Manfaat Buah Mengkudu (Pace) Untuk Mengobati Diabetes

Amongguru.com. Manfaat Buah Mengkudu (Pace) Untuk Mengobati Diabetes.

Diabetes masih menjadi salah satu penyakit kronis yang berbahaya apabila tidak segera ditangani. Penyakit ini biasanya akan berujung dengan komplikasi, antara lain kebutaan, gangguan saraf, amputasi, bahkan sampai pada disfungsi ereksi.

Diabetes ditandai dengan peningkatan kada gula darah akibat berkurangnya hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Hormon insulin berfungsi untuk mengatur kadar gula darah pada tubuh manusia.

Gula darah atau glukosa merupakan sumber energi utama bagi otak maupun sel-sel dan sel-sel pembentuk otot serta jaringan pada tubuh.

Penderita diabetes memiliki kadar gula tinggi yang mengalir dalam pembuluh darahnya. Kondisi ini sering disebut dengan hiperglikemia. Akibatnya, dinding pembuluh darah mudah mengalami cidera.

Gangguan kelenturan pembuluh darah akibat kenaikan kadara gula ini akan mempersempit pembuluh darah, sehingga kemampuannya darah untuk disalurkan ke seluruh organ tubuh menjadi terganggu.

Darah mengandung nutrisi dan oksigen yang harus disalurkan pada seluruh sel-sel tubuh. Apabila kualitas pembuluh darah memburuk, akan berakibat nutrisi dan oksigen tersebut tidak sampai pada sel-sel tubuh.

Kondisi selanjutnya yang terjadi adalah sel-sel tubuh menjadi rusak karena kurangnya pasokan nutrisi dan oksigen.

Manfaat Buah Mengkudu (Pace) Untuk Mengobati Diabetes

Mengkudu (Morinda Citrifolia) adalah salah satu buah daerah tropis. Buah ini memiliki permukaan yang berbintik dan berkutil, berwarna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi putih kekuningan ketika memasak.

Manfaat Buah Mengkudu (Pace) Untuk Mengobati Diabetes

Daging buah mengkudu berwarna putih, lunak, dan mengandung banyak air. Buah mengkudu memiliki ciri aroma menyengat, seperti keju busuk. Aroma ini disebabkan karena adanya campuran antar asam kaprat, asam kaproat, dan asam kapilarat dalam daging buah tersebut.

Ternyata, di balik baunya yang menyengat, mengkudu mengandung ragam zat dan nutrisi yang dapat membantu menjaga ksehetan tubuh dan bahkan sebagai obat alami terhadap beberapa penyakit berbahaya.

Buah mengkudu mengandung flavonoid, asam lemak, fitokimia, dan beta sitosterol. Mineral yang terkandung dalam mengkudu, seperti selenium, terbukti dapat sebagai antioksidan yang ampuh.

Kandungan flavonoid pada buah mengkudu dapat membantu menjaga kestabilan gula darah pada penderita diabetes. Secara spesifik, zat flavonoid ini akan mencegah meningatkaknya produksi glukosa pada organ hati.

Zat xeronine pada buah mengkudu juga dapat membantu dalam mengatasi penyakit diabetes. Xeronine akan membantuk mengoptimalkan fungsi sel-sel tubuh yang rusak dengan cara meregenerasinya, sehingga berdampak baik pada meningkatnya fungsi kerja dari hormon insulin.

Pemanfaatan buah mengkudu sebagai obat diatebes ini sangat mudah. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau dijadikan sebagai jus. Takaran jus buah mengkudu adalah sebanyak 15/50kg berat badan untuk penderita diabetes.

Jus buah mengkudu dapat diberikan dua kali sehari pada pagi dan malam hari, secara rutin, agar penyerapan bahan aktif dalam esktrak buah mengkudu dapat lebih sempurna.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Buah Mengkudu (Pace) Untuk Mengobati Diabetes. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan