Latihan Soal Try Out PPPK P3K Pedagogik Tahun 2021 (50 Soal)

Latihan Soal Try Out PPPK P3K Pedagogik Tahun 2021 (50 Soal)

Amongguru.com. Berikut ini dibagikan latihan soal try out PPPK P3K Pedagogik untuk membantu belajar guru calon peserta seleksi PPPK tahun 2021.

Latihan soal P3K Pedagogik ini berjumlah 50 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan lima alternati jawaban.

Dengan mempelajari latihan soal try out PPPK P3K Pedagogik tahun 2021 ini diharapkan calon peserta seleksi memiliki gambaran bentuk soal PPPK yang akan diujikan.

Pemerintah berencana untuk melaksanakan seleksi guru PPPK P3K tahun 2021. Peserta seleksi wajib mengikuti seluruh tahapan yang telah ditetapkan, salah satunya adalah mengikuti Ujian Seleksi.

Rencana seleksi guru PPPK P3K tahun 2021 meliputi beberapa tahapan, yaitu mulai dari pengajuan formasi, pendaftaran, ujian seleksi, penempatan, hingga pemberkasan.

Di dalam membantu peserta mempersiapkan diri mengikuti seleksi guru PPPK (P3K), berikut dibagikan contoh latihan soal seleksi guru PPPK P3K Pedagogik Tahun 2021. 

Latihan soal seleksi guru PPPK (P3K) Pedagogik ini dapat menjadi gambaran bentuk soal dan juga referensi belajar calon peserta ujian seleksi PPPK tahun 2021.

Hal yang membedakan antara materi soal PPPK dengan soal tes CPNS adalah dalam ujian seleksi PPPK tidak ada seleksi kompetensi dasar, tetapi hanya seleksi kompetensi bidang atau teknis.

Rencana seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tahun 2021 meliputi beberapa tahapan, mulai dari pengajuan formasi, pendaftaran, ujian seleksi, penempatan, hingga pemberkasan.

Pendaftaran untuk menjadi guru PPPK P3K tahun 2021 terbuka untuk : (1) Guru honorer THK-2 sesuai database THK-2 di Badan Kepegawaian Negara; (2) Guru honorer yang terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan per 30 Juni 2020 (tidak harus memiliki NUPTK); dan (3)Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar sebagai guru.

Bagi guru yang saat ini mengajar di sekolah negeri, berlaku ketentuan bahwa jika tersedia formasi di sekolah tempat yang bersangkutan mengajar, akan pendaftaran otomatis di sekolah tersebut.

Ketentuan lainnya adalah ppabila mengajar pada dua sekolah atau lebih, pendaftaran pada sekolah induk. jika tidak tersedia formasi di sekolah tempat yang bersakutan mengajar, maka yang bersangkutan dapat mendaftar di sekolah lain.

Bagi guru swasta atau lulusan PPG yang saat ini tidak mengajar di sekolah negeri, dapat memilih mendaftar di sekolah negeri sesuai ketersediaan formasi.

Pendaftaran dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Badan Kepegawaian Negara. Setiap peserta mendaftar di awal tahun 2021, dan diberikan kesempatan mengikuti ujian seleksi hingga tiga kali.

Rencana Jadwal Ujian Seleksi Guru PPPK tahun 2021

Berikut ini adalah rencana jadwa l ujian seleksi guru PPPK (P3K) tahun 2021.

  1. Ujian seleksi untuk guru TK, SD, SMP, dan SLB : bulan Mei 2021
  2. Ujian seleksi untuk guru SMA, dan SMK : bulan Juni 2021
  3. Ujian seleksi kesempatan kedua : bulan September 2021
  4. Ujian seleksi kesempatan ketiga : bulan Desember 2021

Materi Ujian Seleksi PPPK Tahun 2021

Materi ujian seleksi PPPK tahun 2021 terdiri atas beberapa tipe soal sebagai berikut.

1. Kompetensi Bidang/Teknis

Kompetensi Bidang/Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan bidang teknis jabatan.

2. Tes Bakat Skolastik

Tes Bakat Skolastik adalah tes yang mengukur kemampuan potensial umum yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

3. Kompetensi Manajerial

Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan untuk memimpin dan mengelola organisasi.

4. Kompetensi Sosio Kultural

Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk.

5. Pertanyaan Wawancara

Wawancara adalah tanya jawab antara dua pihak, yaitu pewawancara dan narasumber untuk memperoleh suatu data tentang suatu hal.

Berikut ini adalah tabel mengenai materi ujian seleksi PPPK tahun 2021 (tipe, jumlah soal. waktu, dan bobot soal).

Latihan Soal Try Out PPPK P3K Pedagogik Tahun 2021

Berikut adalah contoh latihan soal try out PPPK P3K Pedagogik tahun 2021. 

Soal nomor 1

Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah ….

A. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

B. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut

C. Memberikan penjelasan pengetahuan baru

D. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya

E. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru

Soal nomor 2

Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar ….

A. Kognitivistik

B.Rekonstruktivistik

C. Behavioristik

D. Konstruktivistik

E. Humanistik

Soal nomor 3

Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A. Sibernetik

B. Behavioristik

C. Kognitivistik

D. Konstruktivistik

E. Humanistic

Soal nomor 3

Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari……

A. Enaktif

B. Simbolik

C. Ikonik

D. Konflik

E. Intuitif

Soal nomor 5

Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari …..

A. Shaping

B. Conditioning

C. Trial and error

D. Stimulus respon

E. Konseptualisasi

Soal nomor 6

Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ….

A. Belajar aktif

B. Belajar konsep

C. Belajar emansipatoris

D. Belajar praktis

E. Belajar teknis.

………….

Latihan soal PPPK P3K Pedagogik tahun 2021 selengkapnya dapat diunduh pada link di bawah ini.

Soal PPPK P3K Pedagogik tahun 2021 – Unduh

Baca :

Demikian yang dapat dibagikan mengenai latihan soal PPPK P3K Pedagogik tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan