Macam-macam Bentuk Akar pada Tumbuhan dan Gambarnya

Amongguru.com. Macam-macam Bentuk Akar pada Tumbuhan dan Gambarnya.

Akar adalah salah satu bagian pokok dari tumbuhan yang tumbuh menuju inti bumi. Fungsi utama akar adalah untuk menyerap air dan unsur hara dari dalam tanah. Akar juga berfungsi untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan.

Bentuk akar pada tumbuhan pada umumnya meruncing di bagian ujungnya. Bentuk runcing pada akar tersebut agar memudahkan akar untuk menembus tanah.

Akar mempunyai struktur luar yang terdiri dari daerah pertumbuhan akar, tudung akar, serta bulu akar. Sedangkan bagian-bagian akar dari luar ke dalam adalah epidermis, korteks, endodermis, dan jaringan pengangkut (xilem dan floem).

Berdasarkan ciri-ciri bentuknya, maka akar pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi beberapa macam sebagai berikut.

1.  Akar Tunggang (Tidak Bercabang)

Akar tunggang yang tidak bercabang biasanya terdiri dari akar-akar halus yang berbentuk serabut. Salah satu fungsi dari akar ini adalah untuk tempat penyimpanan cadangan makanan.

2.  Akar Tunggang (Bercabang)

Akar tunggang bercabang memiliki bentuk kerucut panjang, tumbuh lurus ke bawah bercabang banyak, sehingga akan memberikan kekuatan yang lebih besar pada batang untuk tetap kokoh berdiri.

3.  Akar Serabut

Akar serabut lebih banyak terdapat pada tumbuhan berkeping satu (monokotil). Akar serabut merupakan akar yang tumbuh dar pangkal batang akar primer atau lembaga yang sudah mati.

4.  Akar Gantung

Akar gantung tumbuh dari bagian atas batang dan mengarah ke tanah. Akar gantung biasanya berfungsi untuk menyerap air dan gas dari udara.

5.  Akar Napas

Akar napas tumbuh keluar dari batang bagian bawah. Sebagian akar napas akan muncul di permukaan tanah dan sebagian lainnya berada di dalam tanah untuk bernapas, karena memiliki banyak celah.

6.  Akar Tunjang

Akar tunjang tumbuh dari bagian bawah akar menuju ke segala arah. Akar tunjang berfungsi untuk menunjang batang agar tidak rebah.

7.  Akar Banir

Akar banir merupakan akar yang tumbuh menonjol di atas tanah. Akar banir berfungsi untuk memperkokoh berdirinya suatu tanaman.

8.  Akar Pengisap

Akar pengisap termasuk dalam akar yang terdapat pada tumbuhan jenis parasit. Selain sebagai tempat untuk melekatkan diri, akar ini juga berfungsi sebagai alat pengisap sari makanan pada tumbuhan yang ditumpangi (inang).

9.  Akar Pelekat

Akar pelekat terdapat pada tumbuhan yang tumbuh memanjat. Akar ini berfungsi untuk melekatkan batang pada tembok atau pun tumbuhan lainnya.

10.  Akar Lutut

Akar lutut tumbuh ke atas selanjutnya membelok lagi ke dalam tanah, sehingga membentuk seperti lutut yang membengkok.

11.  Akar Pembelit

Akar pembelit berkembang pada tumbuhan yang memanjat. Contoh tumbuhan yang memiliki akar pembelit adalah vanili (Vanilla planifolia).

Baca juga : Struktur dan Macam-macam Bentuk Daun Beserta Gambarnya.

Demikian ulasan mengenai Macam-macam Bentuk Akar pada Tumbuhan dan Gambarnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan