Latihan Soal Online IPA Wujud Zat dan Perubahannya Jenjang SMP MTs

Latihan Soal Online IPA Wujud Zat dan Perubahannya Jenjang SMP MTs

Amongguru.com. Berikut ini dibagikan latihan soal online IPA Wujud Zat dan Perubahannya jenjang SMP MTs.

Latihan soal online IPA Wujud Zat dan Perubahannya ini dapat menjadi referensi belajar, khususnya peserta didik kelas 7 SMP MTs.

Latihan soal online IPA Wujud Zat dan Perubahannya ini berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban.

Latihan soal IPA ini dapat langsung dikerjakan secara online oleh peserta didik.  Peserta didik juga bisa langsung mengetahui peroleh nilai dan jawaban yang benar setelah mengerjakan seluruh soal online tersebut.

Zat adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Massa merupakan banyaknya partikel penyusun suatu benda.

A. Ringkasan Materi

Pengertian dan Klasifikasi Zat

Berdasarkan wujudnya, zat dibedakan menjadi tiga, yaitu zat padat, cair, dan gas. Masing-masing wujud zat tersebut memiliki karakteristik ciri yang berbeda.

Zat padat ciri-cirinya, antara lain susunan partikel rapat dan teratur, gaya tarik menarik antar partikel kuat, gerak partikel sangat terbatas (hanya bergetar), bentuk dan volume tetap.

Ciri-ciri zat cair, yaitu susunan partikel kurang rapat dan kurang teratur, gaya tarik menarik antar partikel agak lemah, gerak partikel terbatas, bentuk menyesuaikan wadah, volume tetap.

Sedangkan gas ciri-cirinya adalah susunan partikel longgar dan tidak teratur, gaya tarik menarik antar partikel lemah, gerak partikel bebas, bentuk berubah, volume berubah.

Perubahan Wujud Zat

Zat juga dapat mengalami perubahan wujud dari bentuk satu ke bentuk yang lainnya. Beberapa perubahan wujud zat adalah mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim, dan mengkristal.

1. Mencair

Peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi cair. Di dalam peristiwa ini, zat memerlukan kalor.

2. Membeku

Peristiwa perubahan wujud zat dari cair menjadi padat. Di dalam peristiwa ini, zat melepaskan kalor.

3. Menguap

Peristiwa perubahan wujud zat dari cair menjadi gas. Di dalam peristiwa ini, zat memerlukan kalor.

4. Mengembun

Peristiwa perubahan wujud zat dari gas menjadi cair. Di dalam peristiwa ini, zat melepaskan kalor.

5. Menyublim

Peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi gas. Di dalam peristiwa ini, zat memerlukan kalor.

6. Mengkristal

Peristiwa perubahan wujud zat dari gas menjadi padat. Di dalam peristiwa ini, zat melepaskan kalor.

Adhesi dan Kohesi

Gaya tarik menarik partikel tidak hanya terjadi pada zat yang sama, akan tetapi dapat terjadi juga pada dua zat yang berbeda.

Partikel merupakan bagian terkecil dari suatu zat yang masih memiliki sifat zat tersebut. Masing-masing zat memiliki susunan partikel yang berbeda, sehingga sifat yang dimiliki tiap jenis zat juga berbeda-beda.

Gaya tarik antar partikel dapat dibedakan menjadi dua, yaitu gaya adhesi dan gaya kohesi. Adhesi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara partikel-partikel yang tidak sejenis.

Gaya adhesi akan mengakibatkan sebuah zat dapat menempel pada zat lain, akan tetapi bukan merupakan gaya magnet atau gaya gravitasi bumi.

Kohesi adalah gaya tarik-menarik antara partikel-partikel yang sejenis. Berbeda dengan gaya adhesi, maka gaya kohesi akan mengakibatkan sebuah zat tidak dapat menempel pada zat yang lain.

Massa Jenis

Massa jenis menunjukkan kerapatan suatu zat. Massa jenis merupakan perbandingan antara massa benda dengan volume benda. Secara matematis, massa jenis dirumuskan sebagai berikut.

dengan :

ρ : massa jenis (kg/m3 atau g/cm3)

m : massa benda (kg atau g)

v : volume benda (m3 atau cm3)

Jadi misalnya, batu dengan massa jenis 1,4 g/cm3, artinya setiap 1 cm3 batu memiliki massa sebesar 1,4 gram.

Perbandingan antara massa dan volume benda selalu tetap untuk keadaan yang berbeda-beda. Benda yang sejenis, meskipun bentuk dan ukurannya berbeda, akan mempunyai massa jenis yang sama.

B. Soal

Demikian latihan soal online IPA Wujud Zat dan Perubahannya jenjang SMP MTs. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan