Manfaat Jagung Untuk Turunkan Tingginya Kadar Asam Urat Anda

Manfaat Jagung Untuk Turunkan Tingginya Kadar Asam Urat Anda

Amongguru.com. Tingginya kadar asam urat disebabkan oleh zat sisa metabolsme berupa purin yang menumpuk dalam tubuh. Kondisi tersebut selanjutnya akan menimbulkan kristal asam urat dalam ginjal sebagai organ yang memproduksi urine serta penumpukan pada sendi, sehingga terjadilah penyakit asam urat.

Pembentukan kristal asam urat pada ginjal berpotensi menyebabkan batu ginjal. Sedangkan penumpukan purin pada sendi akan mengakibatkan persendian menjadi bengkak dan nyeri (radang sendi).

Seseorang didiagnosa asam urat tinggi (hyperuricemia) apabila kadar asam uratnya lebih dari 7 mg/dl. Kadar asam urat yang normal berada pada rentang 3 – 7 mg/dl.

Penyebab Kadar Asam Urat Tinggi Dalam Tubuh

Pemicu penyakit asam urat adalah konsumsi makanan yang banyak mengandung purin. Daging, ikan laut, dan kacang-kacangan merupakan bahan makanan yang mengandung purin tinggi dan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Anda juga harus mewaspadai terhadap jenis sayuran yang mengandung purin tinggi, antara lain bayam, kacang polong, asparagus, jamur dan kembang kol. Meskipun resiko peningkatan asam urat dari sayuran ini tidak begitu signifikan, tetapi diharapkan konsumsinya untuk dibatasi.

Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol juga dapat menjadi faktor terjadinya asam urat. Selain itu penderita hipertensi, obesitas, diabetes, dan ginjal kronis juga rentan beresiko terkena asam urat.

Penyakit asam urat ini bahkan bersifat genetik, artinya dapat diturunkan dari keluarga penderita.

Gejala Kadar Asam Urat yang Tinggi

Kadar asam urat yang tinggi pada umumnya dapat dilihat melalui gejala-gejala berikut.

  1. Rasa sakit pada beberapa bagian persendian, khususnya sendi tangan, kaki, dan ruas-ruas jari karena pengkristalan zat purin. Rasa sakit ini akan sangat terasa ketika sendi-sendi pada bagian tersebut digerakkan.
  2. Persendian terasa kaku dan mengeras, sehingga sulit digerakkan. Tingginya purin menyebabkan penumpukan pada bagian sendi tertentu, sehingga akan menghalangi gerak dari sendi tersebut.
  3. Pembengkakan sendi yang ditandai dengan memerahnya kulit di sekitar area sendi. Hal ini terjadi karena adanya radang pada sendi akibat penumpukan purin sehingga menghambat aliran darah.
  4. Rasa nyeri ketika ditekan pada bagian sendi yang terkena asam urat, sehingga dapat mengganggu kinerja organ tubuh yang lainnya.

Manfaat Jagung Untuk Turunkan Tingginya Kadar Asam Urat Anda

Jagung (Zea mays) merupakan makanan pengganti makanan pokok, seperti gandum dan padi, yang sangat baik untuk dikonsumsi penderita asam urat. Kandungan vitamin, mineral, dan serat dalam jagung terbukti efektif untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi.

Salah satu kandungan mineral penting yang terdapat dalam jagung adalah kalium. Kalium merupakan zat yang dapat membantu menjaga kadar cairan tubuh, sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik.

Kalium adalah zat yang bersifat diuterik, sehingga membantu dalam melancarkan proses pembuangan urine. Apabila pengeluaran urine lancar, maka akan mengurangi resiko terkena infeksi saluran kemih dan tingginya kadar asam urat dalam tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin C, bioflavonoid, dan karotenoid pada jagung juga ampuh untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah serta membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Manfaat Jagung Untuk Turunkan Tingginya Kadar Asam Urat Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan