Kenali Gejala Naiknya Asam Lambung dan Cara Pencegahannya

Kenali Gejala Naiknya Asam Lambung dan Cara Pencegahannya

Amongguru.com. Penyakit naiknya asam lambung (gastroesophageal reflux disease, GERD) merupakan kondisi dimana kadar asam lambung mengalami peningkatan dari batas normalnya.

Gejala awal naiknya asam lambung ini sebenarnya tidak berbahaya, akan tetapi sangat mengganggu aktivitas. Jika sudah sampai pada tahap kronis, maka tentu harus dilakukan penanganan secara medis.

Asam lambung yang kronis dapat menyebabkan penderita susah dalam menelan makanan serta iritasi pada dinding kerongkongan (esophagitis) maupun dinding lambung.

Pada saat asam lambung naik hingga ke saluran pencernaan atas, maka akan muncul rasa yang tidak enak, seperti pahit dan asam di mulut.

Pengertian Asam Lambung dan Fungsinya

Lambung merupakan salah satu organ pencernaan pada tubuh manusia. Lambung berupa sebuah kantung besar dan terletak di bagian atas rongga perut. Lambung dilapisi oleh ephitelium, yang mengandung kelenjar pencernaan.

Kelenjar pencernaan pada lambung berfungsi untuk menghasilkan getah lambung yang digunakan untuk membantu mencerna makanan. Di dalam getah lambung inilah terdapat asam lambung.

Asam lambung merupakan senyawa yang disebut asam hipoklorida  (asam klorida) dengan rumus kimia HCl. Sesuai dengan namanya, maka senyawa ini termasuk asam dengan pH (derajat keasaman) 1 – 3.

HCl berfungsi untuk disinfektan (membunuh kuman) yang masuk ke tubuh bersama dengan makanan. HCl juga akan merangsang usus, hati, dan pankreas untu mencerna makanan.

Apabila kadar asam lambung yang dibutuhkan tubuh berkurang, maka yang terjadi adalah proses pencernaan makanan pada lambung akan sulit untu dicerna. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya susah buang air besar (sembelit).

Sebaliknya, jika kadar asam lambung tinggi, maka akan terjadi kenaikan asam lambung. Kenaikan asam lambung ini bersifat korosif, mengikis dinding lambung yang semakin lama akan menyebabkan terjadinya peradangan dan luka di dinding lambung.

Apabila kondisi lambung tersebut tidak segera dipulihkan, maka akan membuat penyakit asam lambung menjadi semakin kronis, bahkan dapat menyebabkan kanker lambung atau kanker pencernaan.

Penyebab Kenaikan Asam Lambung

Penyebab naiknya asam lambung lebih banyak dari faktor kebiasaan hidup dan pola makan yang salah.

Makan terlalu kenyang dan kebiasaan berbaring setelah makan dapat memicu kenaikan asam lambung.

Kelebihan berat badan (obesitas) dapat menjadi faktor pemicu seringnya asam lambung naik. Makanan dan minuman tertentu juga berpotensi menaikkan asam lambung.

Makanan pedas dan berlemak akan meningkatkan kadar asam lambung. Sedangkan minuman yang bisa meningkatkan asam lambung, contohnya minuman beralkohol, minuman bersoda, teh, dan kopi.

Faktor lain yang dapat meningkatkan asam lambung dalam tubuh adalah kebiasaan merokok dan mengkonsumsi obat relaksasi otot maupun aspirin. Ibu hamil dan menyusui memilki kecenderungan untuk naik asam lambungnya.

Gejala Naiknya Asam Lambung dan Upaya Pencegahannya

Gejala peningkatan asam lambung dapat bervariasi, mulai dari gejala paling ringan sampai dengan tahap kronis.

Beberapa gejala naiknya asam lambung yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut.

  1. Merasa kembung setelah makan (begah)
  2. Dada terasa panas disertai nyeri (heartburn)
  3. Rasa pahit dan asam di sekitar mulut.
  4. Rasa nyeri pada kerongkongan
  5. Kesulitan dalam menelan
  6. Napas menjadi bau
  7. Suara menjadi serak
  8. Sering bersendawa dan cegukan
  9. Feses berwarna hitam disertai darah
  10. Produksi air liur berlebih

Apabila gejala-gejala tersebut di atas sudah Anda alami, maka perlu dilakukan pencegahan agar kadar asam lambung Anda kembali menjadi normal.

Sebagaimana sudah dikemukakan bahwa faktor pemicu naiknya asam lambung adalah gaya hidup dan pola makan yang salah, maka untuk mencegahnya adalah dengan menghindari faktor pemicu tersebut.

Berikut ini beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah naiknya asam lambung.

  • Mengurangi porsi makan yang besar
  • Menghindari berbaring setelah makan
  • Membiasakan duduk dalam posisi tegak
  • Melakukan diet untuk yang kelebihan berat badan
  • Berhenti merokok
  • Mengurangi konsumsi teh dan kopi yang berlebih
  • Menghindari makan makanan pedas dan terlalu banyak lemak
  • Menghindari minuman dengan tingkat keasaman tinggi, misalnya alkohol dan soda.
  • Menghindari cokelat

Meskipun tidak berbahaya, akan tetapi penanganan yang tepat terhadap penyakit naiknya asam lambung ini diperlukan. Konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan secara menyeluruh diperlukan agar dapat diberikan penanganan medis yang tepat dan kenaikan asam lambung tidak terjadi kembali.

Baca  : Puasa Sebagai Cara Ampuh Untuk Mengobati Asam Lambung (Maag)

Demikian ulasan mengenai Gejala Naiknya Asam Lambung dan Cara Pencegahannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan