Latihan Soal Online IPA Partikel Penyusun Materi (Atom) Kelas 9 SMP K13

Latihan Soal Online IPA Partikel Penyusun Materi (Atom) Kelas 9 SMP K13

Amongguru.com. Berikut ini dibagikan latihan soal online IPA Partikel Penyusun Materi (Atom) kelas 9 SMP Kurikulum 2013 (K13).

Latihan soal online IPA ini untuk membantu peserta didik kelas 9 SMP/MTs dalam mempelajari partikel penyusun materi, khususnya tentang atom.

Ringkasan Materi

Partikel adalah sebuah satuan dasar dari benda atau materi. Dapat diartikan juga bahwa partikel merupakan satuan bagian terkecil dari suatu materi.

Terdapat tiga jenis partikel penyusun materi, yaitu atom, molekul, dan ion.  Dengan demikian, atom, molekul, dan ion ketiganya merupakan satuan terkecil dari materi yang secara umum disebut partikel.

Atom merupakan salah satu partikel dasar penyusun suatu materi. Kata “atom” berasal dari bahasa Yunani, atomos (berarti tidak dan tomos berarti terbagi).

Sampai saat ini, manusia belum mampu untuk melihat partikel terkecil dari zat secara langsung maupun dengan bantuan alat mikroskop canggih sekali pun. Dengan demikian, bentuk atom sendiri belum pernah ada yang mengetahuinya.

Teori atom pertama kali dikemukakan oleh John Dalton di tahun 1803, yang mengajukan pemikiran bahwa atom merupakan bagian terkecil penyusun materi.

Model atom terus berkembang, mulai dari model atom Dalton, Thomson, Rutherford, hingga Bohr. Di dalam perkembangan teori atom, dinyatakan bahwa partikel dasar atom terdiri dari proton, elektron, dan neutron.

Proton merupakan bagian penyusun atom yang memiliki muatan positif. Elektron adalah bagian penyusun atom yang bermuatan negatif. Sedangkan neutron merupakan bagian penyusun atom yang netral atau tidak bermuatan.

Penjelasan Lengkap tentang Listrik Statis dan Contohnya dalam kehidupan
Susunan atom netral

Benda dikatakan bermuatan positif, jika jumlah proton lebih besar dari jumlah elektron. Benda bermuatan negatif, jika jumlah elektron lebih besar dari jumlah proton. Sedangkan benda netral, jika jumlah proton sama dengan jumlah elektron.

Penulisan lambang atom unsur selalu menyertakan nomor atom dan nomor massa unsur dengan notasi seperti berikut.

Nomor atom menunjukkan jumlah muatan positif dalam inti atom (jumlah proton), sedangkan nomor massa merupakan penjumlahan dari massa proton dan massa elektron.

Latihan Soal Online IPA Partikel Penyusun Materi (Atom) 

Latihan soal online IPA Partikel Penyusun Materi (Atom) kelas 79 SMP/MTs Kurikulum 2013 ini berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban

Peserta didik dapat langsung mengerjakan soal online IPA tersebut dan mengetahui perolehan nilainya.

Berikut adalah tampilan latihan soal online IPA Partikel Penyusun Materi (Atom) kelas 9 SMP MTs Kurikulum 2013. 

 

Demikian latihan soal online IPA Partikel Penyusun Materi (Atom) untuk kelas 9 SMP MTs Kurikulum 2013. Selamat mengerjakan dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan