Manfaat Daun Sirih Untuk Menjaga Organ Kewanitaan dan Kecantikan Wajah Anda

Manfaat Daun Sirih Untuk Menjaga Organ Kewanitaan dan Kecantikan Wajah Anda

Amongguru.com. Tanaman sirih (Piper batle l.) merupakan salah tanaman herbal yang sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan juga merawat kecantikan.

Sirih memiliki ciri tumbuh menyulur dan berdaun lebar. Tanaman ini merambat hingga ketinggian mencapai 15 meter. Batang sirih berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, dan beruas sebagai sarana keluarnya akar.

Tanaman sirih kaya akan kandungan saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial yang berguna bagi kesehatan tubuh serta kecantikan.

Banyak wanita yang memilih daun sirih sebagai salah satu obat herbal tradisional mereka. Manfaat daun sirih bagi wanita ini terutama untuk menjaga organ kewanitaan dan memelihara kecantikan wajah.

Pemakaian daun sirih untuk pengobatan dan kecantikan kulit relatif aman. Efek samping daun sirih untuk jangka panjang cenderung kecil, karena semua senyawa yang ada pada daun sirih telah terbukti secara ilmiah bersifat anti inflamasi aktif, anti oksidan, dan antibiotik yang kuat serta tidak merusak jaringan kulit di bagian terdalam sekalipun.

Khasiatnya daun sirih tidak hanya terbatas pada permukaan tubuh saja, karena rebusan daun sirih jika dikonsumsi rutin akan terasa manfaatnya untuk menjaga organ tubuh.

Daun sirih terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu daun sirih hijau, daun sirih merah, dan daun sirih hitam. Ketiga jenis daun sirih tersebut memiliki khasiat yang sama baiknya.

Berikut ini manfaat daun sirih untuk menjaga organ kewanitaan dan kecantikan wajah Anda yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengatasi gatal pada organ kewanitaan

Gatal pada daerah kewanitaan sering disebabkan oleh bakteri atau jamur pada area tersebut. Untuk mengatasinya, dapat dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih secara rutin. Daun sirih mengandung minyak atsiri yang bersifat antiseptik dan antioksidan, sehingga mencegah berkembangnya jamur dan bakteri penyebab rasa gatal pada organ kewanitaan.

2. Menghilang bau kurang sedap pada organ kewanitaan

Selain gatal, wanita juga sering terganggu dengan bau kurang sedap di daerah organ kewanitaannya. Keputihan biasanya menjadi faktor utama dari penyebab bau kurang sedang pada area kewanitaan. Bagi Anda yang mengalami masalah tersebut, lakukan minum rebusan daun sirih secara teratur hingga bau tidak sedap pada organ kewanitaan Anda hilang.

3. Melancarkan haid yang tidak teratur

Apabila Anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, Anda dapat mengkonsumsi rebusan daun sirih untu mengatasinya. Kandungan alami zat pada daun sirih dipercaya ampuh untuk melancarkan haid. Rebus beberapa lembar daun sirih muda dengan air hingga mendidih, kemudian saring dan minum setelah dingin.

4. Mengurangi peradangan jerawat

Sifat antiinflamasi pada daun sirih dapat membantu meredakan peradangan akibat jerawat. Caranya adalah dengan menghaluskan daun sirih kemudian balurkan perlahan pada area jerawat yang sedang meradang. Lakukan secara rutin dua kali sehari, pagi dan sore.

5. Mengecilkan pori-pori kulit wajah

Pori-pori kulit wajah dapat melebar akibat pemakaian make up setiap harinya. Senyawa anti septi pada daun sirih dapat membantu mengecilkan kembali pori-pori kulit wajah Anda. Caranya dengan mengoleskan daun sirih yang telah dihaluskan sebelum tidur malam, diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Mencegah komedo

Jika Anda mengalami masalah dengan komedo, maka dapat memanfaatkan daun sirih untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menghaluskan daun sirih dan balurkan pada wajah yang ditumbuhi komedo, sehingga komedo akan mengeluarkan isinya secara alami tanpa harus dilakukan pemencetan dengan tangan.

7. Mengencangkan kulit wajah

Anda dapat melakukan cara yang alami untuk mengencangkan kulit wajah Anda hanya dengan meminum rebusan daun sirih. Daun sirih mengandung anti oksidan tingg untuk menangkal radikal bebas, sehingga kulit wajah Anda akan terlihat lebih kencang dan terhindar dari penuaan dini (anti aging).

Selain diminum, rebusan daun sirih juga dapat dibasuhkan pada wajah Anda  agar kulit wajah senantiasa kencang dan segar kembali.

Selain berkhasiat untuk mengatasi masalah organ kewanitaan dan menjaga kecantikan, daun sirih juga memiliki manfaat lain di bidang kesehatan, antara lain sebagai berikut.

  • Menghentikan mimisan

Daun sirih mengandung fenil poppies dan terpene yang dapat membantu menghentikan pendarahan pada hidung. Caranya adalah dengan menggulung selembar daun sirih, selanjutnya masukkan pada lubang hidung yang mimisan.

  • Mengobati tukak lambung

Kandungan vitamin C dan zat anti septik pada daun sirih dapat melawan bakteri penyebab tukak lambung. Caranya adalah dengan kunyah dua lembar daun sirih selama kurang lebih 10 menit, kemudian dibuang. Lakukan secara rutin selama dua kali dalam sehari.

  • Mengobati luka bakar ringan

Kandungan alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada daun sirih merah bersifat anti inflamasi sehingga akan membantu meredakan peradangan pada kulit yang terbakar. Caranya adalah dengan menghaluskan sekitar tiga daun sirih, lalu campur dengan dua sendok teh madu, dan letakkan dikulit yang terbakar.

Manfaat Daun Sirih Untuk Menjaga Organ Kewanitaan dan Kecantikan Wajah Anda

  • Mengobati gusi berdarah

Daun sirih mengandung saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor yang mampu meredakan peradangan pada gusi berdarah. Caranya adalah dengan berkumur rebusan daun sirih merah. Lakukan selama tiga kali sehari.

  • Mengobati sakit perut

Apabila Anda mengalami gangguan perut, maka dapat meminum rebusan daun sirih secara teratur sampai sakit perut Anda hilang. Daun sirih mengandung terpenoid dan klavikula pada daun sirih yang mampu menyembuhkan gangguan sakit perut.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Daun sirih mengandung minyak esensial dan fenol yang dapat menstabilkan tekanan darah Anda. Jika Anda mengalami tekanan darah tinggi, campurkan air rebusan daun sirih dengan madu, kemudian minum rebusan tersebut dua kali sehari untuk menurunkan tekanan darah.

  • Mencegah kanker

Daun sirih mengandung senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh Anda meningkat, maka sel darah putih akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik penyebab kanker berbahaya dari tubuh.

  • Mengurangi bau badan

Kandungan estradiol dan klavikula pada daun sirih akan mampu mengatur produksi hormon dan kelenjar keringat, sehingga Anda terbebas dari bau badan yang mengganggu. Anda dapat mengkonsumsi air rebusan daun sirih setiap hari untuk mengurangi bau badan atau meletakkan daun sirih yang sudah ditumbu pada daerah ketiak.

  • Mengatasi bau mulut

Jika Anda mengalami masalah dengan bau mulut, maka rebusan daun sirih dapat mengatasi masalah tersebut. Senyawa eugenol dan capitol pada daun sirih akan membantu mengatasi masalah bau mulut. Caranya adalah dengan berkumur rebusan daun sirih secara teratur selama dua kali sehari.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Daun Sirih Untuk Menjaga Organ Kewanitaan dan Kecantikan Wajah Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan