Manfaat Puasa untuk Meningkatkan Kecerdasan Berpikir Otak

Amongguru.com. Manfaat Puasa untuk Meningkatkan Kecerdasan Berpikir Otak.

Puasa memiliki segudang manfaat yang sudah diteliti secara ilmiah, baik manfaat secara jasmani, rohani, maupun sosial. Diantara banyak manfaat puasa tersebut, salah satunya adalah meningkatkan kecerdasan otak.

Otak merupakan bagian penting pada tubuh manusia. Otak berperan dalam mengendalikan seluruh aktivitas tubuh yang didasari, termasuk kemampuan dalam berpikir. Otak juga memiliki kemampuan untuk berubah dan beradaptasi dengan kebutuhan, atau dikenal dengan istilah plastisitas.

Sekitar 80 persen dari tulang tengkorak manusia adalah otak. Apabila digabungkan, berat cairan dan darah yang ada dalam otak kurang lebih 1,7 liter.

Berat otak manusia dewasa mencapai 1,3 kilogram. Otak tersusun atas jaringan yang sangat rumit dan berkerja atas dasar informasi yang diterima dengan bantuan saraf dan hormon. Otak mempunyai 100 juta sel saraf (neuron) untuk membantu kinerjanya.

Secara keseluruhan, otak manusia dibagi menjadi empat bagian, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), batang otak (brainsteam), dan sistem limbik (system limbic). Berikut ini penjelasan sekilas tentang masing-masing bagian otak tersebut.

  • Otak Besar (Cerebrum)

Otak besar adalah bagian yang terbesar pada otak. Otak besar merupakan bagian yang membedakan antara otak manusia dengan otak hewan. Otak manusia dilengkapi denhgan otak besar sehingga dapat berpikir, mengendalikan mengingat, dan berbicara. Kecerdasan seseorang juga turut diukur berdasarkan kemampuan otak besarnya.

  • Otak Kecil (Cerebelllum)

Otak kecil berhubungan erat dengan fungsi gerakan manusia, seperti mengontrol gerak koordinasi antar otot, mengatur keseimbangan tubuh, dan mengatur sikap serta posisi tubuh.

Tanpa otak kecil, maka gerakan yang dilakukan menjadi tidak terkoordinasi dengan baik, sehingga mengakibatkan seseorang tidak dapat menggunakan otot-ototnya untuk melakukan aktivitas.

  • Batang Otak (Brainsteam)

Batang otak terletak di leher bagian atas dan memanjang sampai ke sumsum tulang belakang manusia. Batang otak mengatur fungsi dasar manusia, seperti mengatur proses pernapasan, proses denyut jantung, dan proses kerja ginjal.

Di bidang medis dikenal dengan istilah mati batang otak, yaitu suatu kondisi cederanya batang otak yang mengakibatkan orang tersebut mati secara biologis.

  • Sistem limbik

Sistem limbik adalah bagian otak yang terletak di tengah-tengah otak. Sistem limbik merupakan bagian otak yang berhubungan dengan alam sadar manusia., pusat emosi, pusat data, pusat haus, pusat lapar, dan pusat dorongan seks.

Bahkan sistem limbik menjadi pusat bagi segala nafsu manusia, tempat penghargaan, kejujuran, dan tempat bermuaranya cinta dan benci.

Manfaat Puasa untuk Meningkatkan Kecerdasan Berpikir Otak

Salah satu manfaat berpuasa yang sudah diteliti secara ilmiah adalah dapat meningkatkan kecerdasan berpikir. Melalui berpuasa, maka kita akan merevitalisasi otak. Efek positif dari berpuasa adalah berkurangnya za-zat beracun pada oksigen bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Berkurangnya zat beracun ini menjadikan sel-sel tubuh kita bekerja lebih baik, termasuk sel-sel otak, sehingga kecerdasan otak akan lebih meningkat. Selain itu, energi yang digunakan untuk berpikir menjadi lebih banyak ketika berpuasa, karena pada saat berpuasa, energi dialihkan sementara dari sistem pencernaan dan digunakan untuk aktivitas lain.

Dengan berpuasa, maka neurotropik yang diturunkan oleh otak akan mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah neurotropik ini akan membantu tubuh dalam memproduksi lebih banyak sel-sel otak untuk meningkatkan fungsi otak, termasuk fungsi dalam berpikir.

Puasa membuat seseorang dapat berpikir secara lebih tajam dan kreatif. Rasa lapar akan memaksa kita untuk berpikiran secara lebih tajam, kreatif, dan rasional. Hal ini relevan dengan hasil penelitian bahwa pikiran yang melambat akan membuat otak bekerja menjadi lebih tajam.

Saat berpuasa, akan terjadi penurunan jumlah hormon kortisol yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal. Kondisi ini dapat membuat seseorang menurunkan tingkat stres selama menjalankan puasa. Kecerdasan emosi akan tercipta ketika sedang berpuasa, tidak hanya kecerdasan secara intelektual saja.

Berpuasa juga mampu meningkatkan kecerdasan spiritual. Melalui puasa, maka akan tercipta kedekatan yang lebih dengan Sang Pencipta. Pada saat berpuasa, kecederungan untuk melakukan berbagai ibadah akan ikut meningkat.

Kecerdasan integratif dari berpuasa (kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual) ini akan dapat diperoleh apabila puasa dilakukan secara sungguh-sungguh, semata-mata untuk mendapatkan ridha-Nya.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Puasa untuk Meningkatkan Kecerdasan Berpikir Otak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan