Macam-macam Reaksi Kimia dan Contoh Reaksinya

Amongguru.com. Macam-macam Reaksi Kimia dan Contoh Reaksinya.

Reaksi kimia merupakan reaksi antar senyawa kimia atau unsur-unsur kimia yang melibatkan perubahan struktur dari molekul. Reaki kimia pada umumnya berkaitan dengan pembentukan dan pemutusan ikatan kimia.

Pada ikatan kimia, atom zat (reaktan) akan bereaksi sehingga menghasilkan hasil (produk). Berlangsungnya proses ini dapat memerlukan energi (reaksi endoterm) atau melepaskan energi (reaksi eksoterm)

Di dalam  memudahkan melakukan reaksi kimia, maka dikelompokkan reaksi kimia tersebut berdasarkan persamaan yang dimiliki. Salah satu dasar sistem pengelompokkan tersebut adalah cara atom tersusun kembali dalam reaksi kimia.

Beberapa contoh reaksi kimia berdasarkan penyusunan kembali atom-atomnya, antara lain reaksi penggabungan, reaksi penguraian, reaksi penggantian, reaksi pembakaran, reaksi netralisasi, dan reaksi pengendapan.

1.  Reaksi Penggabungan

Di dalam reaksi penggabungan, dua atau lebih zat akan tergabung membentuk zat lain sebagai zat ketiga. Rumus umum reaksi penggabungan sebagai berikut.

A + B  AB

Contoh :

Reaksi antara gas hidrogen dengan gas oksigen akan membentuk air.

2H­2(g) + O2(g)  2(H2O)(aq)

Reaksi logam natrium dengan gas klorin membentuk natrium klorida.

2Na(s) + Cl2(g) (s)

2.  Reaksi Penguraian

Reaksi penguraian merupakan reaksi kebalikan dari reaksi penggabungan. Di dalam reaksi ini, zat akan terpecah atau terurai menjadi dua atau lebih zat yang lebih sederhana.

Sebagian besar reaski penguraian membutuhkan energi, berupa kalor, cahaya, dan listrik. Rumus umum dari reaksi penguraian adalah sebagai berikut.

AB A + B

Contoh :

Reaksi penguraian air oleh listrik menghasilkan gas hidrogen dan gas oksigen.

2(H2O)(aq)  2H­2(g) + O2(g)

3.  Reaksi Penggantian Tunggal (Pendesakan)

Reaksi penggantian tunggal terjadi apabila satu unsur menggantikan unsur lain dalam suatu senyawa. Di dalam menyelesaikan persamaan reaksi penggantian, terdapat dua persamaan, sebagai berikut.

  • Apabila A menggantikan B

A + BC  B + AC

  • Apabila D menggantikan C

D + BC  C + BD

Contoh :

Sebuah kawat tembaga dimasukkan ke dalam larutan perak nitrat. Tembaga lebih aktif daripada perak, maka tembaga menggantikan perak membentuk larutan tembaga (II) nitrat berwarna biru.

4.  Reaksi Pertukaran Ganda (Metatesis)

Reaksi metatesis merupakan reaksi yang melibatkan pertukaran bagian dari pereaksi. Jika pereaksi adalah senyawa ionik dalam bentuk larutan, maka bagian yang bertukaran adalah kation dan anion dari senyawa. Contoh reaksinya :

2Kl(aq) + Pb(NO3)2(aq)  2KNO3(aq) + PbI2(s)

5.  Reaksi Pembakaran

Reaksi pembakaran adalah reaksi suatu zat dengan oksigen. Reaksi ini biasanya belangsung dengan cepat disertai pelepasan kalor membentuk nyala.

Contoh reaksi pembakaran :

Reaksi antara metana dengan oksigen.

CH4(g) + 2O2(g) CO2(g) + 2H2O(g)

Reaksi antara tembaga dengan perak nitrat.

CU(s) + 2AgNO3(aq) 2Ag(s) + Cu(NO3)2(aq)

6.  Reaksi Netralisasi

Reaksi netralisasi adalah reaksi suatu asam dan basa yang menghasilkan senyawa ion dan juga air atau garam. Berikut merupakan contoh reaksi netralisasi yang menghasilkan garam dan air

HCl(aq) + NaOH(aq)  NaCl(aq) +H2O(l)

7.  Reaksi Pengendapan

Suatu reaksi akan menghasilkan endapan apabila dua senyawa ionik yang dapat larut dicampurkan. Contohnya reaksi antara kalsium klorida dan natrium fosfat.

3CaCl2(aq) + 2Na3PO4(aq) Ca3(PO4)2(s) + 6NaCl(aq)

Baca juga :

Demikian ulasan sekilas tentang Macam-macam Reaksi Kimia dan Contoh Reaksinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan