Manfaat Vitamin D untuk Penderita Diabetes yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Vitamin D untuk Penderita Diabetes yang Perlu Anda Ketahui

Amongguru.com. Diabetes sampai saat ini masih menjadi masalah kesehatan global yang semakin tahun makin meningkat jumlah penderitanya.

Gaya hidup yang tidak sehat diduga menjadi faktor pemicu meningkatnya jumlah penderita diabetes.

Kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan tinggi gula, lemak, dan garam menjadikan orang tidak sadar dirinya sedang di intai oleh penyakit mematikan tersebut.

Diabetes adalah penyakit tersembunyi yang datangnya tiba-tiba dan lebih dari lima puluh persen penderita tidak menyadarinya.

Diabetes disebabkan karena malfungsi dari hormon insulin yang dihasilkan pankreas, dimana hormon tersebut tidak mampu mengatur kadar gula dalam darah.

Akibatnya, terjadi peningkatan kadar gula darah karena tidak dapat diubah menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh.

Pada umumnya penderita diabetes akan mengalami kekurangan vitamin D. Apabila kadar serum vitamin D kurang dari 31 nano meter per desi liter, maka dipastikan seseorang akan mengalami defisiensi vitamin tersebut.

Di saat yang bersamaan, apabila seseorang kekurangan vitamin D, maka akan mengalami peningkatan kadar hemoglobin yang sangat tinggi, yang menunjukkan adanya ketidaktepatan dalam pengontrolan gula darah.

Hal inilah yang menjadikan kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan diabetes, karena vitamin D berperan penting dalam mengatur kekebalan tubuh dan autoimun.

Berdasarkan penelitian, diabetes tipe 1 merupakan penyakit autoimun kronis yang selalu meningkat 3 sampai 5 persen per tahun.

Penyakit ini saat ini menjadi kelainan metabolik yang paling umum terjadi pada anak di bawah usia 10 tahun.

Autoimun tersebut terdeteksi oleh antibodi yang muncul pada sistem kekebalan tubuh, menyerang sel-sel pankreas yang menghasilkan hormon insulin.

Diabetes tipa 1 dikenal denganĀ insulin dependent, merupakan kondisi dimana produksi insulin berkurang dan membutuhkan suntikan insulin setiap hari.

Gejala utama diabetes tipe ini adalah eksresi urine yang berlebihan, rasa haus dan lapar yang terus menerus, penurunan berat badan secara drastis, mudah lelah dan mengantuk, serta penglihatan kabur.

Fungsi Vitamin D Bagi Penderita Diabetes

Vitamin D bagi penderita diabetes sangat penting untuk membantu proses perbaikan metabolisme glukosa dan untuk meningkatkan aktivitas insulin.

Di dalam tubuh, vitamin D akan membantu dalam meningkatkan produksi insulin secara alami. Vitamin D juga membantu respon insulin terhadap gula darah.

Apabila seseorang memiliki cukup vitamin D dalam tubuhnya, maka akan menurunkan resiko terkena penyakit diabetes, karena produksi insulin dalam tubuh akan berlangsung dengan lancar dan tidak akan terjadi penumpukan glukosa dalam darah.

Baca juga :

Demikian informasi mengenai manfaat Vitamin D untuk penderita diabetes. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan