Ketahui Penyebab Utama Tumbuh Uban Pada Usia Muda

Amongguru.com. Ketahui Penyebab Utama Tumbuh Uban Pada Usia Muda.

Uban atau rambut putih di kepala lazimnya dimiliki oleh orang-orang yang lanjut usia, karena merupakan tanda bahwa seseorang mulai tua.

Akan tetapi, uban ini dapat tumbuh lebih cepat sebelum seseorang memasuki usia tua, baik pada pria maupun wanita. Anda tentu sering melihat saat ini banyak anak-anak muda yang sudah tumbuh uban.

Perasaaan tidak nyaman dan kurang percaya diri tentu akan menghinggapi pada Anda yang sudah mulai beruban di usia muda.

Ketahui penyebab utama tumbuh uban pada usia muda

Banyak faktor yang menyebabkan tumbuhnya uban pada usia muda, tetapi sebagian besar orang mengatakan  bahwa faktor gen lah yang paling dominan mempengaruhi.

Apabila orangtua memiliki masalah rambut yan beruban pada saat masih muda, maka kemungkinan besar masalah tersebut akan diturunkan pada anak dan cucunya kelak.

Meskipun banyak yang meyakini bahwa kecepatan tumbuhnya uban di usia muda ini karena faktor gen, ternyata ada penyebab lain dari kondisi tersebut.

Ketahui Penyebab Utama Tumbuh Uban Pada Usia Muda

Stres dan gizi buruk adalah dua penyebab tumbuhnya uban di usia muda, selain faktor genetika. Berikut ini penjelasan mengenai stres dan gizi buruk sebagai pemicu tumbuhnya uban lebih cepat.

1. Stres

Tingkat stres yang tinggi, selain dapat mengganggu kesehatan tubuh, juga akan berdampak pada memburuknya kualitas rambut kepala, dimana akan tumbuh uban secara lebih cepat.

Stes akan menyebabkan terhambatnya produksi hormon melanin sebagai pigmen (pemberi warna) alami bagi rambut.

Apabila produksi melamin ini terhambat, maka secara otomatis sel melanosit yang dihasilkan oleh melamin menjadi berkurang, sehingga warna alami rambut yang hitam akan memudar menjadi putih.

Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dengan istirahat adalah salah satu upaya untuk menghindarkan diri Anda dari stres.

2. Gizi buruk

Kualitas makanan yang kita konsumsi akan sangat berpengaruh terhadap tubuh kita. Artinya, semakin baik makanan yang kita konsumsi, maka akan semakin baik pula manfaatnya bagi tubuh.

Apabila makanan yang kita konsumsi memiliki kualitas yang buruk, tentu tidak akan terserap sempurna ke seluruh tubuh. Ada beberapa bagian tubuh yang tidak mendapatkan asupan gizi, jika Ada sering mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang buruk.

Akar-akar pada kulit kepala Anda membutuhkan cukup nutrisi untuk memelihara pertumbuhan rambut. Gizi buruk akan berdampak secara langsung pada pertumbuhan rambut Anda.

Dampak yang paling sering terjadi adalah kerontokan rambut hingga terjadi kebotakan dan juga tumbuhnya uban pada usia yang masih mudah.

Gangguan pencernaan juga dapat memberikan efek buruk terhadap petumbuhan rambut. Dengan demikian, selain harus memperhatikan gizi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi, Anda juga harus mengetahui bahwa makanan tersebut apakah juga membantu melancarkan pencernaan.

Demikian ulasan mengenai Ketahui Penyebab Utama Tumbuh Uban Pada Usia Muda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan