Khasiat Bawang Putih, Anti Oksidan yang Ampuh Untuk Atasi Asam Urat Anda

Khasiat Bawang Putih, Anti Oksidan yang Ampuh Untuk Atasi Asam Urat Anda

Amongguru.com. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar purin dalam darah, sehingga terjadi penumpukan purin pada bagian persendian.

Kondisi inilah yang mengakibatkan penderita asam urat sering mengalami rasa ngilu dan sakit pada bagian sendi. Akibat dari hal tersebut, maka penderita tidak akan mampu bergerak dengan bebas.

Di dalam kedaan yang normal, purin akan dikeluarkan oleh ginjal dan dibuang bersama-sama urine, sebagai zat sisa pengeluaran (ekskresi). Kadar purin yang tinggi menjadikan kerja ginjal terganggu, sehingga purin menumpuk di beberapa bagian pembuluh darah.

Nyeri sendi pada penderita asam urat ini disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat (purin) tersebut.

Penumpukan zat purin dapat dipicu oleh konsumsi makanan seperti jeroan, ikan laut, dan daging merah. Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol juga dapat menjadi faktor terjadinya asam urat. 

Penderita hipertensi, obesitas, diabetes, dan ginjal kronis rentan beresiko terkena asam urat. Penyakit asam urat juga bersifat genetik, yang artinya dapat diturunkan dari keluarga penderita penyakit asam urat.

Gejala Meningkatnya Kadar Asam urat

Terjadinya asam urat yang tinggi pada umumnya dapat dilihat melalui gejala-gejala berikut.

  1. Rasa sakit pada beberapa bagian persendian, khususnya sendi tangan, kaki, dan ruas-ruas jari karena pengkristalan zat purin. Rasa sakit ini akan sangat terasa ketika sendi-sendi pada bagian tersebut digerakkan.
  2. Persendian terasa kaku dan mengeras, sehingga sulit digerakkan. Tingginya purin menyebabkan penumpukan pada bagian sendi tertentu, sehingga akan menghalangi gerak dari sendi tersebut.
  3. Pembengkakan sendi yang ditandai dengan memerahnya kulit di sekitar area sendi. Hal ini terjadi karena adanya radang pada sendi akibat penumpukan purin, sehingga menghambat aliran darah.
  4. Rasa nyeri ketika ditekan pada bagian sendi yang terkena asam urat, sehingga dapat mengganggu kinerja organ tubuh yang lainnya.

Khasiat Bawang Putih untuk Mengatasi Asam Urat

Mengonsumsi makanan yang mampu menurunkan asam urat diperlukan oleh penderita asam urat untuk mengurangi inflamasi (peradangan). Salah satu sumber makanan penurun asam urat tersebut adalah bawang putih.

Bawang putih (Allium sativum) memang dikenal lama sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk mengurangi tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Berikut ini beberapa kelebihan bawang putih untuk dijadikan sebagai obat penurun tingginya kadar asam urat.

1. Mengandung antioksidan tinggi

Bawang putih terbukti memiliki kandungan antioksidan alami yang tinggi untuk melindungi persendian. Sifat antioksidan pada bawang putih dapat mencegah oksidasi dan radikal bebas yang membuat radang pada sendi, sehingga timbul rasa sakit yang luar biasa.

Selain bersifat anti oksidan, bawang putih juga berperan untuk menjaga kerusakan tulang rawan.

2. Sifat anti inflamasi untuk mengurangi radang

Rasa sakit akibat radang sendi yang diderita akibat naiknya kadar asam urat, dapat dikurangi dengan mengonsumsi bawang putih. Sifat anti inflamasi pada bawang putih ini mampu mengurangi kadar sitokin pro inflamasi. Sifat tersebut merupakan hasil perolehan dari senyawa jenis belerang yang ada dalam bawang putih.

Sifat anti inflamasi yang terkandung dalam bawang putih mampu meredakan rasa sakit, memar, dan pembengkakan akibat kadar asam urat yang tinggi. Dengan demikian, Anda akan terbebas dari rasa sakit akibat radang sendi.

3. Melancarkan metabolisme tubuh

Selain bersifat anti oksidan dan anti inflamasi untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi, bawang putih juga berfungsi untuk melancarkan metabolsme tubuh penderita asam urat.

Penderita asam urat yang akut memiliki kecenderungan lebih besar untuk terkena tekanan darah tinggi dan penyakit jantung (kardiovaskular).

Bawang putih berperan untuk mengurangi tekanan darah, kadar kolesterol, dan hipertensi. Mengonsumsi bawang putih secara teratur dapat memperlancar metabolisme tubuh, sehingga mengurangi resiko penyakit yang berkaitan dengan jantung.

 Cara Mengolah Bawang Putih untuk Obat Asam Urat

Untuk dimanfaatkan sebagai obat dalam menurunkan kadar asam urat, bawang putih dapat diolah dengan beberapa cara sebagai berikut.

1. Langsung dimakan

Anda dapat langsung memakan 3 sampai 4 siung bawang putih untuk membantu meredakan rasa nyeri pada persendian akibat naiknya kadar asam urat Anda. Cara ini lebih efektif, karena efeknya dapat dirasakan lebih cepat pada penderita asam urat.

2. Dihaluskan dan dilumurkan di bagian yang sakit

Anda yang mengalami pembengkakan sendi akibat asam urat yang tinggi, dapat menghaluskan 4 sampai 5 siung bawang putih untuk dijadikan sebagai obat luar dan melumurkan bawang putih halus tersebut pada bagian yang bengkak.

Cara ini juga ampuh untuk mengurangi rasa sakit pada bagian sendi yang bengkak. Sifat anti inflamasi pada bawang putih akan membantu dalam mengurangi nyeri pada daerah sendi.

3. Dicampurkan dalam jus buah

Bagi Anda yang tidak senang mengonsumsi secara langsung bawang putih karena aroma dan rasanya yang begitu menyengat, Anda dapat mencampurkannya dengan buah ceri, perasan lemon, atau madu.

Caranya dengan kupas dua siung bawang putih, kemudian campurkan dengan 60 gram buah ceri. Tambahkan 50 mililiter air dan perasan lemon, serta madu untuk menambah cita rasa jus yang Anda buat.

Langkah bijak yang dapat Anda lakukan sebelum memanfaatkan bawang putih sebagai obat alami penurun kadar asam urat adalah melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Konsultasi dokter diperlukan untuk mencegah adanya efek lain dari penggunaan bawang putih, khususnya pada penderita asam urat akut, misalnya alergi dan gangguan sistem pencernaan pasca mengkonsumsinya.

Baca juga :
Demikian ulasan mengenai Khasiat Bawang Putih, Anti Oksidan yang Ampuh Untuk Atasi Asam Urat Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan