Manfaat Daun Sirsak untuk Pengobatan Berbagai Penyakit Berbahaya

Amongguru.com. Manfaat Daun Sirsak untuk Pengobatan Berbagai Penyakit Berbahaya.

Sirsak termasuk dalam salah satu tanaman herbal yang cukup populer di masyarakat. Tanaman ini menjadi terkenal karena diketahui memiliki kandungan kimia yang sangat ampuh untuk membasmi beberapa penyakit berbahaya.

Sirsak juga merupakan salah satu buah yang menyegarkan karena memiliki kadar air yang tinggi dengan rasa manis keasaman.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirsak

Sirsak memiliki nama ilmiah Annona muricata L. dengan klasifikasi sebagai berikut.

  • Kingdom : Plantae (tumbuhan )
  • Divisi : Magnoliophyta (tumbuhan berbunga)
  • Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
  • Ordo : Magnoliales
  • Famili : Annonaceae
  • Genus : Anonna
  • Spesies : Annona muricata

Sedangkan morfologi tanaman sirsak dilihat dari bentuk daun, bunga, buah, dan bijinya adalah sebagai berikut.

  • Daun

Daun sirsak berwarna hijau muda dan tua  dengan panjang 6 -18 cm, lebar 3 – 7 cm, berbentuk bulat telur, berujung lancip, tetapi ada juga yang tumpul. Bagian atas daun lebih mengkilap dan gundul kusam di bagian bawah daun. Daun tanaman sirsak ini memiliki bau yang khas dan  cukup menyengat.

  • Bunga

Bunga tanaman sirsak berjenis bunga tunggal, dimana dalam satu bunga terdapat banyak putik sehingga disebut juga berpistil majemuk. Mahkota bunga berjumlah 6 sepalum, terdiri 2 lingkaran, berbentuk segitiga, tebal dan kaku, berwarna kuning keputihan. Setelah tua, bunga sirsak akan mekar dan menjadi buah.

  • Buah

Tanaman sirsak memiliki buah berwarna hijau kekuningan jika mulai matang dan hijau muda ketika masih muda. Bentuk buah sirsak oval dan juga yang loncong, dengan struktur kulit berduri kehitaman dan tidak terlalu tajam. Bagian dalam buah ini lembek, berwarna putih dan memiliki biji berwarna kehitaman.

  • Biji

Biji tanaman sirsak berwarna coklat atau kehitaman berbentuk bulat dan lonjong dengan panjang 16,8 mm dan lebar 9,6 mm. Tanaman sirsak memiliki jumlah biji yang bervariasi,mencapai 20-70 butir biji secara normalnya. Apabila dijumpai biji sirsak berwarna putih kecoklatan, maka biji tersebut tidak normal.

Manfaat Daun Sirsak untuk Pengobatan Berbagai Penyakit Berbahaya

Sebuah penelitian dilakukan oleh National Cancer Institute pada tahun 1976, telah membuktikan bahwa daun dan batang sirsak mampu membunuh sel kanker. Penelitian ini kemudian diperkuat dengan bukti uji klinis yang dilakukan para ilmuwan di Korea Selatan.

Ternyata di dalam daun sirsak terdapat senyawa proaktif, seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, dan muricapentocin. Beberapa zat kimia tersebut berkhasiat seratus kali lipat untuk membunuh sel-sel kanker dibandingkan kemoterapi.

Daun sirsak dapat dimanfaatkan sebagai obat dengan cara merebusnya dengan air sampai mendidih dan diminum secara teratur.

Berikut ini beberapa manfaat daun sirsak untuk pengobatan berbagai penyakit berbahaya yang perlu Anda ketahui.

  • Mencegah tumbuhnya sel-sel kanker usus besar

Penelitian terhadap responden yang merupakan pasien kanker usus besar membuktikan bahwa setelah diberi ekstrak daun sirsak terbukti sel kanker dapat dihambat hingga mencapai 17 persen.

  • Mengobati asam urat

Asam urat terjadi karena adanya peningkatan zat purin, sementara organ ginjal tidak lagi mampu mengeluarkannya dari tubuh, sehingga menumpuk dipersendian. Penyakit asam urat dapat menimbulkan rasa nyeri pada seluruh tubuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Rebusan daun sirsak dapat digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara meminumnya secara teratur.

  • Menghambat petumbuhan cacing parasit dalam tubuh

Anak-anak sering sekali terjangkit cacing parasit karena kebiasannya bermain di tempat-tempat yang kotor tanpa menggunakan alas kaki. Dengan meminum rebusan daun sirsak secara teratur akan dapat mematikan cacing parasit yang berkembang dalam tubuh anak.

  • Mencegah tumbuhnya tumor

Tumor disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel tubuh yang tidak terkendali. Penggunaan obat herbal seperti ekstrak daun sirsak dapat dicoba untuk membantu mencegah berkembangnya tumor pada tubuh.

  • Mencegah kutu rambut dan ketombe

Daun sirsak dapat dimafaatkan untuk menghambat perkembangan kutu pada rambut, yang sering menimbulkan gatal luar biasa di area rambut. Kandungan vitamin pada daun sirsak juga mampu untuk menghilangkan ketombe, sehingga rambut menjadi bersih dan sehat.

  • Menurunkan kadar gula darah

Hasil uji coba yang dilakukan terhadap tikus membuktikan bahwa daun sirsak mampu menurunkan kadar gula darah pada tikus yang diinduksi diabetes hingga mencapai 75 persen, tanpa memberi efek toksik bagi tikus yang sehat.

Kandungan antioksidan dan anti inflamasi pada daun sirsak juga dapat digunakan untuk menye bumbuhkan luka pada penderita diabetes.

  • Mengatasi jerawat dan komedo pada wajah

Daun sirsak dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat dan komedo yang muncul di wajah. Caranya adalah dengan mengambil beberapa lembar daun sirsak kemudian dibersihkan, tumbuk sampai halus, masukkan ke dalam rendaman air mawar dan digunakan sebagai masker.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Daun Sirsak untuk Pengobatan Berbagai Penyakit Berbahaya. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan