Kriteria dan Ketentuan Akreditasi Sekolah Luar Biasa SLB Tahun 2019

Kriteria dan Ketentuan Akreditasi Sekolah Luar Biasa SLB Tahun 2019

Amongguru.com. Akreditasi sekolah bertujuan untuk menilai kelayakan dan kinerja program atau satuan pendidikan yang dilakukan secara menyeluruh (komprehensif).

Kelayakan dan kinerja tersebut mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan merupakan kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh Indonesia,dengan ruang lingkup sebagai berikut.

1. Standar Isi

2. Standar Proses

3. Standar Kompetensi Lulusan

4. standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

5. Standar Sarana dan Prasarana

6. Standar Pengelolaan

7. Standar Pembiayaan

8. Standar Penilaian Pendidikan

Hasil akreditasi sekolah diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan perangkat kelayakan yang diterbitkan oleh sebuah lembaga mandiri dan profesional, bernama Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M).

Kriteria dan Ketentuan Akreditasi Sekolah Luar Biasa SLB Tahun 2019

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) telah menerbitkan Keputusan Nomor 394/P/2019 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Dasar Luar Biasa, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa.

Di dalam melaksanakan ketentuan Pasal 20 ayat (1) Permendikbud Nomor 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal, perlu menetapkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Dasar Luar Biasa, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa.

Pasal 20 Ayat (1) Permendikbud Nomor 13 Tahun 2018 menyebutkan bahwa kriteria dan perangkat administrasi BAN (Badan Akreditasi Nasional) ditetapkan oleh Menteri Pendiidikan dan Kebudayaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan,

Salah satu hasil dari akreditasi terhadap SLB tahun 2019 adalah memberikan penilaian dan peringkat akreditasi terhadap satuan pendidikan SLB.

Dikarenakan perangkat akreditasi tahun 2019 masih berdiri masing-masing, yaitu perangkat SDLB, SMPLB dan SMALB, maka pemberian nilai, status dan peringkat untuk SLB akan dilakukan melalui konversi hasil penilaian per jenjang.

Penentuan Nilai Akhir Akreditasi SLB

Di dalam Keputusan Mendikbud Nomor 394/P/2019 tersebut diinformasikan bahwa apabila dalam SLB hanya terdapat satu jenjang saja, misalnya hanya SDLB, SMPLB atau SMALB, maka nilai akreditasi per komponen, nilai akhir akreditasi dan peringkat SLB sama dengan nilai dan peringkat satuan pendidikan di SLB tersebut.

Baca : Kriteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Madrasah Terbaru Tahun 2019

Sedangkan jika dalam SLB terdapat lebih dari satu jenjang, maka nilai akreditasi per komponen dan  nilai akhir akreditasi SLB dihitung dari rata-rata dari seluruh jenjang yang ada di SLB tersebut. Selanjutnya nilai akhir akreditasi tersebut digunakan untuk menentukan peringkat SLB.

Kriteria Status Akreditasi dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi SLB

1. Kriteria Status Akreditasi

Sekolah dinyatakan terakreditasi apabila:

a. Memperoleh Nilai Akhir Hasil Akreditasi sekurang-kurangnya 71.

b. Memperoleh Nilai Komponen Standar Sarana dan Prasarana tidak kurang dari 61.

c. Tidak ada nilai komponen standar di bawah 50. Sekolah dinyatakan tidak terakreditasi jika tidak memenuhi kriteria tersebut.

2. Pemeringkatan Hasil Akreditasi

Pemeringkatan hasil akreditasi SLB dilakukan jika hasil akreditasi memenuhi kriteria status akreditasi.

Sekolah memperoleh peringkat akreditasi sebagai berikut.

a. Peringkat akreditasi A (Unggul) jika sekolah memperoleh Nilai Akhir Akreditasi (NA) sebesar 91 sampai dengan 100 (91< NA < 100).

b. Peringkat akreditasi B (Baik) jika sekolah memperoleh Nilai Akhir Akreditasi sebesar 81 sampai dengan 90 (81 < NA < 90).

c. Peringkat akreditasi C (Cukup) jika sekolah memperoleh Nilai Akhir Akreditasi sebesar 71 sampai dengan 80 (71 < NA < 80).

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai kriteria dan ketentuan akreditasi Sekolah Luar Biasa SLB tahun 2019 sesuai Keputusan Mendikbud Nomor 394/P/2019 dapat di unduh di sini.

Tinggalkan Balasan