Manfaat Petai untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Petai untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

Amongguru.com. Jika berbicara tentang manfaat petai untuk menjaga kesehatan tubuh kita, maka yang ada dalam benak kita adalah apakah iya, petai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mengingat karakter baunya yang khas dan menyengat?

Bahkan, oleh sebagian orang petai dianggap sebagai makanan yang dibenci dan harus dijauhi. Baunya yang menusuk hidung, menyebabkan petai dijauhi dari orang yang memang tidak tahan bau menyengat.

manfaat petai untuk menjaga kesehatan tubuh kita
Buah petai

Ternyata bau tidak sedap pada petai karena adanya kandungan asam amino yang tinggi. Meskipun dibenci, nyatanya petai tetap populer di Indonesia. Banyak orang yang rela berburu petai meskipun belum musimnya.

Bagi penggila petai, makanan dirasa kurang lengkap dan nikmat tanpa adanya petai. Petai banyak digunakan untuk lalapan. dijadikan sebagai sambal, maupun untuk campuran olahan masakan.

Petai bahkan juga sudah dikenal sampai ke negara lain. Di Amerika, petai adalah salah satu jenis makanan yang baunya paling buruk, tapi di sana banyak juga yang mengkonsumsi.

manfaat petai untuk menjaga kesehatan tubuh kita
Aneka olahan petai

Dibalik baunya yang tidak sedap, petai ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa penelitian telah membuktikan manfaat petai bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat petai untuk menjaga kesehatan tubuh kita yang perlu Anda ketahui.

  1. Membantu meredakan depresi; petai mengandung zat tryptophan yang dapat meredakan depresi pada diri seseorang. Zat typtophan pada petai mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks, memperbaiki kondisi emosi, dan membuat tubuh terasa lebih bahagia.
  2. Mencegah terjadinya anemia; biji petai mengandung zat besi tinggi yang berfungsi untuk mencegah anemia, dengan ciri-ciri mudah letih, lesu, tidak bertenaga, dan tidak bersemangat.
  3. Mencegah gangguan Pre Menstrual Syndrom (PMS); Pre Menstrual Syndrom yang dialami wanita, biasanya membuat seorang wanita cepat berubah suasana hatinya. Kandungan vitamin B1 pada petai, dapat mengatur kadar gula darah dan juga dapat membantu memperbaiki suasana hati atau mood seseorang.

    manfaat petai untuk menjaga kesehatan tubuh kita
    Petai dapat mengurangi stress dan depresi
  4. Menurunkan tekanan darah tinggi; mengkonsumsi petai mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang beresiko pada penyakit mematikan, seperti stroke dan jantung.
  5. Meningkatkan kemampuan berpikir; buah petai juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi untuk membantu meningkatkan kemampuan kognitif. Hasil penelitian yang dilakukan di Inggris, siswa yang mengkonsumsi petai saat sarapan hingga siang hari, mampu mengerjakan soal-soal dengan cukup mudah.
  6. Menghilangkan gatal karena gigitan serangga; kulit biji petai dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga. Caranya adalah mengambil bagian dalam kulit petai, kemudian digosokkan pada daerah yang terkena gigitan serangga.
  7. Menjaga kesehatan lambung; biji petai tidak menimbulkan efek negatif pada lambung, meskipun dimakan secara mentah. Bahkan, petai sangat baik untuk lambung karena dapat menetralisir asam lambung dan mencegah infeksi pada lambung.
  8. Menjaga kesehatan mata; vitamin A yang terkandung dalam petai berguna untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya gangguan pada mata.
  9. Mengatasi gangguan pencernaan; biji petai memiliki kandungan serat yang sangat tinggi untuk mencegah terjadinya gangguan-gangguan pencernaan yang anda alami. Gangguan gangguan pencernaan yang sering dialami, antara lain diare, sembelit, dan susah buang air kencing.
  10. Mencegah kegemukan; beberapa penelitian menyebutkan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan kegemukan adalah tingkat stress, depresi, atau tekanan hidup. Mengkonsumsi petai, dapat mengurangi faktor resiko tersebut, sehingga seseorang akan terhindar dari kegemukan.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai manfaat petai untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Semoga artikel tentang manfaat petai untuk menjaga kesehatan tubuh kita ini dapat menambah wawasan kita lebih dalam tentang petai. Petai yang selama ini hanya dikenal sebagai makanan berbau, ternyata memiliki segudang manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan