Learning Loss : Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Learning Loss : Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Amongguru.com. Learning loss dapat menjadi salah satu dampak negatif di bidang pendidikan akibat adanya pandemi Covid-19.

Sudah lebih dari dua tahun pandemi Covid-19 berlangsung yang berimplikasi pada kekhawatiran terhadap terjadinya learning loss.

Penutupan sekolah sebagai kebijakan pemerintah untuk mencegah meluasnya pandemi Covid-19, khususnya di satuan pendidikan, mengharuskan peserta didik melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh dalam bentuk Belajar Dari Rumah.

Pembelajaran secara daring yang dilakukan harus tetap mengutamakan prinsip kesehatan dan keselamatan peserta didik.

Selain itu, pembelajaran juga perlu mempertimbangkan pertumbuhan, perkembangan, serta hak anak dalam memperoleh pendidikan.

Oleh karena itu, pemerintah senantiasa melakukan kajian kebijakan pembelajaran sesuai konteks perkembangan pandemi dan juga kebutuhan belajar peserta didik.

Di sisi lain, penutupan sekolah selama pandemi dan pengalihan bentuk pembelajaran dari tatap muka di kelas menjadi virtual, tentu saja berpengaruh pada perkembangan belajar peserta didik. Salah satu dampak tersebut adalah terjadinya learning loss.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai learning loss, berikut ini ulasan mengenai pengertian learning loss, penyebab, dampak, dan cara mengatasinya.

Pengertian dan Penyebab Learning Loss

Learning loss (kehilangan pembelajaran) adalah kondisi hilangnya pengetahuan dan keterampilan dalam perkembangan akademis yang terjadi karena terhentinya pembelajaran dalam dunia pendidikan,

Learning loss menurut The Glossary of Education Reform (https://edglossary.org/) diartikan sebagai kehilangan atau keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang merujuk pada progres akademis, umumnya terjadi karena kesenjangan yang berkepanjangan atau diskontinuitas dalam pendidikan.

The Education and Development Forum mengartikan bahwa learning loss adalah situasi dimana peserta didik kehilangan pengetahuan dan keterampilan baik umum atau khusus atau kemunduran secara akademis, yang terjadi karena kesenjangan yang berkepanjangan atau ketidakberlangsungannya proses pendidikan.

Jika menggunakan definisi yang dipakai di luar negeri, learning loss diartikan sebagai fenomena yang terjadi pada anak-anak dari golongan ekonomi menengah ke bawah yang memang tidak mempunyai kemampuan untuk menggunakan dan mengakses gawai dan internet untuk belajar.

Dampak Learning Loss di Masa Pandemi

Di dalam konteks penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19, learning loss disebut sebagai salah satu bentuk penurunan capaian belajar.

Selama pandemi, pendidikan dilakukan secara daring di mana terjadi kesenjangan akses dan kualitas pembelajaran. Hal inilah yang menyebabkan munculnya learning loss dan capaian belajar peserta didik yang menurun.

Learning loss dapat mengakibatkan sebuah generasi kehilangan kesempatan untuk menambah ilmu, karena adanya penundaan proses pembelajaran.

Peserta didik kehilangan kesempatan belajar sebagaimana mestinya, dan dalam hal ini hak mereka untuk mendapatkan pembelajaran tidak bisa terpenuhi secara maksimal.

Salah satu bukti menurunnya kualitas pendidikan tersebut adalah peserta tidak memiliki ketertarikan untuk belajar, termasuk mengikuti pembelajaran dan memahami materi yang diberikan secara daring.

Cara Mengatasi Learning Loss

Mengatasi learning loss bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah, karena harus  melibatkan banyak elemen pendidikan. Apalagi di masa pandemi, dimana banyak keterbatasan untuk berinteraksi secara langsung satu dengan lainnya.

Sebagai solusi dalam mengatasi learning loss, setiap elemen pendidikan harus saling memastikan bahwa peserta didik mendapatkan hak belajar secara maksimal dengan tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatannya.

Di dalam hal ini, diperlukan program atau kegiatan yang berfokus untuk memenuhi hak belajar,  kesehatan, dan kebutuhan lain dari peserta didik selama berlangsungnya pembelajaran jarak jauh.

Baca : Paparan Materi Kebijakan Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Pembelajaran

Satuan pendidikan berkewajiban membantu peserta didik dalam mengejar ketertinggalan pembelajaran pada saat belajar dari rumah.

Di lain sisi, pemerintah, masyarakat, dan orangtua juga harus mendukung secara penuh pelaksanaan pembelajaran jaraj jauh tersebut.

Dengan demikian. mengatasi learning loss yang muncul selama pembelajarna jarak jauh, bukan hanya tugas guru, orang tua, atau pemerintah semata.

Seluruh elemen pendidikan yang terlibat di dalamnya berperan dalam mengembalikan kesempatan dan semangat belajar peserta didik.

Demikian pengertian learning loss, penyebab, dampak, dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan