Kurang Waktu Tidur Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah Pada Tubuh

Kurang Waktu Tidur Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah Pada Tubuh

Amongguru.com. Kurang Waktu Tidur Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah Pada Tubuh.

Kualitas tidur salah satunya ditentukan oleh waktu tidur yang cukup. Tidur dengan waktu yang cukup akan mampu mengistirahatkan organ-organ tubuh setelah lelah melakukan berbagai aktivitas.

Tahukah Anda bahwa kebiasaan tidur dapat mempengaruhi riwayat penyakit seseorang?

Berdasarkan penelitian, kurang tidur merupakan faktor resiko dari diabetes tipe 2 yang gejalanya sering diabaikan. Diabetes tipe 2 lebih disebabkan oleh penerapan pola hidup yang tidak sehat, salah satunya kurangnya waktu istirahat.

Di dalam jurnal Diabetes Care, para peneliti dari University of Chicago mengungkapkan penderita diabetes yang memiliki pola tidur buruk akan memiliki kadar glukosa lebih tinggi dan lebih sulit mengendalikan penyakitnya.

Tim peneliti menemukan penderita diabetes yang mengalami gangguan tidur memiliki kadar gula darah puasa 23 persen lebih tinggi, kadar insulin puasa 48 persen lebih tinggi, dan resistensi insulin 82 persen lebih tinggi dibanding dengan orang yang diabetes dengan pola tidurnya normal (sumber : https://www.hdindonesia.com).

Kurang Waktu Tidur Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah Pada Tubuh
Kurang Waktu Tidur Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah Pada Tubuh

Kekurangan insulin sebagai hormon yang mengatur kadar gula darah, disebabkan oleh waktu tidur yang sedikit. Pada saat kita terjaga, maka tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon stres (seperti kortisol), akan tetapi justru menghambat insulin dalam melakukan tugasnya menjaga kadar gula darah.

Akibat yang terjadi adalah terjadi peningkatan glukosa yang tetap berada di dalam aliran darah, sehingga beresiko terjadinya diabetes tipe 2. Efek tersebut terlihat pada orang yang hanya tidur empat jam tiap malam.

Tidur yang terlalu sedikit juga bisa meningkatkan napsu makan dan mengurangi tin gkat kekenyangan. Hal ini menyebabkan Anda untuk terus menginginkan makan dengan banyak karbohidrat dan gula sebagai pemicu naiknya gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa tidur yang berkualitas dan cukup akan bisa membantu menstabilkan gula darah. Penderita bdiabetes sangat disarankan untuk menata pola tidurnya, agar gula darahnya dapat terkontrol.

Mengurangi stress adalah salah satu upaya untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Tingkat insulin dapat dinaikkan kembali dengan dua malam penuh tidur atau hampir 10 jam per malam.

Baca juga :

Demikian ulasang tentang Kurang Waktu Tidur Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah Pada Tubuh. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan