Kenali Gejala Vertigo, Penyebab, dan Cara Pencegahannya

Kenali Gejala Vertigo, Penyebab, dan Cara Pencegahannya

Amongguru.com. Vertigo merupakan sebuah kondisi dimana seseorang seolah-olah merasakan lingkungan di sekitarnya melayang atau berputar. Kondisi tersebut akan membuat penderita menjadi kehilangan keseimbangan, sehingga beresiko jatuh dan cidera.

Ketidakseimbangan penderita vertigo dalam menjaga tubuh berakibat pada kesulitan untuk berdiri atau pun berjalan. Vertigo sendiri dapat dikatakan bukanlah sebagai sebuah penyakit, melainkan kumpulan gejala pusing yang tiba-tiba dan berlangsung dalam jangka waktu tertentu pada suatu waktu.

Penderita vertigo akan mengalami sensasi seperti melayang dan gangguan keseimbangan dengan intensitas ringan sampai dengan berat. Karena sebagai gejala yang datangnya tiba-tiba pada waktu-waktu tertentu, maka dampak yang dapat ditimbulkan dari vertigo tidak dapat disepelekan.

Vertigo bisa berdampak berat apabila tidak segera ditangani dan dampak tersebut akan berlangsung berhari-hari, bahkan menetap. Penderita vertigo dapat mengalami sensasi mual yang hebat, muntah, sakit kepala, tinnitus (telinga berdengung), dan nistagmus (gerakan mata tidak normal).

Penyakit Vertigo, Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Pencegahannya
Kenali Gejala Vertigo, Penyebab, dan Cara Pencegahannya

Penyebab Terjadinya Vertigo

Penyebab vertigo tergantung pada jenis vertigo yang dialami penderita. Secara umum, ada dua jenis vertigo yang dibedakan berdasarkan penyebabnya, yaitu vertigo periferal dan vertigo central.

1.  Vertigo Periferal

Vertigo periferal adalah jenis vertigo yang paling banyak dialami oleh penderita. Jenis vertigo ini disebabkan karena gangguan pada telinga bagian dalam, Telinga bagian dalam berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh.

Telinga bagian dalam bertugas untuk mengirimkan sinyal ke otak tentang posisi kepala pada saat kepala digerakkan, sehingga tubuh tetap dalam kedaan seimbang.

Apabila terjadi masalah pada telinga bagian dalam, maka penderita vertigo akan merasakan pusing. Gangguan pada telinga bagian dalam ini dapat disebabkan karena infeksi virus (labirintitis), peradangan saraf telinga (vestibular neuronitis), riwayat cidera kepala, atau perubahan gerakan kepala yang tiba-tiba.

Gangguan telinga bagian dalam juga dapat disebabkan oleh sebuah penyakit yang disebut Maniere. Maniere adalah penyakit langka yang menyerang telinga bagian dalam. Penyakit ini dapat menjadi penyebab vertigo yang sangat parah dengan gejala yang terjadi berupa telinga yang berdenging (tinnitus) dan hilangnya pendengaran (tuli sensorineural).

2.  Vertigo Central

Jika vertigo periferal disebabkan karena gangguan pada telinga bagian dalam, maka vertigo central diakibatkan oleh adanya permasalahan pada otak, khususnya otak kecil (cerebellum).

Beberapa faktor berikut dapat menjadi penyebab terjadinya vertigo central.

  1. Migrain, yaitu kondisi sakit kepala sebelah yang disertai rasa nyeri berdenyut.
  2. Tumor otak yang mengerang bagian otak kecil.
  3. Neuroma akuistik, yaitu tumor jinak yang bersarang pada saraf penghubung telinga dengan otak (saraf vestibular).
  4. Stroke, yaitu penyumbatan pembuluh darah di otak.
  5. Gangguan sinyal saraf pada sistem saraf pusat (multiple sclerosis)
  6. Konsumsi obat-obatan pemicu vertigo

Pencegahan Vertigo

Pencegahan vertigo dapat dilakukan berdasarkan penyebab serta tingkat keparahan yang dialami penderitanya.

Terapi fisik dapat dilakukan oleh penderita vertigo jika keluhan yang dialami adalah pusing dan kesulitan dalam menjaga keseimbangan tubuh. Terapi fisik ini diperlukan untuk memperkuat sistem vestibular, yang berperan dalam menjaga keseimbangan dan koordinasi pergerakan tubuh.

Jika vertigo Anda disebabkan karena penyakit maniere, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu meringankannya, antara lain dengan membatasi konsumsi garam untuk mengurangi volume cairan yang tersimpan dalam tubuh. Penderita juga perlu menghindari kafein, cokelat, alkohol, dan rokok.

Selain itu, disarankan untuk melakukan fisioterapi secara rutin untuk mengatasi gangguan keseimbangan. Di dalam mengurangi gejala sakit kepala akibat penyakit tersebut, penderita juga disarankan untuk melakukan akupuntur dan akupresur.

Apabila vertigo disebabkan karena masalah mendasar yang lebih serius, seperti tumor atau cedera pada otak, maka operasi dapat dilakukan untuk membantu meringankan bahkan menyembuhkannya.

Jika mengalami vertigo, langkah terbaik adalah segera melakukan pemeriksaan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya yang pasti, sehingga Anda akan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca juga artikel terkait berikut :

Demikian ulasan mengenai Kenali Gejala Vertigo, Penyebab, dan Cara Pencegahannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan