Manfaat Biji Kelor dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Amongguru.com. Manfaat Biji Kelor dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Kelor (Moringa aleifera) merupakan tanaman tropis yang dapat berkembang biak dengan baik pada daerah dengan intensitas cahaya cukup dan lapang.

Pohon kelor ditetapkan sebagai miracle tree (pohon ajaib), karena memang keseluruhan bagian pohon kelor ini bermanfaat, baik dalam keseharian maupun untuk kesehatan.

Kandungan zat yang tinggi  pada kelor, menjadikan tanaman ini dapat dikonsumsi sebagai sayur dan juga untuk mengatasi beberapa penyakit tubuh. Bagian tanaman kelor, yang meliputi akar, batang, akar, maupun biji kelor sebagian besar dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga mengobati berbagai jenis penyakit berbahaya.

Akar daun kelor dapat direbus maupun dijadikan serbuk atau parem untuk mengobati penyakit reumatik, pegal linu, dan menjaga kesehatan kulit.

Di dalam secangkir daun kelor, terkandung zat-zat, antara lain: (1) vitamin B6, mampu mensuplai 19 persen kebutuhan vitamin B6 dalam tubuh setiap hari; (2) protein, mencapai kapasitas sekitar 3 gram; (3) vitamin C, mencapai 12 persen dari kebutuhan harian vitamin C pada tubuh; (4) zat besi, mencapai 11 persen dari kebutuhan zat besi pada tubuh; (5) vitamin B2, mencapai 11 persen dari kebutuhan harian vitamin B2 pada tubuh; dan (6) magnesium, mencapai 8% dari kebutuhan harian magnesium pada tubuh manusia.

Pada kesempatan kali ini, akan saya bagikan informasi tentang manfaat bagian dari tanaman kelor, yaitu biji kelor. Informasi mengenai manfaat biji kelor dalam menjaga kesehatan tubuh ini penting untuk Anda ketahui, sehingga Anda dapat menggunakan biji kelor ini untuk kesehatan.

Biji kelor merupakan salah satu bagian dari tanaman kelor, yang tidak hanya bermanfaat untuk bibit tanaman, tetapi juga dapat difungsikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Biji kelor terbukti ampuh untuk mengobati berbagai penyakit yang menyerang tubuh manusia.

Bentuk biji tumbuhan kelor ini segitiga berwarna cokelat kehitaman. Di dalam satu tangkai biji kelor, akan terdapat beberapa butir biji, sekitar 10 sampai 20 buah.

manfaat biji kelor untuk menjaga tubuh agar tetap sehat
Biji kelor

Biji kelor memiliki kandungan zat yang cukup tinggi dan terbukti ampuh dalam mencegah dan mengatasi beberapa penyakit yang berbahaya. Penggunaan biji kelor dapat dikombinasi dengan daun atau pun bunga kelor.

Biji kelor yang dimanfaatkan untuk obat, biasanya akan berbentuk serbuk, sehingga perlu dikeringkan dan dihaluskan terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa manfaat biji kelor dalam menjaga kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1.  Menjaga kadar gula darah

Biji kelor dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah (glukosa) dengan cepat. Biji tanaman kelor terbukti efektif untuk mencegah terjangkitnya penyakit diabetes melitus, karena mampu menjaga kadar gula darah.

2. Mencegah radikal bebas

Biji kelor dapat mencegah efek dari radikal bebas. Anda mungkin sering tidak menyadari adanya efek dari radikal bebas pada tubuh, karena memang tidak terlihat secara nyata. Biji kelor berfungsi untuk mencegah efek radikal bebas tersebut.

3. Mengobati radang

Radang merupakan salah satu gangguan kesehatan, yang membuat bagian tubuh terasa kaku dan nyeri. Mengkonsumsi biji kelor secara rutin, akan mampu menyembuhkan radang pada tubuh.

5. Mengatasi kelelahan

Anda yang cepat mengalami kelelahan dan keletihan, dapat mengkonsumsi biji kelor, sehingga stamina tubuh Anda dapatsegera pulih. Biji kelor mampu menjadi multivitamin yang alami bagi tubuh, agar tubuh tidak cepat kekurangan energi.

6. Menyehatkan sel tubuh
Sel merupakan unit terkecil dari tubuh yang berperan penting dalam metabolisme. Kanker merupakan penyakit yang sering menyerang sel tubuh manusia. Di dalam melindungi sel tubuh dari kanker, Anda dapat mengkonsumsi biji kelor secara rutin.

7. Meningkatkan imunitas

Manfaat biji kelor yang lain adalah untuk mendukung kinerja imun tubuh. Imunitas adalah sistem kekebalan pada tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah diserang oleh penyakit.

8. Mencegah keracunan

Salah satu jenis keracunan berbahaya yang dapat diobati dengan biji kelor adalah arsenik. Keracunan arsenin dapat disebabkan oleh banyaknya kandungan logam pada air yang Anda konsumsi sehari-hari. Mengkonsumsi biji kelor secara rutin akan dapat mencegah kecarunan akibat zat berbahaya tersebut.

9. Mengobati kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada biji kelor menjadikan bagian dari tanaman kelor ini efektif untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh. Biji kelor dapat Anda konsumsi secara rutin untuk mencegah timbulnya kanker berbahaya.

10. Mencegah kenaikan kolesterol

Biji kelor sangat baik untuk mencegah terjadinya kenaikan kolesterol. Biji kelor akan mampu menyingkirkan kolesterol jahat yang kadarnya terlalu tinggi pada tubuh Anda. Komplikasi penyakit akibat kolesterol jahat ini dapat dicegah dengan tuin mengkonsumsi biji kelor setiap hari.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Biji Kelor dalam Menjaga Kesehatan Tubuh. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan