederhana yang digunakan untuk memindahkan  barang dengan lintasan miring.

Dengan menggunakan bidang miring, maka beban yang berat jika dipindahkan ke tempat lebih tinggi menjadi lebih mudah dan ringan. Gaya yang kita keluarkan menjadi lebih kecil apabila kita memindahkan barang menggunakan bidang miring. Semakin landai suatu bidang miring, maka semakin ringan pula beban yang kita pindahkan.

Meskipun penggunaan bidang miring memiliki keuntungan dapat memindahkan benda ke tempat lebih tinggi dengan gaya yang kecil, akan tetapi kelemahannya adalah jarak yang ditempau menjadi lebih jauh dan membutuhkan waktu yang lama untuk memindahkan.

Jalan yang berkelok-kelok menuju bukit adalah salah satu contoh bidang miring. Mengapa dibuat berkelok-kelok? Jawabannya adalah agar pengendara dapat lebih mudah dalam melewati jalan yang menanjak.

Materi Bidang Miring Pesawat Sederhana dan Contoh Penerapannya

Contoh penerapan bidang miring lainnya adalah pada saat orang memindahkan drum ke dalam bak truk dengan menggunakan papan sebagai bidang miringnya. Drum yang besar dan tersebut dapat lebih mudah dipindahkan ke atas truk.

Materi Bidang Miring Pesawat Sederhana dan Contoh Penerapannya

Anak tangga yang dibuat di dalam rumah, juga merupakan contoh dari bidang miring. Dengan melewati anak tangga yang berkelok, maka kita akan lebih mudah mencapai posisi lebih atas dalam sebuah rumah dengan gaya lebih kecil.

Di dalam kehidupan sehari-hari, prinsip kerja bidang miring banyak digunakan pada alat bantu kerja manusia, misalnya baji dan skrup.

Baji merupakan benda keras yang terbuat dari logam dengan salah satu ujungnya dibuat tebal dan ujung yang lainnya dibuat lebih tipis, sehingga bagian ujung yang tipis tersebut menjadi lebih tajam. Pada kehidupan jaman dahulu, baji digunakan untuk membelah kayu, memotong hewan, dan juga memotong benda-benda lain yang tidak bisa dipotong dengan tangan.

Di jaman sekarang, banyak sekali peralatan rumah tangga yang dibuat dalam bentuk baji, misalnya kapak, pisau, paku, dan pahat.

Materi Bidang Miring Pesawat Sederhana dan Contoh Penerapannya

Kapak biasanya digunakan untuk membelah kayu yan keras. Pisau dipakai sebagai alat pemotong benda. Paku digunakan untuk menyambung atau menempelkan benda. Sedangkan pahat adalah alat yang digunakan untuk mengukir atau memahat.

Skrup merupakan bidang miring yang melilit pada sebuah silinder, sehingga apabila skrup ini diulir akan dapat bergerak maju mundur.

Materi Bidang Miring Pesawat Sederhana dan Contoh Penerapannya

Secara sederhana, komponen-komponen sistem kerja bidang miring dapat digambarkan sebagai berikut.

Materi Bidang Miring Pesawat Sederhana dan Contoh Penerapannya

Keterangan :

w = beban yang dipindahkan (satuan Newton)

F = kuasa untuk memindahkan beban (satuan Newton)

s = panjang papan bidang miring (satuan meter)

h = tinggi bidang miring (satuan meter)

Hubungan antara beban (w), kuasa (F), panjang bidang miring (s), dan tinggi bidang miring (h) sebagai berikut.

w x h = F x s

Keuntungan Mekanik Bidang Miring
Keuntungan yang didapatkan apabila menggunakan bidang miring sebagai alat bantu kerja dinamakan keuntungan mekanik bidang miring. Besarnya keuntungan mekanik dinyatakan sebagai perbandingan antara berat beban yang akan diangkat dengan besar gaya kuasa yang diperlukan.

Keuntungan mekanik bidang miring juga dapat diartikan sebagai perbandingan antara panjang bidang miring dengan tinggi bidang miring.

Km = w/F = s/h

Baca juga : Materi Pengungkit pada Pesawat Sederhana dan Contohnya dalam Kehidupan.

Demikian ulasan mengenai Materi Bidang Miring Pesawat Sederhana dan Contoh Penerapannya. 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah referensi belajar Anda.

 

Tinggalkan Balasan