Lirik Lagu Hymne Hari Ibu dan Mars Hari Ibu Dilengkapi Partiturnya

Lirik Lagu Hymne Hari Ibu dan Mars Hari Ibu Dilengkapi Partiturnya

Amongguru.com. Hymne Hari Ibu dan Mars Hari Ibu sering dinyanyikan pada puncak peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember.

Lagu Hymne Hari Ibu dan Mars Hari Ibu dinyanyikan sebagai penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa perjuangan Ibu.

Hari Ibu selalu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Hakekat Peringatan Hari Ibu adalah mengingatkan rakyat Indonesia akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa.

Hari Ibu juga menjadi penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan dalam sejarah perjuangan bangsa.

Untuk itulah sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu, Peringatan Hari Ibu ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai hari nasional.

Peringatan Hari Ibu (PHI) yang dilaksanakan setiap tanggal 22 Desember, merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan.

Peringatan Hari Ibu juga sebagai momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Perjalanan sejarah yang melatarbelakangi Peringatan Hari Ibu dari awal ditetapkan hingga saat ini, memperlihatkan jejak perjuangan perempuan Indonesia yang telah menempuh jalan panjang untuk mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia dalam erkehidupan berbangsa dan bernegara.

Bibit kebangkitan perjuangan perempuan Indonesia telah dimulai sebelum masa kemerdekaan. Hal ini ditandai perjuangan pendekar perempuan diberbagai tempat di Indonesia, seperti Tjuk Njak Dien di Aceh, Nji Ageng Serang di Jawa Barat, dan R.A Kartini di Jawa Tengah.

Baca : Sejarah Singkat Hari Kartini dan Makna Dibalik Peringatannya

Di dalam kurun waktu setelah kelahiran Budi Utomo pada tahun 1908, banyak lahir perkumpulan perempuan di berbagai tempat, seperti Aisiyah, Wanita Katolik, Putri Merdeka, dan lain sebagainya

Kemudian pada Kongres Pemuda Indonesia pertama pada 30 April sampai dengan 2 Mei 1928 menempatkan perempuan sebagai satu titik sentral pembahasan, mengenai kedudukan perempuan dalam masyarakat Indonesia.

Kongres Perempuan Indonesia pertama dilaksanakan tidak lama setelah Sumpah Pemuda. Kon gres dilaksanakan pada 22-25 Desember 1928 dengan tujuan menyatukan perkumpulan perempuan-perempuan Indonesia dalam satu perhimpunan.

Kongres I telah melahirkan langkah besar bagi kehidupan perempuan Indonesia, yaitu: Pertama, tercapainya hasrat untuk membentuk sebuah organisasi perempuan solid, yang ditandai dengan kelahiran sebuah organisasi perempuan yang dinamakan “Perikatan Perempuan
Indonesia”.

Kedua, kongres tersebut telah melahirkan tiga mosi yang keseluruhannya berorientasi pada kemajuan perempuan, yaitu: tuntutan penambahan sekolah rendah untuk anak perempuan Indonesia, perbaikan aturan dalam hal taklek nikah, perbaikan aturan tentang sokongan untuk janda dan anak yatim pegawai negeri.

Kongres Perempuan Indonesia pertama tersebut diakui sebagi tonggak sejarah kebangkitan pergerakan perempuan Indonesia, sehingga pada Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung tahun 1938, tanggal 22 Desember dinyatakan sebagai Hari Ibu melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional Yang Bukan Hari libur,

Hari Ibu tanggal 22 Desember dijadikan hari nasional yang diperingati setiap tahun secara khidmat dan penuh makna oleh segenap bangsa Indonesia.

Makna dari Kongres Perempuan Indonesia pertama layak menjadi inspirasi bagi perjuangan perempuan masa kini.

Melalui Peringatan Hari Ibu, adalah sangat penting menelusuri inspirasi dari semangat perjuangan perempuan masa itu ke perjuangan perempuan Indonesia masa kini .

Berikut ini adalah lirik lagu Hymne Hari Ibu dan Mars Hari Ibu dilengkapi dengan partiturnya.

Lirik Lagu Hymne Ibu

Sekuntum melati lambang kasih nan suci
Ibu Indonesia pembina tunas bangsa
Berkorban, sadar cita tercapai dengan giat bekerja
Merdeka laksanakan bhakti pada Ibu Pertiwi

Wanita Indonesia sebagai ibu bangsa
Insan pembangunan mitra sejajar pria
Merdeka melaksanakan dharma tuk mencapai cita-cita
Indonesia nan jaya adil makmur merata

Partitur Lagu Hymne Ibu

Lirik Lagu Mars Ibu

Merdeka melaksanakan dharma perlambang tekad kaum wanita
Bahu membahu dengan kaum pria mencapai kemerdekaan bangsa

Mempersiapkan generasi muda jadi penerus perjuangan bangsa
Bulan Desember dua puluh dua tahun dua puluh delapan

Awal kesatuan gerak wanita Indonesia meningkatkan peran wanita jadi tekad kita
Menjadi mitra sejajar pria dalam pembangunan bangsa

Hari Ibu Indonesia pembangkit semangat juang kita

Partitur Lagu Mars Ibu

Demikian lirik lagu Hymne Hari Ibu dan Mars Hari Ibu dilengkapi partiturnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan