Kersen Buah Mungil Pencegah Tumor dan Kanker Berbahaya

Kersen Buah Mungil Pencegah Tumor dan Kanker Berbahaya

Amongguru.com. Kersen Buah Mungil Pencegah Tumor dan Kanker Berbahaya. Tahukah Anda, kersen ternyata memiliki manfaat penting untuk mengambat pertumbuhan tumor dan kanker?

Ya…buah kecil dan mungil bernama kersen (Muntingia calabura) yang biasa tumbuh liar di sekitar rumah tersebut terbukti mengandung banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Kersen termasuk dalam tanaman perdu. Buah kersen memiliki diameter sekitar 1,5 cm. Buah kersen muda berwarna hijau dan akan berubah warna menjadi merah tua ketika sudah matang. Buah kersen matang memiliki rasa yang manis.

Daun kersen memiliki sistem pertulangan yang menyirip, tidak simetris, dan tepinya bergerigi. Bunga kersen berisi 1-3-5 kuntum terletak pada ketiak (agak di sebelah atas) tumbuhnya daun, bertangkai panjang, dan berkelamin dua.

Kersen Buah Mungil Pencegah Tumor dan Kanker Berbahaya
Daun kersen

Bunga kersen yang mekar akan memonjol ke luar, ke atas helai-helai daun, tetapi setelah menjadi buah akan menggantung ke bawah dan tersembunyi di bawah helain daun.

Buah kesen memiliki kandungan antioksidan yang tingggi untuk meningkatkan imunitas (kekebalan) tubuh. Antioksidan yang tinggi ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas penyebab kanker dan tumor.

Antioksidan pada buah kersen berasal dari vitamin A, C, dan betakaroten di dalamnya.

Daun kersen juga kaya akan kandungan flavonoid yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Mengkonsumsi kesen secara teratur akan efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh Anda.

Kersen Buah Mungil Pencegah Tumor dan Kanker Berbahaya
Buah kersen

Kersen, selain dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan kanker dan tumor, ternyata menyimpan segudang manfaat lain untuk kesehatan. Berikut ini manfaat lain dari tanaman kersen yang perlu Anda ketahui, seperti yang dikutip dari http://www.hipwee.com.

  • Buah kersen dilengkapi kalium yang mampu menjaga kestabilan tekanan darah, sehingga dapat menurunkan resiko terkene stroke.
  • Buah kesern diperkaya vitamin A dan betakaroten yang tinggi, sebagai asupan yang dibutuhkan untuk menjaga retina tetap sehat, serta menjaga dan melindungi daya penglihatan.
  • Buah kersen terbukti efektif untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat. Rebusan daun kersen juga dapat dimanfaatkan untuk menormalkan asam urat.
  • Sifat antiseptik dalam daun kersen berasal dari senyawa yang terkandung seperti tanin, flavonoid dan saponin, mampu menekan pertumbuhan bakteri berbahaya seperti C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil.
  • Buah kersen mengandung karbohidrat yang cukup sehingga dapat menahan lapar lebih lama, sehingga bisa dijadikan cemilan yang menyehatkan.
  • Buah kersen dapat digunakan untuk mengobati masalah jerawar, dengan cara menghaluskan buah kersen lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat.  Lakukan perawatan tersebut secara rutin setiap sebelum tidur malam.
  • Mengkonsumsi buah kersen secara rutin diyakini efektif untuk mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan dan vitamin C pada buah kersen akan mampu menjaga elastisitas kulit dan membuat kulir wajah berseri secara alami.
  • Sifat anti inflamasi yang terdapat di dalam buah kersen berguna untuk mencegah peradangan juga ampuh turunkan demam, degan cara mengkonsumsi buahnya secara rutin atau meminum rebusan daunnya.
  • Buah kersen dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Senyawa kimia di dalam daunnya efektif untuk mengontrol insulin, sehingga metabolisme gula darah dapat berjalan dengan baik. Cara membuat ramuannya, rebus 50-100 gram daun kersen bersama seliter air hingga tersisa setengah liter saja. Minum dengan rutin di pagi dan malam hari.
  • Ekstrak daun kersen diketahui dapat melindungi miokardium, yaitu lapisan otot jantung yang bertugas untuk memompa jantung dan memasok seluruh tubuh dengan darah. Konsumsi teratur daun kersen berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium, sehingga memungkinkan jantung tetap sehat.
Demikian ulasan mengenai Kersen Buah Mungil Pencegah Tumor dan Kanker Berbahaya. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan