Link Pengumuman Rangking Hasil SKD CPNS 2018 Wilayah Sumatra

Link Pengumuman Rangking Hasil SKD CPNS 2018 Wilayah Sumatra

Amongguru.com. Link Pengumuman Rangking Hasil SKD CPNS 2018 Wilayah Sumatra – Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali digelar di tahun 2018 ini.

Pendafaran seleksi CPNS 2018 mulai dibuka pada tanggal 26 September 2018 dan ditutup 15 Oktober kemarin, melalui portal resmi http://sscn.bkn.go.id.

Link Pengumuman Rangking Hasil SKD CPNS 2018 Wilayah Sumatra
Link Pengumuman Rangking Hasil SKD CPNS 2018 Wilayah Sumatra

Pengadaan CPNS 2018 kali ini berdasarkan Nawacita dari Presiden Republik Indonesia yang bertujuan untuk pembangunan daerah dan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di dalam meningkatkan pelayanan publik di Indonesia.

Sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 hanya dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh Instansi. Penyelenggaraan tes akan dilakukan dengan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Jumlah Alokasi Formasi dan Prioitas Penerimaan CPNS 2018

Berdasarkan PermenPANRB Nomor 36 tahun 2018, penetapan kebutuhan CPNS 2018 secara nasional, yaitu dengan sistem Zero Growth.

Total alokasi penetapan kebutuhan untuk Instansi Pusat dan Daerah sejumlah 238.015 (dua ratus tiga puluh delapan ribu lima belas).

Rinciannya sebanyak 51.271 untuk instansi pusat dan sebanyak 186.744 untuk instansi daerah.

  • Rincian Jumlah Formasi Untuk Instansi Pusat
  1. Formasi jabatan inti dari pelamar umum sebanyak 24.817
  2. Formasi guru madrasah Kementerian Agama yang bertugas di kabupaten/kota sebanyak 12.000
  3. Formasi dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454.
  • Rincian Jumlah Formasi Untuk Instansi Daerah
  1. Formasi guru kelas dan mata pelajaran sebanyak 88.000.
  2. Formasi guru agama sebanyak 8.000 formasi.
  3. Formasi tenaga kesehatan (dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, dan tenaga medis/paramedis) sebanyak 60.315.
  4. Formasi tenaga teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429.

Prioritas penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 untuk bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang infrastruktur, jabatan Fungsional, dan jabatan teknis lain.

CPNS yang terpilih pada instansi pusat akan ditempatkan di 76 kementerian/lembaga dan CPNS di instansi daerah akan ditempatkan di 525 pemerintah daerah.

  • Formasi Khusus CPNS 2018

Selain formasi umum, ada juga beberapa formasi khusus dalam rekrutmen CPNS tahun 2018 ini. Formasi khusus seleksi CPNS 2018 terdiri dari :

  1. putra/putri lulusan terbaik (cumlaude);
  2. penyandang disabilitas
  3. putra/putri Papua dan Papua Barat
  4. diaspora;
  5. olahragawan berprestasi internasional; dan
  6. tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari eks tenaga honorer kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Tahapan Jadwal Seleksi CPNS 2018

Link Pengumuman Rangking Hasil SKD CPNS 2018 Wilayah Sumatra
Link Pengumuman Rangking Hasil SKD CPNS 2018 Wilayah Sumatra

Tahapan seleksi penerimaan CPNS 2018 berdasarkan Permenpan RB Nomor 36 Tahun 2018 meliputi seleksi administrasi (pendaftaran dan verifikasi), Seleksi Kompetensi Dasar, dan Seleksi Kompetensi Bidang.

A. Seleksi Administrasi

Verifikasi persyaratan administrasi kelengkapan dokumen pelamar dilakukan oleh Panitia Pelaksana Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Instansi.

Instansi penyelenggara seleksi CPNS melakukan verifikasi kualifikasi pendidikan dan program studi secara cermat dan teliti sesuai dengan ketentuan.

Pelamar dapat mengikuti seleksi apabila dinyatakan lulus seleksi administrasi oleh Panitia Pelaksana Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Instansi sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

B. Seleksi Kompetensi Dasar

Pelaksanaan dan Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar ditentukan paling banyak 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan masing-masing Jabatan berdasarkan peringkat nilai seleksi kompetensi dasar

Materi Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018 meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakter Pribadi (TKP).

C. Seleksi Kompetensi Bidang

Kompetensi bidang merupakan kemampuan dan karakteristik dalam diri, berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya sebagai individu, sehingga individu mampu menampilkan unjuk kerja yang tinggi dalam suatu jabatan tertentu.

Berdasarkan pengertian tersebut, maka seleksi kompetensi bidang lebih difokuskan pada tes tugas jabatan yang dipilih peserta seleksi CPNS.

Jumlah peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang ditentukan paling banyak 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan masing-masing jabatan berdasarkan peringkat nilai Seleksi Kompetensi Dasar.

Link Pengumuman Rangking Hasil SKD CPNS 2018 Kalimantan

Setelah tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) selesai, maka seleksi CPNS tahun 2018 akan memasuki tahap berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) 

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi kompetensi dasar adalah yang memenuhi nilai ambang batas (passing grade) sesuai ketentuan yang diberlakukan.

Nilai ambang batas atau passing grade diperlukan untuk menentukan kelulusan tes Kompetensi Dasar CPNS 2018. Supaya dapat mengikuti seleksi lanjutan, peserta Seleksi Kompetensi Dasar harus melampaui nilai ambang batas (passing  grade) seperti yang diatur dalam Permenpan RB Nomor 37 Tahun 2018.

Passing grade Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 berdasarkan Permenpan RB Nomor 37 Tahun 2018 adalah sebagai berikut.

  • 143 (seratus empat puluh tiga) untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  • 80 (delapan puluh) untuk Tes Intelegensia Umum (TIU).
  • 75 (tujuh puluh lima) untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Ketentuan tentang nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar CPNS tahun 2018 ini dibedakan bagi peserta yang mendaftar pada jenis penetapan kebutuhan (formasi) khusus berikut.

  1. Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude).
  2. Penyandang Disabilitas.
  3. Putra/Putri Papua dan Papua Barat.
  4. Olahragawan Berprestasi Internasional.
  5. Diaspora.
  6. Tenaga Guru dan Tenaga Medis/Paramedis dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II.

Passing grade tes Kompetensi Dasar seleksi CPNS 2018 untuk peserta yang mendaftar pada jenis formasi khusus, sebagai berikut.

  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude) dan Diaspora paling sedikit 298 (dua ratus sembilan puluh delapan), dengan nilai TIU paling rendah 85 (delapan puluh lima).
  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Penyandang Disabilitas paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU serendah-rendahnya 70 (tujuh puluh).
  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Putra/Putra Papua dan Papua Barat paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU paling sedikit 60 (enam puluh).
  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Tenaga Guru dan Tenaga Medis/Paramedis dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU paling sedikit 60 (enam puluh).
  • Nilai terendah dari peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Olahragawan Berprestasi Internasional merupakan nilai ambang batas hasil Seleksi Kompetensi Dasar.

Untuk jabatan Dokter Spesialis, Instruktur Penerbang, Petugas Ukur, Rescuer, Anak Buah Kapal, Pengamat Gunung Api, Penjaga Mercu Suar, Pelatih/Pawang Hewan, dan Penjaga Tahanan pada penetapan kebutuhan (formasi) umum diberikan pengecualian. Pengecualian nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar bagi jabatan-jabatan tersebut sebagi berikut.

  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi formasi jabatan Dokter Spesialis dan Instruktur Penerbang paling sedikit 298 (dua ratus sembilan puluh delapan), dengan nilai TIU sesuai Passing Grade.
  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi formasi Jabatan Petugas Ukur, Rescuer, Anak Buah Kapal, Pengamat Gunung Api, Penjaga Mercu Suar, Pelatih/Pawang Hewan, dan Penjaga Tahanan paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU paling sedikit 70 (tujuh puluh).

Berikut Admin bagikan Link Pengumuman Rangking Hasil SKD CPNS 2018 Wilayah Sumatra untuk membantu pelamar dalam mencari informasi tentang kelulusan SKD pada masing-masing instansi daerah di wilayah tersebut.

1Pengumuman Hasil SKDPemerintah AcehUnduh
2Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Aceh BesarUnduh
3Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. PidieUnduh
4Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Aceh TimurUnduh
5Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Aceh SelatanUnduh
6Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Aceh BaratUnduh
7Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Aceh TengahUnduh
8Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Aceh TenggaraUnduh
9Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. SimeulueUnduh
10Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. BireuenUnduh
11Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Aceh SingkilUnduh
12Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Gayo LuesUnduh
13Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Aceh TamiangUnduh
14Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Nagan RayaUnduh
15Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Aceh JayaUnduh
16Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Pidie JayaUnduh
17Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota SabangUnduh
18Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota Banda AcehUnduh
19Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota LangsaUnduh
20Pengumuman Hasil SKDPemerintah Provinsi Sumatera UtaraUnduh
21Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Deli SerdangUnduh
22Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. KaroUnduh
23Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. LangkatUnduh
24Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Tapanuli TengahUnduh
25Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. SimalungunUnduh
26Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. LabuhanbatuUnduh
27Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. DairiUnduh
28Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Tapanuli UtaraUnduh
29Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Tapanuli SelatanUnduh
30Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. AsahanUnduh
31Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. NiasUnduh
32Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Toba SamosirUnduh
33Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Mandailing NatalUnduh
34Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Humbang HasundutanUnduh
35Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Pakpak BharatUnduh
36Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. SamosirUnduh
37Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Serdang BedagaiUnduh
38Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Padang LawasUnduh
39Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Padang Lawas UtaraUnduh
40Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. BatubaraUnduh
41Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Labuhanbatu SelatanUnduh
42Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Labuhanbatu UtaraUnduh
43Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Nias BaratUnduh
44Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Nias UtaraUnduh
45Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota MedanUnduh
46Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota Tebing TinggiUnduh
47Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota BinjaiUnduh
48Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota TanjungbalaiUnduh
49Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota SibolgaUnduh
50Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota Gunung SitoliUnduh
51Pengumuman Hasil SKDPemerintah Provinsi RiauUnduh
52Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. KamparUnduh
53Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. BengkalisUnduh
54Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Indragiri HuluUnduh
55Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Indragiri HilirUnduh
56Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. PelalawanUnduh
57Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Rokan HuluUnduh
58Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Rokan HilirUnduh
59Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. SiakUnduh
60Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Kuantan SingingiUnduh
61Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Kepulauan MerantiUnduh
62Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota PekanbaruUnduh
63Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota DumaiUnduh
64Pengumuman Hasil SKDPemerintah Provinsi Sumatera BaratUnduh
65Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. AgamUnduh
66Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. PasamanUnduh
67Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Limapuluh KotaUnduh
68Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. SolokUnduh
69Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Padang PariamanUnduh
70Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Pesisir SelatanUnduh
71Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Tanah DatarUnduh
72Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. SijunjungUnduh
73Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Kep. MentawaiUnduh
74Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Solok SelatanUnduh
75Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. DharmasrayaUnduh
76Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Pasaman BaratUnduh
77Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota BukittinggiUnduh
78Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota Padang PanjangUnduh
79Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota SawahluntoUnduh
80Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota SolokUnduh
81Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota PadangUnduh
82Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota PayakumbuhUnduh
83Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota PariamanUnduh
84Pengumuman Hasil SKDPemerintah Provinsi JambiUnduh
85Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Batang HariUnduh
86Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Tanjung Jabung BaratUnduh
87Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. BungoUnduh
88Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. MeranginUnduh
89Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. KerinciUnduh
90Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. SarolangunUnduh
91Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. TeboUnduh
92Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Muaro JambiUnduh
93Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Tanjung Jabung TimurUnduh
94Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota JambiUnduh
95Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota Sungai PenuhUnduh
96Pengumuman Hasil SKDPemerintah Provinsi Sumatera SelatanUnduh
97Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Musi BanyuasinUnduh
98Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Ogan Komering UluUnduh
99Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Muara EnimUnduh
100Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Musi RawasUnduh
101Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Ogan Komering IlirUnduh
102Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. BanyuasinUnduh
103Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Ogan Komering Ulu TimurUnduh
104Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Ogan Komering Ulu Sel.Unduh
105Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Ogan IlirUnduh
106Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Empat LawangUnduh
107Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Musi Rawas UtaraUnduh
108Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota PalembangUnduh
109Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota Pagar AlamUnduh
110Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota Lubuk LinggauUnduh
111Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota PrabumulihUnduh
112Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Penukal Abab Lematang IlirUnduh
113Pengumuman Hasil SKDPemerintah Provinsi Kep. Bangka BelitungUnduh
114Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. BangkaUnduh
115Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. BelitungUnduh
116Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Bangka BaratUnduh
117Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Bangka TengahUnduh
118Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Bangka SelatanUnduh
119Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Belitung TimurUnduh
120Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota Pangkal PinangUnduh
121Pengumuman Hasil SKDPemerintah Provinsi BengkuluUnduh
122Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Bengkulu UtaraUnduh
123Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Bengkulu SelatanUnduh
124Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Rejang LebongUnduh
125Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. KaurUnduh
126Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. SelumaUnduh
127Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. MukomukoUnduh
128Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. KepahiangUnduh
129Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. LebongUnduh
130Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Bengkulu TengahUnduh
131Pengumuman Hasil SKDPemerintah Provinsi LampungUnduh
132Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Lampung SelatanUnduh
133Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Lampung TengahUnduh
134Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Lampung UtaraUnduh
135Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Lampung BaratUnduh
136Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Tulang BawangUnduh
137Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. TanggamusUnduh
138Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Way KananUnduh
139Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Lampung TimurUnduh
140Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. PesawaranUnduh
141Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Tulang Bawang BaratUnduh
142Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. PringsewuUnduh
143Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. MesujiUnduh
144Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kab. Pesisir BaratUnduh
145Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota MetroUnduh
146Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota Bandar LampungUnduh
147Pengumuman Hasil SKDPemerintah Kota BengkuluUnduh

Peserta tes diharapkan untuk terus memantau perkembangan informasi terkait Link Pengumuman Rangking Hasil SKD CPNS 2018 Wiayah Sumatra ini melalui website resmi masing-masing instansi penyelenggara.

Kelalaian peserta dalam membaca atau memahami informasi terkait Ujian Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Daerah tahun 2018 menjadi tanggung jawab peserta ujian sendiri.

Baca juga : TIps Sukses Lolos Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara CPNS Tahun 2018.

Demikian yang dapat Admin informasikan mengenai Link Rangking Pengumuman Hasil SKD CPNS 2018 Wilayah Sumatra. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan