Manfaat Rahasia Kulit Jeruk Untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit Anda

Manfaat Rahasia Kulit Jeruk Untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit Anda

Amongguru.com. Kulit jeruk sering dibuang begitu saja setelah kita menyantap buahnya, karena dianggap sebagai sampah. Tetapi, tahukan Anda, bahwa ternyata kulit jeruk menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit?

Berdasarkan hasil penelitian, kulit jeruk kaya akan asam buah dan vitamin C. Kulit jeruk bahkan mengandung lebih banyak fitonutrien dan flavonoid dibandingkan daging buahnya. Beberapa zat yang terkandung dalam kulit jeruk tersebut memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan serta kecantikan kulit.

Berikut ini beberapa manfaat rahasia kulit jeruk untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengatasi keriput dan mencegah penuaan dini

Kandungan flavonoid yang tinggi pada kulit jeruk berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Flavonoid dapat mencegah oksidasi dalam sel tubuh.

Kulit jeruk mampu menghalangi reaksi oksidasi jahat yang dapat mengentalkan darah, sehingga peredaran darah menjadi lancar, kulit wajah tidak mudah menjadi keriput, dan mencegah penuaan dini.

Pemakaiannya dapat dengan cara menjemur kulit jeruk sampai kering, selanjutnya ditumbuk atau diblender hingga menjadi bubuk, agar dapat digunakan untuk masker, scrub dan toner.

2.  Membantu Mengurangi Obesitas

Obesitas (kelebihan berat badan) terjadi jika asupan kalori yang masuk ke tubuh kita tidak diimbangi dengan aktivitas yang cukup untuk pembakaran, sehingga terjadi penimbunan lemak.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada kulit jeruk terbukti mampu membantu menurunkan berat badan. Kulit jeruk mampu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran kalori dalam tubuh dapat berlangsung lebih cepat.

Anda dapat mengeringkan beberapa lembar kulit jeruk organik. Setelah kering, masukkan satu sendok makan kulit jeruk kering tersebut ke dalam secangkir air panas, tutup gelas, dan diamkan selama 10 menit.

Buang kulit jeruk tadi dan masukkan beberapa sendok madu. Minum kurang lebih dua cangkir teh per hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3.  Menghilangkan Plak dan Memutihkan Gigi

Plak gigi adalah bakteri atau kotoran yang menempel dan hidup di dalam rongga mulut akibat sisa makanan pada gigi. Apabila dibiarkan, plak gigi yang semula berwarna kuning akan semakin mengeras dan menghitam, sehingga akan terlihat seperti batu karang yang menempel pada gigi.

Kulit jeruk memiliki kandungan senyawa yang disebut d-limonene. Senyawa tersebut dapat membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang dikarenakan oleh plak. Gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi Anda selama dua sampai tiga menit, lalu bilas. Lakukan dengan teratur dua kali sehari, sehingga gigi Anda akan kembali memutih.

4.  Mengatasi Masalah Pernapasan

Kandungan vitamin A dan vitamin C pada kulit jeruk dapat membantu memperbaiki sistem pernapasan Anda yang terganggu. Kedua vitamin tersebut adalah sumber antioksidan yang sangat baik untuk mencegah flu, deman, dan infeksi bakteri atau virus lainnya.

Anda dapat mengolah kulit jeruk menjadi bubuk untuk difungsikan sebagai teh. Jika diminum dengan rutin, bubuk kulit jeruk dapat membantu memperbaiki sistem pernapasan, meringankan batuk, asma, dan bronkitis.

5. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Ekstrak kulit jeruk dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan. Kulit jeruk mengandung serat tinggi yang bermanfaat untuk mencegah sembelit (susah buang air besar) dan perut kembung.

Kandungan minyak esensial d-limonene pada kulit jeruk akan mampu menghilangkan gas, mulas, dan mengontrol kadar asam pada lambung Anda. Minyak tersebut memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi yang mampu meredakan asam lambung dan menjaga gerakan usus agar tetap normal selama proses pencernaan berlangsung.

Anda dapat mencampurkan kulit jeruk dan sedikit garam dalam air lalu rebus selama 20 menit. Minum ramuan tersebut dalam keadaan hangat pada saat Anda merasaan gangguan pencernaan.

6.  Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur sesuai waktu yang dibutuhkan tubuh. Efek dari insomnia adalah menurunnya kondisi fisik penderita karena berkurangnya waktu tidur, sehingga aktivitas menjadi tidak maksimal.

Minyak esensial dari kulit jeruk dapat menjadi obat penenang alami untuk menenangkan saraf dan membantu proses tidur seseorang yang mengalami gangguan. Anda dapat merebus kulit jeruk ke dalam  panci, kemudian tambahkan beberpa butir kayu manis dan kapulaga.

Pindahkan rebusan tersebut ke dalam baskom atau mangkuk kecil dan letakkan di sebelah posisi tidur Anda. Hirup aroma yang keluar dari rebusan tersebut untuk memberikan efek yang menenangkan.

7. Membantu Menghilangkan Ketombe

Kulit jeruk dapat membantu menghilangkan ketombe pada rambut kepala Anda. Anda dapat mengoleskan kulit jeruk pada kulit kepala Anda dan mendiamkannya selama semalam untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Kulit jeruk juga dapat menjadi sampo alami untuk mengusir ketombe. Kulit jeruk yang sudah ditumbuk menjdi serbuk dapat ditambah sedikit air kemudian dijadikan sampo untuk menghilangkan ketombe.

Kulit jeruk selain efektif untuk mengusir ketombe juga ampuh dalam mengatasi rambut rontok dan membuat rambut Anda lebih kuat serta bercahaya. Anda dapat menggunakan rebusan kulit jeruk atau bubuk kulit jeruk dengan ditambah sedikit madu lalu diseduh dengan air hangat sebagai kondisioner alami.

Oleskan secara merata pada rambut, pijat perlahan, dan diamkan selama dua sampai tiga menit. Selanjutnya bilas rambut dengan air dingin. Lakukan secara teratur, maka Anda akan melihat rambut Anda lebih halus dan bercahaya.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Rahasia Kulit Jeruk Untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan