Konsumsi Minyak Kelapa untuk Mencegah dan Mengurangi Diabetes Tipe 2

Konsumsi Minyak Kelapa untuk Mencegah dan Mengurangi Diabetes Tipe 2

Amongguru.com. Konsumsi Minyak Kelapa untuk Mencegah dan Mengurangi Diabetes Tipe 2. Gaya hidup tidak sehat seperti yang terjadi pada jaman modern saat ini dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit-penyakit berbahaya dan mematikan. salah satunya diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 biasanya diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat, akibatnya hormon insulin yang dihasilkan tubuh tidak mampu lagi mengolah gula yang dikonsumsi tubuh. Penyakit diabetes tipe 2 ini cenderung diderita oleh orang dewasa.

Diabates merupakan penyakit seumur hidup dan belum ada obat penawar yang ampuh untuk menyembuhkannya. Akan tetapi gejala serta resiko komplikasinya dapat Anda kendalikan dengan cara menjalani hidup sehat, mengatur pola makan, serta meminum obat diabetes sesuai resep dan petunjuk dokter.

Konsumsi Minyak Kelapa untuk Mencegah dan Mengurangi Diabetes Tipe 2

Minyak kelapa diyakini ampuh dapat mencegah serta mengurangi kadar gula penderita diabetes, khususnya diabetes tipe 2. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan The Geooge Institute of Global Health di Australia, minyak kelapa terbukti dapat mencegah perkembangan diabetes tipe 2.

Minyak kelapa mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Kandungan zat tersebut dapat meningkatkan insulin yang cukup pada tubuh, sehingga mampu mencegah dan mengobati diabetes tipe 2.

Konsumsi Minyak Kelapa untuk Mencegah dan Mengurangi Diabetes Tipe 2
Konsumsi Minyak Kelapa untuk Mencegah dan Mengurangi Diabetes

Seperti kita ketahui bahwa penderita diabetes tipe 2, tubuhnya tidak mampu menghasilkan cukup insulin, sehingga terjadi lonjakan gula darah. Minyak kelapa mampu membantu menjaga gula darah tetap stabil dengan cara meningkatkan produksi insulin pada tubuh.

Resistensi insulin sebagai salah satu ciri dari diabetes tipe 2 merupakan kondisi dimana tubuh memproduksi insulin, tetapi tidak dapat berfungsi dengan baik. Akibat yang terjadi adalah peningkatan gula darah karena tubuh tidak dapat menyerap glukosa.

Minyak kelapa dalam diet akan membuat tubuh mengalami sensitivitas insulin, yang juga mengakibatkan penumpukan lemak pada perut akan berkurang dan tubuh tidak akan mengalami resistensi insulin.

Konsumsi Minyak Kelapa untuk Mencegah dan Mengurangi Diabetes Tipe 2

Seperti yang dilansir dalam www.sayasehat.id, minyak kelapa memiliki banyak sifat yang bisa membalikan efek dari diabetes 2.

Strukturnya yang unik membuatnya dapat berperan seperti glukosa dan memberi makan sel-sel tubuh kita, meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh.

Berikut secara lengkap manfaat minyak kelapa bagi penderita diabetes tipe 2.

1.  Minyak kelapa mudah diserap tubuh

Saat Anda memakan sesuatu, maka tubuh Anda akan mengelompokannya dan mengubahkanya menjadi glukosa. Glukosa selanjutnya akan memasuki aliran darah yang memicu pankreas untuk menghasilkan insulin. Insulin tersebut menempel pada sel dan kemudian membantu membawa glukosa pada sel-sel tubuh, untuk dijadikan sumber energi bagi sel tubuh.

Pada penderita diabetes tipe 2, insulin tidak dapat dibuat atau tidak dapat dikenali, sehingga sel-sel tubuh tidak bisa menyerap glukosa.  Minyak kelapa sendiri tidak perlu insulin untuk dapat diserap oleh sel-sel darah dan digunakan sebagai sumber energi.

Hal tersebut memungkin pankreas untuk berisitirahat dan memulihkan kemampuan tubuh dalam menciptakan insulin.

2.  Melancarkan metabolisme

Karena tubuhnya tidak dapat menyerap glukosa, maka penderita diabetes tipe 2 biasanya memiliki tingkat energi yang rendah dan penurunan berat badan secara drastis . Hal ini terjadi karena tanpa adanya glukosa, metabolisme tidak bisa berlangsung dengan baik, sehingga tingkat energi menjadi turun.

Minyak kelapa mampu menghilangkan efek tersebut karena bisa bertindak selayaknya glukosa yang langsung diserap oleh sel-sel tubuh, sehingga metabolisme berlangsung lebih baik, menghambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3.  Mengatur Kadar Gula Darah

Minyak kelapa dapat menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh tanpa memerlukan insulin, sehingga membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Kelapa juga memiliki glikemik indeks rendah dan membantu mencegah fluktuasi gula darah.

Kondisi tersebut akan menyeimbangkan jumlah gula yang masuk dalam aliran darah dengan jumlah insulin yang diproduksi, serta membantu mengembalikan resistensi pada insulin dan meningkatkan kontrol glukosa.

Perlu Anda ketahui, bahwa mengonsumsi 2-3 sendok makan minyak kelapa dapat menurunkan kadar gula darah yang berada 80-100 poin di atas normal, dalam waktu setengah jam, mengurangi kecanduan, dan meningkatkan energi tubuh.

4.  Melancarkan Sirkulasi darah dan Neuropati

Sirkulasi darah yang baik sangat penting bagi penderita diabetes, terutama jika kita mengalami mati rasa di kaki. Banyak penderita diabetes mengalami infeksi atau luka pada kaki mereka, tetapi tidak menyadarinya sampai terlambat.

Minyak kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah, bahkan menghilangkan rasa kebas pada kaki. Mengonsumsi minyak kelapa setiap hari juga dapat membantu Anda mengurangi atau menghilangkan neuropati diabetes (nyeri saraf) dan kesemutan yang sering terjadi pada penderita diabets akut.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Konsumsi Minyak Kelapa untuk Mencegah dan Mengurangi Diabetes Tipe 2. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan