Manfaat Akar Kelor dalam Menjaga Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Amongguru.com. Manfaat Akar Kelor dalam Menjaga Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Pohon kelor dengan nama latin Moringa oleifera memiliki ciri-ciri morfologi bentuk daun yang bulat lonjong dengan ukuran kecil. Daun-daun tersebut tersusun dengan rapi pada tangkai kelor.

Batang pohon kelor dapat mencapai tinggi 7 sampai 11 meter. Buah kelor disebut juga kelentang, berbentuk segitiga memanjang. Sedangkan bunga kelor berwarna putih kekuningan dengan bau wangi yang khas.

Pohon ajaib (miracle tree) adalah julukan yang tepat diberikan kepada pohon kelor karena segudang manfaatnya untuk kesehatan manusia. Mulai dari daun, batang, bunga, buah, hingga akar kelor, semuanya dapat dimanfaatkan untuk membantu menjaga kesehatan manusia.

Meskipun oleh sebagian orang, kelor identik dengan hal-hal yang berbau mistik, tetapi nyatanya manfaat kelor untuk mengobati berbagai penyakit tidak bisa terbantahkan.

Penelitian yang sudah dilakukan sejak tahun 1980 terhadap pohon kelor, membuktikan bahwa kandungan flavanoid, antioksida, potasium, vitamin A, dan vitamin C yang terdapat pada seluruh bagian pohon kelor ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh dan juga mengobati penyakit.

Manfaat Akar Kelor dalam Menjaga Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Akar merupakan bagian dari pangkal batang yang menuju ke pusat bumi. Pada beberapa tumbuhan, terdapat tumbuhan yang mempunyai akar muncul ke permukaan untuk fungsi-fungsi tertentu.

Kelor adalah jenis pohon yang memiliki ciri akar tunggang dengan akar yang menuju pusat bumi. Akar tunggang dapat didefinisikan sebagai akar pada tanaman yang memiliki akar primer atau akar pokok yang menghujam ke tanah.

Seperti halnya fungsi akar pada tanaman lainnya, maka akar kelor juga berfungsi sebagai media penyerapan air dan garam mineral lainnya dari tanah untuk dibawa ke daun. Akar kelor juga dapat berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan.

Selain fungsinya yang sama dengan tanaman lain, ternyata akar pada kelor menyimpan banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini segudang manfaat akar kelor untuk kesehatan yang perlu anda ketahui yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber terpercaya.

  •  Mengobati rematik

Kekakuan sendi merupakan salah satu ciri yang dapat dirasakan dari penderita rematik. Akar kelor dipercaya memiliki kemam puan untuk meringankan gejala rematik yang terjadi pada persendian.

  • Mengobati gonorhoe

Gonorhoe merupakan penyakit kelamin yang menular, ditandai dengan kencing bernanah. Penyakit ii disebarkan oleh bakteri meisseria gonorrhoeae melalui aliran darah ke bagian tubuh lainnya, khususnya kulit dan persendian.

Mengkonsumsi ramuan akar kelor adalah cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit kencing nanah tersebut. Baca juga : Gangguan dan Penyakit Sistem Reproduksi Manusia.

  • Mencegah iritasi kulit bayi

Akar kelor dapat digunakan untuk mencegah iritasi pada kulit bayi dengan cara menumbuk halus akar tersebut kemudian dibuat bedak atau tapel bayi. Usapkan secara merata bedak akar kelor tersebut ke seluruh bagian tubuh bayi secara hati-hati, untuk menjaga kesehatan kulitnya.

  • Meredakan bengkak kaki

Serbuk akar kelor dapat dijadikan parem untuk membantu meredakan bengkak pada kaki akibat terkilir atau keseleo. Parem kelor juga dapat digunakan untuk mengobati kaki pegal dan linu, cukup dengan mengoleskan secara merata pada kaki yang pegal tersebut.

  • Mengobati penyakit kulit

Penderita penyakit kulit dapat memanfaatkan ramuan akar kelor untuk menyebuhkan penyakitnya. Selain untuk mengobati penyakit kulit, dengan mengkonsumsi ramuan akar kelor secara rutin akan membuat kulit menjadi lebih kencang dan halus, sehingga mencegah terjadinya penuaan dini.

  • Membantu pelarutan urine dan menstruasi

Rebusan akar kelor diyakini mampu membantu meluruhkan air seni (urine) dan peluruhan sel telur yang tidak dibuahi (menstruasi). Meminum rebusan akar kelor dapat juga mencegah timbulnya batu ginjal yang sangat mengganggu proses keluarnya urine dari dalam tubuh.

  • Penambah nafsu makan

Ramuan akar kelor adalah obat penambah napsu makan yang alami untuk tubuh. Meminum ramuan akar kelor adalah cara yang efektif dan aman untuk menambah nafsu makan jika dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan.

  • Pereda kejang atau epilepsi

Pendetita epilepsi dapat mengalami kejang-kejang secara mendadak kapan pun dan dimana pun. Renisan akar kelor diyakini mampu untuk meredakan kejang-kejang pada penderita epilepsi yang sedang kambuh.

  • Meredakan batuk

Akar kelor memiliki kemampuan untuk meredakan batuk. Batuk kadang dianggap sebagai hal yang sepele, tetapi sebenarnya sangat mengganggu aktifitas jika tidak segera diredakan. Memimum rebusan akar kelor akan efektif untuk mengurangi batuk, baik batuk berdahak maupun batuk kering.

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Akar Kelor dalam Menjaga Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Semoga dengan membaca informasi ini, menjadikan Anda lebih peduli dalam menjaga kesehatan tubuh secara alami yang salah satunya adalah dengan memanfaatkan akar pohon kelor.

 

Tinggalkan Balasan