Makna Logo 62 Tahun Gerakan Pramuka

Makna Logo 62 Tahun Gerakan Pramuka

Amongguru.com. Logo 62 Tahun Gerakan Pramuka telah dipublikasikan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Gerakan Pramuka Indonesia tahun 2023 ini genap berusia 62 (enam puluh dua) tahun sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka.

Tema peringatan Hari Pramuka ke 62 Tahun 20223 adalah Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional.

Gerakan Pramuka bertujuan membentuk setiap anggotanya memiliki kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup.

Eksistensi Gerakan Pramuka semakin nyata dengan dikukuhkan dengan Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka sebagai organisasi yang dibentuk oleh, dari, dan untuk Pramuka sebagai perkumpulan berbadan hukum dalam rangka menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.

Gerakan Pramuka merupakan pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda di Indonesia. Anggota muda Gerakan Pramuka, terdiri atas Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega berkedudukan sebagai peserta didik.

Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda, guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, yang sanggup bertanggungjawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan nasional.

Di dalam mendukung peringatan Hari Pramuka Tahun 2023, maka perlu menetapkan logo 62 Tahun Gerakan Pramuka. Logo Hari Pramuka ke 62 ini menjadi sebuah desain komunikasi visual untuk sarana identifikasi (branding) dan informasi terkait penyelenggaraan Hari Pramuka tahun 2023.

Logo 62 Tahun Gerakan Pramuka

Puncak peringatan Hari Pramuka ke 62 adalah pada hari Selasa, 14 Agustus 2023. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka berkewajiban untuk membuat dan mensosialisasikan logo peringatan HUT Pramuka.

Terkait dengan hal tersebut, maka Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui laman resminya, telah merilis logo peringatan HUT Pramuka ke 62 tahun 2023.

Logo HUT Pramuka ke 62 Tahun 2023 ini sebagai perwujudan semangat yang ingin dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka.

 Visualisasi logo 62 Tahun Gerakan Pramuka adalah sebagai berikut,

Makna Logo 62 Tahun Gerakan Pramuka

Angka 6 dan angka 2 merupakan angka Ulang Tahun yang ke-62 Angka 6 hasil stilasi dari Kelopak Tunas Kelapa serta angka 2 yang menopang Logogram Tunas menjadi satu kesatuan yang kokoh

Secara keseluruhan makna logo 62 tahun Gerakan Pramuka diharapkan bisa membangun citra positif gerakan pramuka ke depan dengan mempersiapkan dan melibatkan sumber daya manusia yang profesional dan proporsional.

SK Kwarnas tentang logo 62 Tahun Gerakan Pramuka dapat di unduh di sini.

Logo 62 Tahun Gerakan Pramuka selengkapnya dapat di unduh di sini.

Demikian makna logo 62 tahun Gerakan Pramuka. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan