Makna Logo dan Tema 72 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

Makna Logo dan Tema 72 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

Amongguru.com. Pemerintah setiap tahun selalu menetapkan logo dan juga tema menyambut kemerdekaan Republik Indonesia. Munculnya logo dan tema yang baru ini selalu ditunggu-tunggu, karena akan ikut mewarnai dalam peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada tanggal 8 Juni 2017 kemarin, pemerintah, dalam hal ini Kementerian Sekretaris Negara telah resmi menetapkan logo dan tema peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 72.

Pembuatan logo dan tema untuk peringatan hari ulang tahun kemerdekaan negara, harus sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sekretaris Negara.

Pedoman dalam pembuatan logo dan tema Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia sebagaimana diatur oleh Kementerian Sekretaris Negara adalah sebagai berikut.

  • Logogram dan logotype harus dipakai dalam kesatuan yang utuh. Dalam pemakainnya, logogram dan logotype tidak dapat berdiri sendiri.
  • Pembuatan logo tidak boleh menggunakan ukuran kurang dari 2 centimeter untuk menjaga keterbacaan logo.
  • Setiap keterangan penggunaan logo, harus disertai dengan batas area aman logo untuk menjaga kejelasan dan keterbacaan logo.
  • Di dalam area aman yang telah ditentukan dan disepakati bersama, tidak boleh ada elemen grafis apa pun.
  • Penggunaan logo tidak diperbolehkan untuk didistorsi, diputar, dibalik.
  • Pemakaian logo tidak boleh diganti warna, selain warna korporasi yang telah disetujui.
  • Bentuk logo tidak boleh diubah atau dipotong sebagian, dan tidak boleh menggunakan efek gambar yang tidak relevan.
  • Logo tidak diperbolehkan diletakkan di atas pada foto berwarna, foto hitam putih maupun berwarna.
  • Bentuk logo tidak boleh dipisah antara logogram maupun logotype.
  • Logo tidak diperbolehkan diletakan di atas warna latar yang serupa dengan warna logo.

Pedoman pembuatan logo dan tema hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke – 72 dapat Anda unduh di sini.

Makna Logo dan Tema 72 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

Untuk memahami makna logo dan slogan 72 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, maka terlebih dahulu Anda lihat gambar berikut yang merupakan logo dan slogan untuk peringatan  Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke Р72 pada tahun 2017 ini.

Logo peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 72 ini terdiri atas logogram, yaitu tulisan 72 TH dan logotype atau tema bertuliskan Indonesia Kerja Bersama.

Untuk logo kemerdekaan Indonesia dapat berbentuk tiga jenis, yaitu logo primer, logo sekunder, dan logo tersier.

  • Pengertian logo primer adalah logo utama yang diletakkan di atas dasar latar berwarna putih dan hanya terdiri atas dua warna saja, yaitu merah dan hitam.

  • Definisi logo sekunder adalah logo yang dapat diaplikasikan pada latar belakang, dapat berwarna merah atau hitam.

  • Pengertian logo tersier adalah logo yang menggunakan satu warna pada ragam latar belakang yang berwarna solid.

Logo berwarna putih, digunakan pada warna latar belakang yang cenderung gelap. Sedangkan logo berwarna hitam, digunakan untuk warna latar belakang yang cenderung terang.

Makna Logo dan Tema 72 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia berdasarkan Pedoman Identitas Visual 72 Tahun Indonesia Merdeka Kerja Bersama yang diterbitkan oleh Kementerian Sekretariat Negara adalah sebagai berikut.

  • Angka 7 pada logo merupakan simbolisasi dari sebuah anak panah yang menyerong ke arah kanan atas. Hal ini melambangkan dinamisme pembangunan yang berorientasi ke masa depan positif.
  • Angka 2 pada logo yang terlihat seperti merangkul angka 7 melambangkan asas kebersamaan dalam bekerja membangun Indonesia.
    Bentuk angka 2 juga merepresentasikan bentuk bendera Indonesia yang terdiri atas dua bagian, yaitu merah dan putih.
  • Slogan Kerja Bersama menunjukkan pendekatan yang bersifat merangkul. Tulisan slogan ini juga memperlihatkan asas kebersamaan dan gotong royong dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Slogan menunjukkan untuk bersama-sama bekerja membangun kemajuan Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

  • Logo 72 Tahun Indonesia Kerja Bersama merupakan representasi dari semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. otong royong merupakan akar dari budaya bangsa Indonesia sebagai perwujudan harmoni kebersamaan tanpa memandang perbedaan, untuk mencapai tujuan yang luhur.

Baca juga : Sejarah Lengkap dan Urutan Pelaksanaan Raimuna Nasional Indonesia.

Demikianlah Makna Logo dan Tema 72 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Semoga logo dan tema 72 tahun kemerdekaan Republik Indonesia ini akan lebih mewarnai peringatan ulang tahun kemerdekaan negara kita.

Tinggalkan Balasan