Kisi-kisi Ujian Madrasah Jenjang MA Program Keagamaan TP 2021/2022

Kisi-kisi Ujian Madrasah Jenjang MA Program Keagamaan TP 2021/2022

Amongguru.com. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan kisi-kisi Ujian Madrasah jenjang Madrasah Aliyah MA Program Keagamaan Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kisi-kisi Ujian Madrasah Jenjang MA Program Keagamaan Tahun Pelajaran 2021/2022 tersebut tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor B-350/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2022 tentang kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kisi-kisi Ujian Madrasah Jenjang Madrasah Aliyah Program Keagamaan ini disiapkan dalam rangka Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022 sebagai upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan penilaian hasil belajar pada akhir jenjang pendidikan di madrasah.

Ujian Madrasah adalah penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan madrasah yang bertujuan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran.

Ujian Madrasah merupakan ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah, yang berupa pengukuran capaian kompetensi siswa dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.

Peserta Ujian Madrasah merupakan peserta didik pada akhir jenjang pendidikan jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan.

Pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang.

Kisi-kisi Ujian Madrasah jenjang MA Program Keagamaan Tahun Pelajaran 2021/2022

Fungsi kisi-kisi Ujian Madrasah jenjang Madrasah Aliyah Program Keagamaan ini untuk memberikan panduan sekaligus membantu guru dalam menyusun soal Ujian Madrasah jenjang MA Program Keagamaan pada kelompok Mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah.

Kisi-kisi Ujian Madrasah jenjang Madrasah Aliyah Program Keagamaan meliputi mata pelajaran Quran Hadis, Akidah Ahlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab untuk jenjang MI, MTs, dan MA/MAK.

Kisi-kisi Ujian Madrasah untuk mata pelajaran Al Quran-Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama RI.

Kisi-kisi mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab untuk jenjang MA Program Keagamaan  ini disusun berdasarkan KMA 183 Tahun 2019.

Kisi-kisi mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab dijadikan pedoman Guru dalam menyusun naskah soal Ujian Madrasah mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada jenjang MI, MTs dan MA/MAK.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah penyusunan soal Ujian Madrasah wajib memperhatikan prinsip utama pembelajaran pada Masa Pandemi, yaitu keselamatan dan keamanan seluruh warga madrasah dari ancaman penyebaran COVID-19.

Dengan demikian, soal Ujian Madrasah agar disajikan secara proporsional dan mampu memancing munculnya kompetensi yang akan diukur, namun tidak sampai menimbulkan tersitanya banyak waktu dan kelelahan siswa yang berlebihan. Kesempatan siswa untuk menjaga kebugaran dan kesehatan wajib menjadi perhatian semua pihak.

Jumlah soal ditetapkan oleh masing-masing madrasah sesuai proporsi yang diperlukan untuk mengukur kompetensi siswa. Sesuai dengan POS UM Tahun Pelajaran 2021/2022, pada masa Pandemi Covid-19, maka madrasah dapat memilih salah satu dan/atau beberapa bentuk ujian sesuai kompetensi yang dinilai.

Bentuk ujian dimaksud, antara lain portofolio, penugasan, praktek, tes tertulis dan atau bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah sesuai dengan kondisi masing-masing madrasah/daerah.

Baca :

Khusus bentuk portofolio, bukan bermakna dibuat ujian portofolio, tetapi dalam kondisi yang sangat darurat di masa pandemi sehingga tidak memungkinkan dilakukan pelaksanaan bentuk ujian yang lazim, maka madrasah diberi peluang melakukan penilaian berdasarkan portofolio pekerjaan siswa yang sudah ada sebelumnya selama siswa belajar.

Kisi-kisi Ujian Madrasah jenjang Madrasah Aliyah Program Keagamaan Tahun Pelajaran 2021/2022 selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian kisi-kisi Ujian Madrasah jenjang Madrasah Aliyah Program Keagamaan Tahun Pelajaran 2021/2022. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan