Manfaat Kencur Sebagai Tanaman Obat Untuk Kesehatan

Manfaat Kencur Sebagai Tanaman Obat Untuk Kesehatan

Amongguru.com. Kencur adalah salah satu jenis tanaman obat yang cukup lama dikenal oleh masyarakat. Kecur merupakan bahan jamu herbal yang sudah sangat populer, yaitu beras kencur.

Selain untuk bahan jamu, kencur juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional dengan cara dikonsumsi secara langsung atau diekstrak menjadi serbuk dan minyak.

Tanaman kencur dapat dengan mudah tumbuh pada dataran pegunungan yang tanahnya subur dan sedikit air. Tanaman herbal ini tumbuh menggeletak pada permukaan tanah dengan ciri helaian daun yang jarang.

Berikut ini beberapa manfaat kencur sebagai tanaman obat untuk kesehatan.

1. Meningkatkan nafsu makan

Kencur dipercaya mampu menambah nafsu makan, sehingga jamu beras kencur sering diberikan pada anak-anak yang susah makan.

Kandungan minyak atsiri pada kencur dapat meningkatkan nafsu makan pada anak-anak. Sedangkan untuk orang dewasa, kencur biasanya digunakan untuk penambah stamina tubuh.

2. Meredakan sakit maag

Mengonsumsi kencur dalam menurunkan asam lambung di dalam perut. Naiknya asam lambung dapat menyebabkan sakit maag.

Jika tidak segera di atasi, sakit maag dapat menyebabkan terjadinya pendarahan pada lambung. Asam lambung yang normal akan mencegah Anda dari serangan maag.

3. Mengobati perut kembung

Apabila Anda tiba-tiba mengalami perut kembung, maka dapat mengonsumsi kencur mentah yang dicampir dengan sedikit garam dan air hangat. Cara sederhana ini akan dapat mencegah terjadinya perut kembung.

4. Mengobati batuk

Kencur dapat dimanfaatkan untuk mengobati batuk. Beberapa kandungan senyawa dalam kencur berperan untuk meredakan batuk/

Pada saat batuk, Anda dapat meminum ramuan kencur untuk meneralkan batuk dan rasa pegal tubuh akibatnya. Ramuan kencur akan memberikan sensasi hangat dan lega di tenggorokan.

5. Mencegah flu

Bagi Anda yang sedang menderita pilek, minuman kencur dapat dijadikan alternatif untuk mengobatinya. Sensasi hangat dari ramuan kencur dipercaya ampuh untuk mengobati flu dan pilek.

Kehangatan dalam ramuan kencur dapat juga digunakan untuk menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh pilek.

6. Mencegah radikal bebas

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kencur dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit berbahaya, misalnya kanker.

Antioksidan pada tanaman kencur akan mampu menangkal radikal bebas penyebab berkembangnya sel kanker pada tubuh.

7. Menjaga stamina tubuh

Sensasi hangat dan segar pada ramuan kencur akan dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang, sehingga stamina tubuh akan tetap terjaga.

Anda dapat mengonsumsi ramuan kencur setiap malam sebelum tidur, sehingga keesokan harinya tubuh Anda akan merasakan segar kembali.

8.Mengobati sakit kepala

Kencur dapat digunakan untuk obat sakit kepala traumatis pada penderita migrain. Kencur bisa dijadikan sebagai alternatif obat untuk sakit kepala tanpa memiliki efek samping.

Dengan demikian, penderita migrain dapat memanfaatkan ramuan kencur untuk alternatif obat sakit kepala yang aman dikonsumi.

9. Melancarkan sistem pencernaan

Kencur mengandung serat tinggi yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Jika Anda mengalami kesulitan buang air besar (sembelit), dapat mengonsumsi kencur untuk mencegah sembelit tersebut.

10. Mengobati jerawat

Jerawat menjadi permasalahan tersendiri dalam merawat kecantikan wajah. Kencur dapat digunakan untuk mencegah munculnya jerawat.

Wanita yang sedang mengalami datang bulan (menstruasi) juga dianjurkan untuk mengonsumsi kencur, karena saat datang bulan, pertumbuhan jerawat cenderung meningkat.

11. Menurunkan kolesterol jahat

Mengonsumsi kencur baik secara teratur, baik dalam bentuk jamu atau langsung dikunyah, akan dapat membantu tubuh dalam memproduksi empedu.

Baca :

Cairan empedu berperan penting dalam penyerapan nutrisi dan menghilangkan racun (toksin). Apabila nutrisi dapat diserap dengan baik oleh tubuh, maka kadar kolesterol jahat juga akan menurun.

Demikian beberapa manfaat kencur sebagai tanaman obat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan