Kenali Gejala Diabetes Tipe 1 Sering Mengantuk Sampai Mudah Lelah

Kenali Gejala Diabetes Tipe 1 Sering Mengantuk Sampai Mudah Lelah

Amongguru.com. Kenali Gejala Diabetes Tipe I Sering Mengantuk Sampai Mudah Lelah.

Penyakit daiebetes ditandai dengan naiknya kada gula darah dalam tubuh, karena tubuh tidak mampu mengola gula tersebut menjadi sumber energi.

Gula darah atau glukosa berperan penting sebagai sumber energi utama bagi otak maupun sel-sel dan sel-sel pembentuk otot serta jaringan pada tubuh.

Apa penyebabnya? Karena produksi hormon insulin terhambat akibat kerusakan pankreas. Pankreas adalah organ penghasil insulin, dimana hormon tersebut berfungsi untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Kondisi tersebut merupakan salah satu ciri dari diabetes tipe 1. Penyakit diabetes tipe 1 harus diwaspadai karena dapat berkembang sangat cepat, bahkan hanya dalam beberapa minggu saja.

Penderita diabetes tipe 1 sangat tergantung pada insulin, karena sistem kekebalan tubuhnya telah menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Sehingga penyakit ini sering dikategorikan sebagai gangguan pada sistem imun atau kekebalan tubuh.

Perlu Anda ketahui selain menghasilkan enzim-enzim pencernaan, pankreas juga memiliki sel beta sebagai sel penghasil insulin. Tanpa alasan jelas, sistem kekebalan tubuh akan menyerang pankreas dan menghancurkan sel-sel beta yang berakibat terhambatnya produksi insulin.

Faktor genetik atau keturunan diyakini menjadi penyebab dari penyakit diabetes tipe 1 ini. Selain itu, terdapat faktor lain yang dapat memunculkan penyakit diabetes tipe 1, antara lain virus atau racun yang masuk ke dalam tubuh sehingga memicu sistem imun untuk mengganggu produksi hormon insulin pada pankreas.

Sering mengantuk dan mudah lelah adalah ciri fisik yang mudah dilihat pada penderita diabetes tipe 1.

Kekurangan gula sebagai sumber energi sel-sel tubuh menyebabkan gula tetap berada di dalam darah, sehingga kadanya menjadi naik. Kadar gula yang tinggi menyebabkan glukosa secara otomatis akan dibuang melalui urine, akibatnya sel-sel tubuh kekurangan energi.

Hal inilah yang menyebabkan penderita diabetes mudah mengantuk dan mudah lelah pada saat beraktivitas.

Gejala selain mudah mengantuk dan mudah lelah dari penyakit diabetes tipe 1 ini sebagai berikut.

  1. Sering merasakan lapar dan haus.
  2. Mulut menjadi kering.
  3. Mudah mual dan muntah.
  4. Berat badan menjadi turun secara drastis.
  5. Penyembuhan luka atau infeksi kulit yang lama.
  6. Pandangan menjadi kabur.
  7. Sering buang air kecil, khususnya pada malam hari.

Penderita diabetes tipe 1 selain harus mendapatkan suntikan insulin setiap hari, juga disarankan untuk menjaga kadar glukosa dalam darah agar tetap seimbang.

Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan menerapkan pola makan sehat (mengurangi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi), olahraga teratur, dan juga menjalani tes darah secara rutin.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Kenali Gejala Diabetes Tipe 1 Sering Mengantuk Sampai Mudah Lelah.

Semoga bermanfaat sebagai referensi untuk Anda dalam menjaga kesehatan tubuh, khususnya menjaga kadar gula darah agar terbebas dari penyakit diabetes.

Tinggalkan Balasan