Manfaat Daun Alpukat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Amongguru.com. Manfaat Daun Alpukat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi).

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan sebuah kondisi dimana terjadi peningkatan tekanan darah pada dinding arteri jantung. Tekanan darah dapat diartikan sebagai ukuran seberapa kuat jantung memompa darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

Pada kondisi tubuh yang sehat, tekanan darah normal orsng dewasa sekitar 90/60 mmHg sampai dengan 120/80 mmHg. Angka 120 dan 90 menunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh (tekanan sistolik).

Sedangkan angka 80 dan 60 adalah tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa darah (diastolik).

Ketika tekanan darah  130/80 mmHg atau lebih, maka dapat dikatakan Anda mengalami hiptertensi atau tekanan darah tinggi. Kondisi ini cukup berbahaya, karena hipertensi sering tidak menunjukkan gejala, sehingga penderitanya tidak menyadari kalau dirinya mengalami hipertensi.

Apabila tidak segera ditangani dengan baik, maka hipertensi ini dapat menjadi pemicu penyakit yang mematikan, misalnya jantung koroner dan stroke. Hiptertensi juga dapat menyebabkan rusaknya penglihatan dan kerusakan organ ginjal.

Penyebab pasti dari hipertensi sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, hasil riset menunjukkan bahwa resiko terkena hipertensi akan semakin besar ketika seseorang semakin bertambah usianya.

Faktor pemicu terjadinya hipertensi lebih banyak disebabkan pada gaya hidup yang tidak sehat, misalnya kebiasaan minum alkohol, kebiasaan merokok, kurangnya berolahraga, obesitas, dan konsumsi garam berlebih.

Manfaat Daun Alpukat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Alpukat (Persea americana miller) merupakan tanaman asli dari Amerika Tengah dan saat ini sudah banyak dibudidayakan di negara Indonesia. Tanaman ini di kenal dengan nama asing “advocaat” atau “avocado pear”.

Penanamannya yang mudah, kontur tanah sesuai, dan pemeliharaan mudah, menjadikan tanaman alpukat mudah untuk dibudidayakan di Indonesia.

Tanaman alpukat lebih banyak dikenal pada buahnya, untuk dikonsumsi. Buah alpukat sering digunakan sebagai bahan jus dengan cara dilembutkan terlebih dahulu dan ditambah gula atau pemanis lain sesuai selera.

Buah alpukat

Efek farmalogi tanaman alpukat sudah terbukti dari pemanfaatan alpukat untuk obat di bidang kesehatan, baik pada buah, daun, maupun bijinya.

Buah alpukat sendiri diketahui banyak mengandung senyawa kimia alami yang baik untuk kesehatan. Beberapa senyawa tersebut antara lain tanin, polifenol, quersetin, dan gula alkohol persiit.

Selain dapat dimanfaatkan buahnya, daun alpukat juga dapat dijadikan sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan hipertensi.

Daun alpukat mengandung dua senyawa kimia penting untuk kesehatan, yaitu saponin dan flavonoid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa flavonoid dalam daun alpukat berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Senyawa kimia dalam daun alpukat tersebut juga terbukti ampuh untuk menghambat bertumbuhaan beberapa bakteri yang berbahaya bagi tubuh, milsanya Staphylococcus sp, Pseudomonas sp, Escherichea sp, dan Bacillus sp.

Manfaat Daun Alpukat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Daun alpukat

Langkah-langkah pemanfaatan daun alpukat untuk obat hipertensi sebagai berikut.

  • Ambil 3 hingga 5 lembar daun alpukat yang setengah tua, kemudian cuci sampai bersih.
  • Tuangkan dua gelas air bersih ke dalam panci dan rebus.
  • Masukkan daun alpukat ke dalam rebusan air .
  • Tambahkan gula batu secukupnya untuk mengurangi rasa pahit dari rebusan daun alpukat.
  • Tunggu beberapa saat hingga air rebusan tinggal sekitar satu gelas.
  • Tiriskan dan diamkan beberapa saat sampai rebusan hangat, kemudian diminum.
  • Lakukan mengkonsumsi rebusan daun alpukat ini secara rutin pada sore hari.

Secara langsung, daun alpukat memang tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh selama penggunaan dan konsumsinya tidak berlebihan. Konsumsi daun alpukat secara benar dan teratur untuk mencegah hipertensi sangat dianjurkan, agar tidak muncul efek samping dari pengobatan alami ini.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Daun Alpukat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi). Smeoga bemanfaat.

Tinggalkan Balasan