Latihan Soal ANBK AKM Numerasi SD 2023 dan Pembahasan

Latihan Soal ANBK AKM Numerasi SD 2023 dan Pembahasan

Amongguru.com. Berikut ini adalah latihan soal ANBK Asesmen Kompetensi Minumum (AKM) numerasi SD MI Tahun Pelajaran 2023/2024 dan pembahasannya.

Latihan soal AKM numerasi jenjang SD MI 2023 dan pembahasannya ini untuk membantu belajar peserta didik yang akan mengikuti ANBK tahun 2023.

Latihan soal ANBK AKM numerasi ini untuk memberikan gambaran bentuk soal Asesmen Kompetensi Minimum numerasi untuk jenjang SD/MI Tahun Pelajaran 2023/2024.

Asesmen Nasional adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Sedangkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), yaitu asesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semi daring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal.

Seluruh Mekanisme dan prosedur pelaksanaan Asemen nasional mengacu kepada Prosedur Operasional Standar (POS) AN yang ditetapkan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Satuan pendidikan yang melaksanakan Asesmen Nasional adalah seluruh satuan pendidikan, termasuk Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) dan Program Pendidikan Kesetaraan di luar negeri yang terdaftar dalam pangkalan data Dapodik atau EMIS dan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang valid.

Instrumen Asesmen Nasional

Instrumen Asesmen Nasional, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar).

AKM bertujuan mengukur hasil belajar kognitif peserta didik dalam Literasi Membaca dan Numerasi. Survei Karakter mengukur perkembangan karakter peserta didik sebagai salah satu capaian pembelajaran yang mengacu pada Profil Pelajar Pancasila. Sedangkan Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas lingkungan belajar pada Satuan Pendidikan.

Bentuk soal AN terdiri dari bentuk soal objektif (Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, dan Isian Singkat) dan bentuk soal non objektif (Uraian).

Komponen AKM terdiri atas konten, level kognitif, dan konteks. Hasil belajar non kognitif peserta didik yang diukur dalam Survei Karakter adalah sikap, kebiasaan, nilai-nilai pada enam aspek Profil Pelajar Pancasila,

Enam aspek tersebut, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia; bernalar kritis; kemandirian; kreativitas; bergotong royong; dan berkebinekaan global.

Survei Lingkungan Belajar bertujuan untuk mengukur komponen berikut :

1. iklim keamanan;

2. iklim inklusivitas;

3. iklim kebinekaan;

4. iklim kesetaraan gender;

5. kualitas pembelajaran pada Satuan Pendidikan;

6. refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru;

7. kepemimpinan instruksional; dan

8. dukungan orang tua dan murid terhadap program Satuan Pendidikan.

Peserta Didik yang Mengikuti Asesmen Nasional

Peserta Asesmen Nasional dari setiap Satuan Pendidikan padajenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah, yaitu :

1 . peserta didik yang terdaftar dalam pangkalan Dapodik atau EMIS yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) valid;

2. perwakilan peserta didik kelas 5 (lima), kelas 8 (delapan), kelas 11 (sebelas);

3. peserta didik dari Sekolah Luar Biasa (SLB) diikuti oleh perwakilan peserta didik disabilitas sensorik rungu (tunarungu) dan/atau disabilitas fisik (tunadaksa) yang tidak memiliki ketunaan tambahan, hambatan intelektual, bahasa/membaca, dan dapat mengerjakan AN secara mandiri;

4. peserta didik pada jenjang SD/MI/SDLB/Paket A/PKPPS Ula, memiliki laporan penilaian hasil belajar mulai semester ganjil kelas 1 sampai dengan semester genap kelas 4;

5. peserta didik pada jenjang SMP/MTs/SMPLB/Paket B/PKPPS Wustha, memiliki laporan penilaian hasil belajar semester ganjil dan genap kelas 7;

6. peserta didik pada jenjang SMA/MA/SMALB/SMK/MAK/Paket C/PKPPS Ulya, memiliki laporan penilaian hasil belajar semester ganjil dan genap kelas 10.

Jadwal ANBK Tahun 2023

Berdasarkan POS Penyelenggaran Asesmen Nasional Tahun 2023, pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) tahun 2023, yaitu pada Agustus sampai dengan Oktober 2023.

Jadwal pelaksanaan AN untuk jenjang SMA/SMK/MA/Sederajat pada minggu keempat bulan Agustus 2023. Untuk jenjang SMP/MTs/Sederajat, jadwal ANBK, yaitu pada pertengahan bulan September 2023, dan untuk jejang SD/MI/Sederajat terjadwal pada akhir bulan Oktober 2023.

Sedangkan Survei Lingkungan Belajar. jadwal pelaksanaannya pada pertengahan bukan September hingga akhir Oktober 2023.

Latihan Soal ANBK AKM Numerasi SD Tahun 2023

Latihan Soal ANBK AKM Numerasi SD Tahun 2023

AKM menjadi salah satu bentuk Asesmen Nasional. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), yaitu pengukuran kompetensi peserta didik dalam Literasi Membaca dan Literasi Matematika (Numerasi).

Pelaksanaan AKM tidak berdasarkan atas penguasaan materi kurikulum yang pernah diterapkan dalam Ujian Nasional. AKM bertujuan untuk pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yaitu dalam hal literasi dan numerasi.

Literasi dan numerasi adalah kompetensi yang sifatnya general dan mendasar. Kemampuan berpikir tentang, dan dengan, bahasa serta matematika sangat perlu dalam berbagai konteks, baik personal, sosial, maupun profesional.

Literasi tidak hanya kemampuan membaca, akan tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan, dan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan kompetensi numerasi berarti kemampuan menganalisis menggunakan angka.

Dua hal tersebut yang akan menyederhanakan asesmen kompetensi minimal, sehingga bukan lagi berdasarkan mata pelajaran dan penguasaan materi. Literasi dan numerisasi menjadi kompetensi minimum atau kompetensi dasar yang peserta didik butuhkan untuk bisa belajar,

Literasi bukan sekadar kemampuan membaca. Kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan untuk memahami konsep di balik tulisan tersebut termasuk bagian literasi. Sedangkan numerasi adalah kemampuan menganalisis menggunakan angka.

Penekanan literasi dan numerasi bukan tentang mata pelajaran bahasa atau matematika. Keduanya terkait kemampuan peserta didik agar dapat menggunakan konsep literasi ini untuk menganalisa sebuah materi.

Di dalam membantu belajar peserta didik mempersiapkan diri mengikuti ANBK Tahun Pelajaran 2023/2024, maka berikut ini adalah latihan soal ANBK Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi SD MI Tahun 2023.

Latihan soal ANBK AKM Numerasi SD MI Tahun 2023 ini sudah dengan pembahasan untuk memudahkan mempelajari. Latihan soal ANBK AKM Numerasi untuk jenjang SD/MI Tahun Pelajaran 2023/2024 selengkapnya dapat dibaca di sini.

Contoh Soal AKM SD/MI Tahun Pelajaran 2023 lainnya dapat di unduh pada tautan berikut .

Demikian latihan soal ANBK AKM numerasi SD MI Tahun 2023. Semoga bermanfaat.

Ikuti update terbaru melalui :

Tinggalkan Balasan