Manfaat Buah Sirsak Untuk Mengobati Asam Urat dan Kolesterol

Amongguru.com. Manfaat Buah Sirsak Untuk Mengobati Asam Urat dan Kolesterol.

Sirsak  (Annona muricata) merupakan tanaman obat yang sudah lama dikenal memiliki khasiat untuk mencegah dan juga menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh.

Sirsak adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini sekarang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia dan mendapatkan banyak julukan, seperti nangka sebrang, nangka landa, nangka walanda, nangka buris, dan srikaya jawa.

Daging buah sirsak yang sudah matang berwarna putih dengan biji bewarna hitam. Buah sirsak menyimpan banyak serat pangan sebagai substansi nongizi.

Kadar seratnya dapat mencapai 3,3 gram untuk 100 gram daging buah. Selain itu juga terdapat beberapa mineral, seperti fosfor (27 mg) dan kalsium (14 mg) dalam 100 gram buah sirsak.

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah sirsat, menjadikan buah ini layak untuk dikonsumsi. Nutrisi yang ada pada buah sirsak sangat bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan tubuh.

Kandungan karbohidrat di dalam buah sirsak dapat untuk menambah energi bagi tubuh. Vitamin B1 yang ada pada buah sirsak diketahui dapat membantu memaksimalkan fungsi organ tubuh, seperti otak, jantung, ginjal, dan paru-paru.

Buah sirsak juga mengandung vitamin C yang ampuh untuk mengurangi penebalan arteri jantung (aterosklerosi), sehingga membuat aliran darah tidak lancar dan resiko terjadingan serangan jantung.

Zat riboflavin dalam buah sirsak juga dapat membantu produksi sel darah merah agar cukup untuk mengaliri oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Mengobati Asam Urat dan Kolesterol

Diantara banyaknya manfaat buah sirsak untuk kesehatan, buah sirsak juga ternyata ampuh untuk mengobati asam urat dan juga kolesterol.

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar purin dalam darah, sehingga terjadi penumpukan purin pada bagian persendian. Hal inilah yang mengakibatkan penderita asam urat sering mengalami rasa ngilu dan sakit pada bagian sendi.

Pada kedaan yang normal, maka purin akan dikeluarkan oleh ginjal dan dibaung bersama-sama urine, sebagai zat sisa pengeluaran (ekskresi).  Kadar purin yang tinggi menjadikan kerja ginjal terganggu sehingga purin menumpuk di beberapa bagian pembuluh darah.

Sedangkan penyakit kolesterol adalah penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar kolesterol dalam darah. Sekitar 80 persen kolsterol diproduksi oleh hati, dan sisanya, sebesar 20% kolesterol dihasilkan dari makanan yang diserap tubuh.

Kolesterol pada dasarnya adalah zat yang baik untuk tubuh. Akan tetapi, apabila jumlah berlebih atau tinggi, kolesterol justru akan menjadi pemicu munculnya penyakit berbahaya, yaitu stroke dan jantung koroner. Kolesterol jenis ini sering disebut sebagai kolesterol jahat (LDL).

Kolesterol jahat akan mengendap pada pembuluh arteri dan memicu gangguan organ jantung, yang berakibat jantung koroner dan stroke. Sebaliknya, kolesteroel baik (HDL), berfungsi untuk melindungi pembuluh darah arteri jantung dari serangan jantung koroner dan juga stroke.

Kandungan zat kimia pada sirsak, seperti acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat terbukti efektif untuk mengobati dan meredakan gejala asam urat.

Buah sirsak banyak mengandung serat yang baik untuk penyerapan kolesterol jahat di dalam tubuh. Apabila kolesterol jahat sudah dapat dikeluarkan dari dalam tubuh, maka yang tersida adalah kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh untuk melindungi organ jantung.

Anda dapat memanfaatkan buah sirsak untuk pengobatan alami dengan cara langsung dimakan atau dicampur dengan gula, air putih, selanjutnya dihaluskan menjadi jus dengan menggunakan blender.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Mengobati Asam Urat dan Kolesterol

Hal yang perlu diingat dari konsumi buah sirsak ini adalah  jumlah yang buah yang dikonsumsi tidak berlebihan. Selain itu, diperlukan rutinitas dalam mengkomsumsinya.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Buah Sirsak Untuk Mengobati Asam Urat dan Kolesterol. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan